Minggu, Maret 02, 2014
44
Pasukan Rusia mulai memasuki Ukraina, setelah Permintaan Vladimir Putin disetujui Parlemen (photo: Reuters)
Pasukan Rusia mulai memasuki Ukraina, setelah Permintaan Vladimir Putin disetujui Parlemen

KRIMEA-(IDB) : Majelis atas parlemen Rusia menyepakati permintaan Presiden Vladimir Putin agar pasukan Rusia digunakan di Ukraina. Putin meminta agar pasukan Rusia dikerahkan “sampai kondisi politik di negara itu normal.” Armada Laut Hitam Rusia bermarkas di Krimea, Ukraina, merupakan tempat banyak etnik Rusia tinggal.


Atas tindakan Vladimir Putin itu, pemerintahan baru Ukraina memperingatkan kemungkinan perang dan menempatkan pasukannya dalam siaga tinggi serta meminta bantuan NATO.


Pernyataan terbuka Putin tentang hak untuk mengirim pasukan ke negara berpenduduk 46 juta di Eropa Tengah itu menciptakan konfrontasi terbesar antara Rusia dan Barat sejak Perang Dingin.


Perdana Menteri Ukraina, Arseny Yatseniuk, yang memimpin pemerintahan setelah mengambil alih kekuasaan dari sekutu Moskwa -Viktor Yanukovich- yang melarikan diri minggu lalu, mengatakan tindakan militer Rusia itu “akan menjadi awal perang dan akhir dari setiap hubungan Ukraina dan Rusia”.


Penjabat Presiden Ukraina, Oleksander Turchinov, memerintahkan pasukan untuk ditempatkan pada siaga tempur tinggi. Menteri Luar Negeri Andriy Deshchytsya mengatakan, ia telah bertemu dengan para pejabat Eropa dan AS dan mengirim permintaan kepada NATO untuk “mengkaji segala kemungkinan untuk melindungi integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina”.

Pasukan Rusia akan berada di Ukraina sampai kondisi politik negara itu dinyatakan normal (photo: BBC)
Pasukan Rusia akan berada di Ukraina sampai kondisi politik negara itu dinyatakan normal

Langkah Putin itu merupakan penolakan langsung terhadap para pemimpin Barat yang berulang kali mendesak Rusia untuk tidak melakukan intervensi, termasuk Presiden AS Barack Obama, yang sehari sebelum menyampaikan pidato di televisi guna memperingatkan Moskwa soal “ongkos” jika Rusia beraksi.


Pasukan tanpa lencana di seragam mereka tetapi diyakini tentara Rusia, beberapa menggunakan kendaraan dengan nomor plat Rusia, telah menyerbu Crimea, sebuah semenanjung terpencil di Laut Hitam di Armada Laut Hitam Rusia bermarkas. Pihak berwenang baru di Kiev tidak berdaya untuk menghentikan mereka.


Presiden Barack Obama telah menyampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional dengan mengirimkan pasukan ke Ukraina. Dalam sebuah pembicaraan telepon selama 90 menit pada Sabtu, Gedung Putih mengatakan Obama “menyatakan keprihatinan yang mendalam terkait pelanggaran nyata Rusia terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina itu.”


Gedung Putih mengatakan, AS menangguhkan persiapan bagi sebuah pertemuan negara-negara industri di Rusia pada Juni mendatang. “AS menyerukan kepada Rusia untuk meredakan ketegangan dengan menarik kembali pasukannya ke pangkalan di Krimea dan menahan diri dari campur tangan di wilayah lain di Ukraina,” tegas pernyataan Gedung Putih.


Obama memperingatkan bahwa pelanggaran kedaulatan Ukraina “akan berdampak negatif pada posisi Rusia dalam komunitas internasional,” dan bahwa AS “akan menangguhkan partisipasi dalam pertemuan untuk G-8 mendatang,” kata pernyataan itu.


Rusia Raih Kontrol
 
Pasukan Rusia memperkuat kontrol mereka atas Crimea dan kerusuhan menyebar ke wilayah lain Ukraina, Sabtu. Para demonstran pro-Rusia bentrok dengan para pendukung pemerintah baru Ukraina dan mengibarkan bendera Rusia di atas gedung-gedung pemerintah di beberapa kota.


“Ini mungkin situasi yang paling berbahaya di Eropa sejak Soviet menginvasi Cekoslowakia tahun 1968,” kata seorang pejabat Barat yang tidak mau disebut namanya. “Secara realistis, kita harus mengasumsikan Crimea berada di tangan Rusia. Tantangannya sekarang adalah untuk mencegah Rusia mengambil alih wilayah berbahasa Rusia di Ukraina timur.”


Putin meminta parlemen untuk menyetujui penggunaan pasukan “terkait situasi luar biasa di Ukraina, ancaman terhadap kehidupan warga Federasi Rusia, rekan-rekan kita” dan untuk melindungi Armada Laut Hitam di Crimea.


Majelis tinggi parlemen Rusia secara cepat dan dengan suara bulat menyatakan “setuju” atas permintaan itu. Hal itu ditayangkan langsung di televisi.


Negara-negara Barat pun bergegas memberi tanggapan tetapi hal itu sebatas pada kata-kata. Seorang pejabat AS mengatakan, Menteri Pertahanan Chuck Hagel telah berbicara dengan mitra Rusia-nya, Sergei Shoigu. Pejabat itu mengatakan, sejauh itu belum ada perubahan dalam postur militer AS.


Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, mendesak Moskwa untuk tidak mengirim tentara. Menteri Luar Negeri Swedia, Carl Bildt, mengatakan itu “jelas melanggar hukum internasional”. Presiden Ceko, Milos Zeman, menyamakan krisis itu dengan invasi tahun 1968 ke Cekoslowakia.


“(Ada) kebutuhan mendesak untuk meredakan ketegangan di Crimea,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen, lewat kicauan di Twitter. “Para sekutu NATO terus berkoordinasi secara erat.”

Pasukan Rusia resmi memasuki Ukraina setelah permintaan Vladimir Putin disetujii Parlemen
Pasukan Rusia resmi memasuki Ukraina setelah permintaan Vladimir Putin disetujui Parlemen


Sementara itu, Putin mengatakan, permintaannya terkait otorisasi penggunaan kekuatan di Ukraina akan berlangsung “sampai terjadi normalisasi situasi sosial-politik di negara itu”.


Justifikasinya, yaitu kebutuhan untuk melindungi warga Rusia, sama seperti yang ia gunakan saat melancarkan invasi ke Georgia tahun 2008.


Sejauh ini belum ada tanda-tanda aksi militer Rusia di Ukraina di luar Crimea, satu-satunya wilayah negara itu yang berpenduduk mayoritas etnis Rusia, dan sudah sering menyuarakan niat untuk memisahkan diri.

Sementara itu di Independence Square di pusat kota Kiev, di mana para demonstran telah berkemah selama berbulan-bulan saat melawan Yanukovich, sebuah film Perang Dunia II tentang Crimea sedang ditampilkan di layar raksasa, ketika Yuri Lutsenko, mantan menteri dalam negeri, menyela untuk mengumumkan keputusan Putin. “Perang telah tiba,” kata Lutsenko. Ratusan warga Ukraina di alun-alun itu pun bernyanyi, “Kemuliaan bagi para pahlawan. Kematian bagi para penjajah”. 




Sumber : JKGR

44 komentar:

  1. salah satu kekuatan selain US,UK,perancis,jerman sebagai pengontrol semua ekjadian, baik kerusuhan dan lainnya... Rusia juga banyak terlibat dalam semua operasi kepentingan negaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan bangsa dan negara kita se seberani dan sekuata RUSIA ya',..... 8-)

      Hapus
  2. Ajang pembuktian mesin-mesin perang barat melawan rusia, kita lihat mana yang lebih unggul, Sukhoi lawan F-35, BTR lawan VAB, T-90 lawan Abram, Yakhont lawan exocet, Mi-35 lawan Apache

    BalasHapus
  3. Bunuh saja siputin, selesai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAO YG MUSTI DI BUNUH ANO 01.01..ANJING KAO. MATILA KAO BABI.AKU PENDUKUNG PUTIN,PENDUKUN RUSIA. . INI LA CARA BARAT UNTK MELEMAHKAN RUSIA.SATU DMI SATU SEKUTUNYA DI AMBIL. PADAHAL DI SITU ADA PANGKALAN MILITER RUSIA.. MAU INDON DIBUAT BEGITU JUGA.. KALAU RUSIA LEMAH MAKA TNGGULA KIAMAT DUNIA.BARAT AKAN SEMENA MENA TERHADAP NEGARA KECIL.YG TAK MAU IKUT TELUNJUK BARAT MAMPUSLA.. YG PENDUKUNG BARAT KAO ANJING SEMUA..MATILA KAO. ORANG BABI YG MENDUKUNG BARAT..AKU MAU BUNUH. BY ORANG DARI POSO.

      Hapus
    2. Presiden rusia putin mqntan anggota agen era USSR soviet bukanlah peminpin kacangan langkah tegas untuk melindungi rakyat rusia patut di tiru , tepat jam 5 pagi subuh wKtu indonesia ,ratusan heli heli..serang havoc sudah memasuki selatan ukraina untuk melindungi ke turunan akraina rusia ,merinding ...merinding ...broo....mentri pertahanan rusia pun sudah meradang , mewanti wanti nato london untuk tidak ikut campur krisis di ukraina ...moncong 2 nukler sudah megarah ke landon kata mentri pertahanan rusia . Bagus ukraina angkat tangan sajaan..beres ..kwkwkw.....mana mallbane tony sallbot ? ....ketemu batunya kok malah gumpet hhh..kwwkw....

      Hapus
    3. Puenak nya di indonesia jadi negara nonblok sudah terasa ...sudah LCS ada lagi tontonan menarik emm...em...nkri tingal
      Ambil hikmanya ambil manisnya ....hehe....sekarang lah waktunya pusat bertindak ambalat si raja migas segera di espolarasi boreng ...boreng ....brooo....kalimantan butuh minyak hehe.....huiii...tungu apa lagi pusat !

      Hapus
  4. Tentara merah rusia sudah memasuki bagian seletan ukraina .di daerah ini berpenduduk ke turunan akraina rusia pro moskow .
    Keturunan ukraina terancam musnah di kanibal pro barat , rusia pun gak tinggal diam kebijakan.sekutu yg sering kita liat selama ini di pakai moskow untuk meyelamatkan aset aset penting rusia .

    BalasHapus
  5. Itulah Negara kalau akutsistanya kuat ,,, terancam sedikit langsung bertindak !!!
    Kita kapan yaa???

    BalasHapus
  6. amerika memang pintar... betul betul hebatt.. kekuatan timur satu persatu terkikis..
    target amerika itu pegusilan untuk Rusia dan sahabat sahabatnya.. mulai dari irak dan hampir semua perpolitikan di timur tengah yg berhubungan dgn rusia sudah dan berhasil amerika hancurkan.. Rusia sekarag hanya punya Cina, Iran, pakistan, dan Korut.. semoga Cina-Vietnam berdamai, dan tidak mengulang kesalahan lama Cina inviasi Vietnam, dan akhirnya Cina bernasib sama denga sekutu yg kalah perang. Ukraina sudah pindah ketangan barat sejak lama dan bukan lagi dalam pengendalian Rusia lagi.
    untuk Asia.. bersiaplah menghadapi invasi politik adidya..gabungan sekutu (amerika) masif dan menjadi bom waktu dan ketika meledak, maka dentumannya lebih dari yg terjadi di Timut Tengah sahabat Rusia itu banyak, seperti India, Vietnam, Kamboja, Pakistan, Cina, korut, Iran. kelemahan Rusia adalah ketidak mampuan mendamaikan para sahabatnya. jika Rusia perang hanya beberapa sahabat saja yg membantu seperti Iran, Cinta dan Korut dan yg lainnya bermusuhan. seperti Vietnam-Cina-India-Pakistan, yg lebih disayangkan adalah India, karna hanya memanfaatkan alutsista dan alih tehnologi Rusia sedang politik luar negri condong k amerika. bagaimana dengan Indonesia.. yg berpetakan politik Nonblock ??

    BalasHapus
  7. Sejak runtuhnya Soviet angkatan bersenjata rusia termasuk jarang mengahadapi perang yg sesungguhnya,kini saat yg mungkin mereka tunggu datang untuk menguji kehandalan tentara dan alutsista mereka yg dipersepsikan tertinggal dari negara barat,khususnya amerika.

    BalasHapus
  8. Fakta kasal yg baru ukraina sudah membelot ke rusia dengan alasan negara nya ukraina jadi tarik menarik ke pentingan barat dan rusia bagus seperti semula dari pada ukraina hancur di landa
    Perang saudara akibat pengaruh barat .

    BalasHapus
  9. Russia santai aja keleeeessss, amriki aja nyerang irak melanggar hukum internstsional mreka tutup mata tapi giliran negara lain doi triak2 melanggar hukum internasioanal. Emang Gajah Dipelupuk Mata Tak Tampak........................

    BalasHapus
  10. Koq pada suka perang ya. Padahal kalau jd perang imbasnya ke kawasan regional ASEAN sangat besar terutama dlm bidang ekonomi. Hah kl terjadi PD III terus gimana. Wah kiamat dong. Seneng ya kl ada perang koq ngggak malah prihatin.

    BalasHapus
  11. vladimir putin adalah mantan agent KGB era soviet , tentunya dia lebih banyak tau perkembangan ukraina . apalagi ukraina adalah pecahan uni soviet otomatis juga sebagai seorang mantan agent dia pasti banyak belajar dan memahami negara negara satelit soviet . terbukti saat dia jadi presiden ekonomi russia naik , cadangan devisa nomor 4 terkuat di dunia , industri militer kembali hidup , lahan yang kosong menjadi lahan gandum

    BalasHapus
  12. Bicara krisis ukraina barat sekutu hanya berkoar koar di sofa broo.....sambil minum kopi nonton di telivisi hehe....fakta krisis ukraina kalau sampai barat terjun langsung bakal karam se cara economi bukan isapan jempol , putin selain pintar strategi ....punya yali sudah berhitung dan mengetahui nya buget barat sudah melompong , barat sekutu pun sudah terbukti buat tidak berkutik .
    Igat barat sekutu punya masalah gak kalah hebat sekarang LCS kalau sampai di lupakan ausi singapore dan anak anak nya bakal di makan mentah 2 naga gamuk bejing .....ausi pun mulai waswas hubungan dengan indonesia gak kunjung baik meliter economi jellas ancaman lebih yata dari pada gurus ukraina .
    Nasip apes sekutu barat ..biyaya yg begitu mahal untuk menggeser proo rusia salah target dan kurang megembirakan akibat terlalu akgresif nya sang menthor rusia putin .

    BalasHapus
  13. Semoga tidak jadi perang

    BalasHapus
  14. Amerika dan sekutunya lawan Rusia di Suriah saja tidak berani apalagi melawan rusia di dekat negaranya sendiri??? Nato mau bunuh diri...?? Ingat bung saat perang dunia ke 2 yg mengalahkan hitler itu rusia bukan amerika, tentara rusia lah yg pertama kali masuk berlin setelah memukul mundur tentara nazi di setiap negara eropa yg diduduki nazi dan diakhiri dengan masuk ke kota berlin dan mendobrak persembunyian hitler. Amerika dan negara eropa yg sok hebat2 itu tdk akan bisa melupakan fakta2 sejarah trsb. Mrka mengakui kehebatan tentara rusia hingga sampai sekarang, jd mrka tdk pernah dan tidak akan pernah berani melawan rusia. Buktikan sj.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp...sippp broo...ketemu batunya , yg heran ausi tony salboot...kok diam sajaa...gumpet di mana ?....hehe...

      Hapus
    2. no offense ya gan, tapi uni soviet (nama russia perang dunia ke 2) dibantu amerika juga gan, tahun 1941 kan mereka jadi bagian sekutu tuh buat ngalahin nazi, sebelum gabung jadi sekutu mereka di bantai abis abisan gan sama nazi, sampe jossef stalin panik juga tuh karna nazi udah mau deketin moscow (ibu kota uni soviet), baru mereka gabung dengan sekutu, baru pas di kota stalingard, yg suram abis perangnya, bayangin aja 40.000 tentara dari kedua belah pihak mati setiap harinya(ane baca di wiki), mulai titik balik uni soviet nyerang nazi karna pasokan bantuan senjata udah di bantu sama sekutu, ditambah lagi ada penyerbuan normandy tahun 1944 buat nazi kalang kabut diserang berbagai arah, jadi ane bilangin yg agan ngmg itu KURANG bener "yg mengalahkan hitler itu rusia bukan amerika" secara bantuan materil di hitung dong, kalo gak ada sekutu juga rusia udah gak ada di peta MUNGKIN, no offense sekali lagi, cuman ngmg kenyataan aja biar orang gak mikir amerika buruk banget (ane bukan belain amerika loh) :>) :>)

      Hapus
  15. AMERIKA DAN NATO HANYA GERTAK SAMBEL AMERIKA BERFIKIR SERIBU KALI KARNA KALAU SAMPAI TER JADI PERANG BLOK BARAT SAMA BLOK TIMUR MUNKIN TERJADI PERANG NUKLIR AYO AMERIKA JANGAN BRANINYA SAMA NEGARA YANG LEMAH BRANI GAK SAMA BRUANG KAMU HANYA BERANI DENGAN NEGARA KECIL AMIRIKA LICIK SAMA JUGA DENGA SEKUTUNYA ASU KAU KAMU SUKANYA MENGHANCURKAN NEGARA ORANG LAIN TAPI KALI INI KAU TAK AKAN BERANI DI SYRIA AJA RUDAL TOMAHAWK MU DI TEMBAK JATUH SAMA S300 NYA RUSIA APA LAGI DI DEKAT AREA RUSIA

    BalasHapus
  16. Ano2 ID agen asing smua!
    GOBLOK smua!
    Namanya bajingan kalah ya lumrah dr ma'unah Alloh SWT. Org komunis kafir unisoviet bubar sendiri tanpa di bom Nato... ini rusia lu jago!
    Goblok kalian kaya' gini yg menghambat pembangunan Indonesia!


    Bunuh Putin!
    Pancung Putin Bangsat!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pancung aja kemaluan lu!

      Hapus
    2. pancungin congor luu

      Hapus
    3. 14.40 nggak ngerti komunis sok komentar komunis!!! anda memiliki pemahaman yang salah kawan. yang mesti dilihat adalah keberanian n ketegasan itu sendiri. gak penting apa keyakinan, kepercayaan, agama, ras, suku anda, selama anda bisa berbuat m bermanfaat banyak untuk orang banyak orang tidak akan menanyakan dari mana anda berasal n apa agama anda,...

      Hapus
  17. Putin jgn biarkan sekutu2mu diambil nato,jika perlu ikuti permainan as.
    Upgrade rudal2 balistikmu.
    Ajari sekutumu membuat rudal jarak pendek,menengah,jauh.
    Saya dukung.
    Ukrania tdk tau diri mau diprovokasi as dan uni eropa.
    Jgn biarkan bekas unisoviet berlabuh ke nato.
    Buat fakta pertahanan,dirikan bank dunia spt imf.
    Bravo rusia

    BalasHapus
  18. KLO TNI DISURUH KESANA LANGSUNG JADI ABU...WAKAKA

    BalasHapus
  19. Ano 14.40 itu FPI (Fron Pembela Itil) anjiiiiing

    BalasHapus
  20. Ano 14.40 itu orang buta huruf nda pernah baca buku sejarah. Otaknya seperti katak dalam tempurung. Perutnya kebanyakan kentucky fried chiken pinggir jalan..... sok amrik tapi miskin.

    BalasHapus
  21. pada intinya kehancuran bagi amerika jika perang dg rusia maka nya yg di adu domba dulu ukraina apabila sudah sedikit lemah amerika bah dewa penyelamat. itung amerika girit dana buat perang dan lain2 makanya kita indonesia harus bersatu jg mau di adu domba khusus daerah tertentu yg bisa di adu domba. itu lah aktornya semua di petinggi amerika bukan rahasia lagi sebagian YAHUDI (yahudi bertameng di segi apa saja : agama khusus nya maupun sektor lain) ingat kata HITTLER ..... tentang yahudi ........................................... BRAVO RUSIA

    BalasHapus
  22. Ano 19.20 Emang kalo yahudi kau mau apa??? Harus kami ikuti jalan fikiran mu??? ajaran teroris dari agama mu itu??? yg merasa paling benar???

    BalasHapus
  23. payaah... orang yg mau perangnya Rusia vs UK, kenapa malah para ano yg duluan ribut. ckckckckck..

    BalasHapus
  24. lama kelamaan kok jadi 'perang sodara' antar anak bangsa?! sudahlah, kita disini sebagai pemerhati perkembangan di ukraina... gak lebih.

    BalasHapus
  25. Orang arap begitu bodoh tolol ....bukqn isapan jempol , makanya rosul di kirim ke arap karna orang arap kurang ajar ....tuh liat sekarang gimana raja raja dektator jadi kacung nya orang kafir kita bicara fakta ajaa....rakayat nya sendiri di tindas ke temu asing di sembah .....ku bicara bukan soal agamq tapi benua paling bodoh arap dan africa .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu ngomong apa lu!
      Yakin lu gak salah?!....

      Hapus
    2. apalagi ini ini kebangetan kagak nyambungnya..
      kita sama sama bercermin sajalah.. biar nampak muka sendiri dan tida mungkin brubah jadi orang lain

      Hapus
  26. Rusia dikucilkan barat saja sdh bingung.
    Skalian aja, bom tu kremlin! Biar sadar klo mrk sdh habis. Jg ano2 yg ikut sarap krn ngeblok timur.
    Bunuh Putin!!!...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 4 maret 2014 11.46. klau nguliti kepalamu aku siappppp sekarang, dasar antek iblis amerika bajingan cap asu cap babi

      Hapus
  27. Ano 04 maret 2014 00.20 Emang kristen dari mana babi? Dari Eropa babi? Bukannya juga dari timur tengah babi? Jahudi, kristen, islam terlahir juga dari semit babi? kenapa begitu gobloknya babi?

    BalasHapus
  28. mantap nih.... keren infonya... http://www.aishanews.com/news/internasional/

    BalasHapus