Minggu, Mei 18, 2014
0
LAOS-(IDB) : Sebuah kecelakaan pesawat terjadi di Laos pada Sabtu dini hari, 17 Mei 2014. Diberitakan harian Bangkok Post, sebuah pesawat militer yang mengangkut 18 orang jatuh sebelum mendarat.

Menurut seorang Diplomat Thailand, pesawat jatuh di bagian timur laut Laos. Seorang Diplomat di ibukota Vientiane, menyatakan pesawat itu telah lepas landas dini hari menuju ke Provinsi Xiangkhouang untuk menghadiri sebuah acara.

Menurut data dari Bangkok Post, 18 penumpang di dalamnya termasuk Wakil Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, Douangchay Phichit, sang istri, dan Gubernur Vientiane, Sukan Mahalad.

Hingga berita ini diturunkan Pemerintah Laos belum mau mengkonfirmasi soal korban tewas. Namun, media lokal melaporkan beberapa orang berhasil selamat dari kecelakaan itu. Belum diketahui nasib para pejabat di dalamnya.

Pada Oktober 2013, pesawat maskapai Laos, Lao Airline jenis Turboprop ATR-72 juga mengalami kecelakaan saat badai tengah berhembus kencang ke arah Bandara Pakse di sebelah selatan Laos. Sebanyak 49 orang di dalam pesawat itu dinyatakan tewas. 

Menhan Laos Tewas

Menteri Pertahanan dan Deputi Perdana Menteri Laos, Douangchay Phichit, dikabarkan tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat militer. Sejumlah pejabat juga terbunuh dalam kecelakaan tersebut.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (17/5/2014), pesawat nahas tersebut sedianya bertolak dari Ibu Kota Laos, Vientiane. Namun, pesawat itu jatuh di timur laut provinsi Xiangkhouang, sekitar 500 kilometer atau 311 mil dari Vientiane.


Kantor berita Laos dan Kementerian Luar Negeri Thailand mengatakan sang menteri dan istrinya meninggal dalam kecelakaan itu. Tercatat, ada 20 orang yang berada di pesawat tersebut. Salah satunya adalah Gubernur Vientiane.


Menteri Pertahanan Douangchay Phichit dan sejumlah pejabat lainnya sejatinya akan menghadiri sebuah upacara resmi di Xiangkhouang.

Kantor berita resmi Laos, KPL, mengatakan pesawat tersebut adalah pesawat Antonov AN-300-74TK yang dioperasikan Angkatan Udara Laos.



Sumber : Vivanews

0 komentar:

Posting Komentar