Minggu, Juni 01, 2014
3
ANALISIS-(IDB) : Ketika Presiden Putin tiba di Shanghai Selasa (20/5/2014), di tengah guyuran hujan dan terpaan angin, payung yang dikembang­kan oleh pengawalnya tertiup an­gin hingga terlipat.

Pemandangan ini seolah mengisyaratkan, jalan di hadapan Putin tidak akan mulus. Mewarnai kunjungan Putin, RRT dan Rusia memainkan serang­kaian sandiwara yang membuat semua orang termangu-mangu.

Di hari yang sama, Rusia dan RRT menggelar latihan perang bersama di Laut Timur dengan sandi Joint Maritime 2014, yang melatih perang bertahan dan me­nyerang di pulau karang.

Pemandangan ini jelas merupakan per­mintaan Xi Jinping, yang meminta Putin agar bagaimana pun juga memberi muka pada RRT untuk memperlihatkan pada Jepang dan Amerika Serikat: "Kalian di sana ada aliansi Jepang dan AS, kami di sini ada sekutu RRT dan Ru­sia."

Meski demikian, sebelumnya Moskow telah berulang menegas­kan sikapnya menghadapi persengketaan RRT – Jepang, Rusia akan bersikap netral.

Invasi Rusia terhadap Crimea dan menduduki Crimea menuai sanksi dari pihak Barat, hubungan Rusia dengan Jepang pun membu­ruk, namun jika dikatakan Rusia akan bersekutu dengan RRT un­tuk melawan Jepang, sepertinya masih jauh dari kenyataan. Dalam latihan perang di Laut Timur, Ru­sia paling-paling hanya akan seka­li saja memberi muka pada RRT. Karena kedua belah pihak memi­liki kepentingan masing-masing: RRT bersandiwara di hadapan Je­pang, Rusia juga bersandiwara di hadapan AS.

Di hari yang sama juga dige­lar Konferensi CICA yang ke-4 di Shanghai, yang bertujuan menunjukkan peta percaturan yang di­mainkan RRT dan Rusia di Asia tersebut bisa melawan strategi perang yang dicanangkan oleh AS. Akan tetapi CICA Summit yang hanya beranggotakan 26 negara itu, kali ini hanya dihadiri oleh 12 kepala negara. Yang lebih mencolok lagi, Vietnam sebagai negara anggota, Filipina dan Je­pang sebagai negara pengamat ti­dak hadir dalam konferensi ini.

Seiring dengan berhasilnya Rusia mencaplok bagian dari Ukraina, RRT juga mulai melaku­kan aksi yang lebih agresif di Asia. Persengketaan antara RRT-Jepang atas masalah Pulau Diao-yu (di Jepang disebut: pulau Sen­kaku) dan wilayah Laut Timur belum juga terselesaikan, RRT pun melakukan reklamasi di Pulau Red Reef yang berjarak 180 mil laut dari Filipina. Pihak Filipina pun menangkap dan menuntut ne­layan RRT, konflik RRT-Filipina pun semakin terlihat jelas.

RRT menghancurkan sumur bor lepas pantai di lokasi 120 mil laut dari Vietnam, yang menyebabkan kedua negara mengumpul­kan ratusan kapal saling menabrak lawan. Masyarakat Vietnam pun membangkitkan gerakan rasialis anti-Tionghoa yang menyulut tindakan anarkis berskala besar. Banyak etnis Tionghoa di Viet­nam jadi korban luka-luka bahkan tewas. Tidak hanya perusahaan in­vestasi RRT terkena dampaknya, bahkan perusahaan investasi Tai­wan juga ikut kena getahnya, dan mengalami kerugian besar.

Anehnya lagi, menghadapi aksi kekerasan anti-Tionghoa oleh Vietnam, reaksi dari media massa corong PKT justru luar biasa ka­lem, bahkan dengan sengaja me­nutupinya.

Salah satu alasannya adalah karena Vietnam dan RRT sama-sama adalah negara komunis, banyak hal yang dilakukan oleh Vietnam sebenarnya adalah belajar dari 'kakak' PKT. Aksi unjuk rasa anarkis anti-Tionghoa di Vietnam ini tidak lebih dari menjiplak aksi anarkis anti-Jepang yang pernah terjadi di RRT, setali tiga uang.

Ironisnya, bulan lalu Vietnam dan RRT baru saja bersama-sama memainkan sebuah drama ideologi, yakni: pihak Vietnam mengekstradisi sekelompok suku Uighur (suku minoritas Provinsi Xinjiang, Tiongkok) sebanyak lebih dari 30 orang yang menyelundup masuk ke Vietnam termasuk pria wanita tua dan muda. Bisa dibayangkan nasib tragis yang telah menanti para suku Uighur ini setelah diekstradisi kembali ke RRT (biasanya kamp kerja paksa menanti).

Vietnam yang telah bertindak tidak berperikemanusiaan itu juga mendapat ganjarannya: saat dideportasi, seorang pria Uighur yang berani mati berhasil merebut senjata otomatis tentara Vietnam, lalu menembak membabi buta, menewaskan 2 tentara Vietnam dan melukai parah belasan lainnya.

Ini adalah harga yang harus dibayar oleh komunis Vietnam akibat mencoba menarik simpati dari PKT. Akan tetapi hanya sebulan setelah itu, meletuslah konflik kedua partai komunis di Laut Selatan, hingga saling angkat senjata dan melukai satu sama lain.

Konfl ik RRT-Vietnam juga merefleksikan kompleksnya hubungan RRT-Rusia. Selama ini Rusia bersekutu dengan Vietnam. Di Asia sendiri bahkan ada "aliansi Rusia – Vietnam – India" yang telah berlangsung lama, yang disebut Iron Triangle. Kini meskipun RRT dan Rusia cukup dekat, namun RRT adalah musuh bebuyutan bagi Vietnam dan India, antara RRT dan Rusia pun terdapat simpul mati yang sulit terurai.

Menanggapi bentrok RRT-Vietnam, belum lama ini Kepala Staf Tentara Pembebasan PKT Fang Fenghui di Washington menyatakan, "Tanah yang diwariskan oleh para leluhur tidak boleh hilang sejengkal pun!"

Kata-kata itu diucapkan dengan penuh ketegasan, namun penulis juga hendak bertanya lirih, "Bagaimana dengan wilayah yang telah dirampas Rusia dari Tiongkok? Wilayah seluas 1,5 juta km persegi 'yang diwariskan leluhur' itu, apakah juga tidak boleh hilang sejengkal pun?"

Yang paling menarik perhatian adalah kesepakatan pasokan gas alam, kedua negara telah berunding selama belasan tahun akan hal ini dan terus terjadi tawar menawar alot, tapi kali ini mendadak sudah ada hasilnya: yakni dalam 30 tahun mendatang, Rusia akan memasok gas alam sebanyak 70 miliar kubik kepada RRT.

Ini jelas adalah dampak yang meluas dari insiden Ukraina, dikarenakan Rusia telah mendapat sanksi embargo dari AS dan Eropa sehingga terpaksa mencari jalan keluar di pasar RRT. Kembalinya AS ke Asia menyebabkan Rusia juga kembali ke Asia, bahkan Rusia kembali ke Asia dalam segala aspek meliputi militer, ekonomi, politik, serta strategi internasional.

RRT yang telah kenyang akan invasi dan penindasan oleh Rusia, kali ini tak lebih dari sekedar memainkan peran "mengundang serigala masuk ke rumah". Hanya karena mempertahankan kekuasaan satu partai, Beijing terpaksa harus menapak jalan menentang AS dan memihak Rusia, jangka pendeknya terlihat menguntungkan bagi PKT, namun jangka panjangnya akan merusak kepentingan negara dan bangsanya sendiri.

Karena Rusia membutuhkan RRT, dalam kunjungan Putin ke RRT berbagai komentar baik bagi RRT terlontar dari mulut Putin yang dulunya sama sekali tidak pernah diucapkan: Antara RRT dan Rusia, adalah "kerja sama yang paling baik", merupakan "kerja sama yang patut diteladani dan paling patut dipercaya". Rusia menempatkan perkembangan hubungan dengan RRT sebagai orientasi utama.

Namun belum lama ini, Rusia memutuskan untuk membangun Zona Ekonomi Eksklusif di Vladivostok yang berdekatan dengan RRT, Putin pun menyerukan pada pihak RRT, "Bersedia melihat perusahaan RRT memanfaatkan peluang untuk mengembangkan perekonomian Rusia dan menjadi pioneer." Vladivostok dikenal sebagai "Hai-shenwai (bahasa Tionghoa: Tebing Tripang)". Makna kata Vladivostok sendiri adalah "menaklukkan Timur" atau "Penguasa Timur", jelas wilayah ini adalah hasil rampasan dari Tiongkok (di tahun 1860). RRT sekarang ini, jika berinvestasi di sana, dan membantu orang Rusia untuk berkembang, maka itu benar-benar telah mengkhianati dan melupakan leluhurnya sendiri.




Sumber : Erabaru

3 komentar:

  1. Itu sejarahnya dulu, sekarang kan lain cerita... para pelakunya pun sudah lama mati. Sekarang RRT dan Rusia punya musuh yang sama AS dan NATO sekutunya.
    Dulu AS saja kan dijajah Inggris, pejuang kemerdekaan Amerika habis2an melawan tentara Inggris. tapi itu dulu coy sekarang kan liat sendiri Inggris selalu dibelakang AS segala tindak tanduk AS inggris manut terus.....
    Jadi sandiwara darimananya?? India saja mendekat juga ke AS. Vietnam karena berseteru dg RRT sekarang didukung AS. Segala sesuau karena persamaan nasib jadi ada persatuan.
    Indonesia saja dulu terdiri dari banyak kerajaan dan diantara kerajaan sering perang dan mengganggap musuh satu sama lain. TAPI itu dulu ZAMAN KERAJAAN, sejak kedatangan VOC semua wilayah yang dulunya lain kerajaan karena sama satu musuh yaitu Belanda sang penjajah, semua bersatu mengusir penjajah sehingga berdirilah INDONESIA....

    BalasHapus
  2. terlalu percaya skanerio barat yata yata sudah kepepet ke habisan migas akibat sangsi balasan rusia ke barat sekutu ....bagus indonesia negara nonbloc fokus buat anak cucu jangka panjang di pikirkan dari sekarang mea mea perdagangan bebas asean ancaman srius buat nkri spending perdagangan asean melonjak drastis tampa ada percegahan dini ,:pusat malah pura 2 ga tahu ini yg aneh..... buat pemerintahan baru jadikan para ahli jujur di kabinit bukan orang kaya di jadikan mentri tidak satu dua kali hanya mewakili asing .

    BalasHapus