Selasa, Agustus 12, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Pemerintah Jepang memuji Indonesia yang tegas dan lantang soal sikapnya atas konflik Laut China Selatan.

Pujian itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida saat bertemu Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa di kompleks Kemlu RI, Jakarta, Selasa (12/8/2014). Menurut Marty, sikap Indonesia netral namun menentang penggunaan senjata.

“Waktu pertemuan di Myanmar, Jepang kagum dengan sikap Indonesia yang lantang terkait konflik Laut Tiongkok Selatan. Saya sampaikan masalah di Asia Pasifik diselesaikan secara damai,” kata Marty.

“Indonesia, sepenuhnya mendukung kebijakan proaktif Jepang dalam penyelesaian masalah di kawasan secara damai,” ujarnya. Menurutnya, masalah Laut China Selatan harus menaggalkan penggunaan senjata. “Juga harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional.”

Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN yang tidak terlibat konflik dengan China terkait sengketa pulau di Laut China Selatan. Dalam sengketa itu, China selama ini terlibat konflik dengan beberapa negara ASEAN, di antaranya Vietnam, dan Filipina.

Ketegangan China dan Vietnam pernah memuncak ketika muncul demonstrasi anti-China di Vietnam yang berujung pada kerusuhan. Beberapa warga China yang ada di Vietnam kala itu ada yang meninggal akibat kerusuhan. Selain itu, banyak warga China memilih eksodus dari Vietnam.




Sumber : Sindo

0 komentar:

Poskan Komentar