Sabtu, Agustus 02, 2014
0
image

LONDON-(IDB) : Kapal perang terbesar yang pernah dimiliki Inggris, HMS Queen Elizabeth, berhasil meluncur keluar dari dermaga tempatnya dirakit. Dalam sebuah operasi yang dimulai awal pekan lalu, dry dock di Rosyth dekat Edinburgh, untuk pertama kalinya diisi oleh kapal induk 65.000 ton dan siap diapungkan. Dibutuhkan waktu tiga jam pada 17 Juli 2014 untuk memindahkan dengan hati hati Kapal HMS Queen Elizabeth dari dermaga yang hanya memiliki clearance dua meter di kedua sisi dan kemudian bersandar di dermaga di dekatnya.


Tim sekarang akan mendandani kapal dan terus membangun sistemnya untuk hidup sebagai persiapan uji coba laut pada 2016. Dermaga yang dikosongkan akan digunakan untuk perakitan akhir kapal adiknya, HMS Prince of Wales, yang dimulai pada bulan September 2014.


imagePeluncuran (larung) HMS Queen Elizabeth dilakukan hanya 13 hari setelah kapal itu diberi nama oleh Yang Mulia Ratu Inggris, dalam upacara yang spektakuler.


HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales sedang disiapkan oleh Aircraft Carrier Alliance, kemitraan yang unik antara Departemen Pertahanan, BAE Systems, Babcock dan Thales.


Hanya dibutuhkan waktu tiga jam pada pagi itu, untuk memindahkan secara hati hati kapal HMS Ratu Elizabeth dari dermaga, dengan hanya dua meter clearance di kedua sisi dan kemudian bersandar di dermaga di dekatnya. Foto: UK MOD, Crown Copyright

Dalam upacara simbolis, kapal induk pengangkut helikopter Inggris menyerahkan tugasnya kepada penggantinya. HMS Ocean (tampak depan) merupakan pengganti dari HMS Illustrious (background). Foto: UK MOD, Crown Copyright


Dalam upacara simbolis, kapal induk pengangkut helikopter Inggris menyerahkan tugasnya kepada penggantinya. HMS Ocean (tampak depan) merupakan pengganti dari HMS Illustrious (background). Foto: UK MOD, Crown CopyrightBeberapa hari kemudian di perairan lepas pantai selatan Inggris, HMS Illustrious dan HMS Ocean bertemu (Selasa pagi, 22 Juli) dan tongkat komando yang melindungi kepentingan Inggris diserahkan antara keduanya. HMS Ocean sekarang akan dijadikan sebagai platform pendaratan helikopter Royal Navy. Kedua kapal tampak berdampingan, di pangkalan kapal fregat HMS Lancaster, untuk melakukan upacara serah terima tugas.


HMS Ocean, lebih besar, lebih muda dan lebih mampu membawa banyak helikopter Royal Navy, baru saja kembali operasional setelah direparasi dengan nilai 65 juta poundsterling yang berlangsung 15 bulan. Kapal ini meng-up-grade 60 item padanya fasilitas flightdeck, hanggar dan penerbangan. Kapal induk ini dirancang untuk mendukung operasi pendaratan amfibi, membawa pasukan ke pusat aksi dengan helikopter atau kapal pendarat. Diluncurkan pada tahun 1995, kapal berbasis 21,500 ton ini adalah kapal perang terbesar Inggris yang operasional hari ini. Kapal menyiapkan enam tempat pendaratan helikopter pada dek penerbangan, dan lebih banyak lagi helikopter dan kapal pendarat di dalam hanggarnya.


HMS Illustrious, Kapal induk Komando dan helikopter Royal Navy, yang telah dirancang beroperasi sampai 900.000 mil dalam operasi di seluruh dunia selama karir 32 tahun, sedang ditarik dari layanan servis dan akan dinonaktifkan pada akhir tahun ini.


imageKapal induk pengangkut helikopter Inggris, HMS Illustrious telah menyerahkan tugasnya kepada penggantinya, HMS Ocean (foreground). Foto: UK MOD, Crown Copyright


Kapal ini adalah kapal kedua dari tiga kapal induk Invicible Class Angkatan Laut Inggris, yang dibangun oleh pembuat kapal Swan Hunter di Tyne dan diluncurkan oleh Princess Margaret pada bulan Desember 1978. Dua kapal kakak beadik, HMS Invincible dan HMS Ark Royal dinonaktifkan pada tahun 2005 dan 2011 dan kemudian di-scrap (bongkar-musnahkan) di Turki. Departemen Pertahanan tengah mengundang tender untuk perusahaan swasta, badan amal dan lembaga keuangan untuk mengamankan masa depan HMS Illustrious sebagai kapal induk terakhir dari Royal Navy Invincible class.

Sebuah flypast terdiri Apache, Merlin, Lynx dan helikopter Sea King terbang di atas kapal saat kapal memasuki Pelabuhan Portsmouth dan puluhan keluarga berjajar di dermaga untuk memberi sambutan (cheer) bagi kapal induk veteran ini.




Sumber : JKGR

0 komentar:

Poskan Komentar