Jumat, Agustus 15, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : PT Pindad (Persero) berpartisipasi dalam pameran Riset, Inovasi, dan Teknologi RITECH Expo 2014. Pameran yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang ke-19, diselenggarakan pada tanggal 9-12 Agustus 2014 di Gedung II Badan Pengkajian dan Pengaplikasian Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat. 

Pameran ini dibuka untuk umum oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta pada tanggal 9 Agustus 2014 dan pada Acara Puncak Perayaan Hakteknas, Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono turut menghadiri acara ini.


Pada puncak peringatan Hakteknas, Wakil Presiden Budiono berpesan bahwa komponen penggerak IPTEK adalah sinergi yang baik dari semua lini baik pemerintah maupun masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan alam yang luar biasa di Indonesia. Pada acara puncak ini, diserahkan pula Buku “19 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa” serta dokumen hasil Musyawarah Perencanaan Nasional (Musrenas) Iptek kepada Wakil Presiden RI. 

Selain itu, ditandatangani pula beberapa Nota Kesepahaman terkait bidang penelitian Pangan, Energi, dan Air yang dilakukan antara pihak pemerintah, perguruan tinggi, dan industri. Penandatanganan ini merupakan upaya mensinergikan kemampuan riset dalam negeri untuk dapat memenuhi kebutuhan nasional.


Selain itu, pada acara tersebut diberikan penghargaan kepada pemerintah daerah, lembaga, dan masyarakat yang berkontribusi terhadap perkembangan riset, iptek, dan inovasi di tanah air, lewat penghargaan Budhipura, Prayogasala, Labdhakretya dan penghargaan duta Iptek dan Tokoh Iptek lewat penghargaan Widyasilpawijana dan Widyamaheswara, serta “19 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa”. Salah satu tim dari PT Pindad (Persero) yang diketuai oleh Andri Setiyoso dari Departemen Mesin Listrik, Divisi Mesin Industri dan Jasa berhasil masuk ke dalam “19 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa” lewat inovasi teknologi yang menghasilkan produk Motor Traksi 170 kW. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Ristek dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta.


Sebagai bagian dari perayaan Hakteknas ke-19, PT Pindad (Persero) berpartisipasi dalam pameran RITECH Expo 2014 dengan menampilkan beberapa produk andalannya seperti Senapan SS2-V1, SS2-V4 HB, SS2-V5 customized dan silencer, SS1 Marinized; Pistol G2 Combat dan Elite, PM2-V2 beserta silencer; Sniper SPR-2; Silent Mortir SM-50 + munisi; Maket Panser tipe Canon dan Recovery; Munisi Disruptor dan Maket Munisi berbagai kaliber; Maket Motor Traksi 180 KW; Alat Semai Awan CoSAT 1000; Alat hitung mortar Brahmastra; dan Roket Pertahanan R-Han 122.

Rangkaian kegiatan peringatan Hakteknas ke-19 dimulai sejak bulan Februari 2014 dan akan berlangsung hingga Desember 2014 melalui beberapa rangkaian kegiatan Asian Technology Week, Sail Raja Ampat, beberapa Seminar Nasional dan Internasional, Kompetisi Roket Air dan Kompetisi Robot Nasiolnal, General Lectures, serta Forum Riset Vaksin Nasional. 




Sumber : Pindad

0 komentar:

Poskan Komentar