Kamis, Mei 08, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Thaha Syaefuddin dengan Komandan Letkol Laut (P) Ario Sasongko, S.E., M.P.M., melaksanakan Latihan Passage Exercise (Passex) dengan kapal perang Jepang, Japan Maritime Self Defense Forces (JMSDF), JDS Sazanami (DD-113), dan JDS Samidare (DD-106), di perairan Laut Jawa, baru-baru ini.

Latihan Passex dengan kapal perang Jepang dilaksanakan ketika  KRI Sultan Thaha Syaefuddin-376 sedang berangkat dalam rangka melaksanakan Operasi Rakata Jaya. Pelaksanaan  Passex yang dilaksanakan selama 3 jam ini berjalan dengan aman dan lancar dengan materi latihan di antaranya : Comms Check, Flaghoist, Photo Exercise (Photex), Tactical Manouvering (Manuvra  taktis), SAU Procedure (Prosedur pencarian dan penghancuran kontak kapal selam), Semaphore dan Sailing Pass,.


Kedua kapal perang Jepang yang melaksanakan Passex itu adalah kapal perang jenis Destroyer Guided Missile (Perusak Kawal Rudal) yang dikomandani oleh Commander Yasuhiro Hayashi dan Commander Takashi Saito. 

Kapal perang tersebut merupakan salah satu unsur CTF-151 yang telah selesai penugasannya dalam Gugus Tugas Angkatan Laut Internasional, sebagai respon atas berbagai tindakan pembajakan atas pelayaran kapal-kapal di sepanjang garis pantai Somalia dan sekitar perairan Teluk Aden.




Sumber : TNI

0 komentar:

Posting Komentar