Kamis, Maret 20, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Dihari pertama seluruh peserta forum The Jakarta International Defence Dialogue 2014 (JIDD 2014) telah mengikuti kegiatan diskusi dengan penuh antusias. Giliran malamnya delegasi dari negara-negara sahabat ini diundang untuk menikmati Gala dinner, Rabu (19/3) di Ruang Ballroom Hotel Mulia, Jakarta.

Terlihat peserta yang terdiri dari Pejabat Pertahanan dan Angkatan Bersenjata dari negara-negara sahabat yang hadir sangat menikmati suasana kehangatan dan kebersamaan Gala dinner yang diwarnai variasi busana Batik hasil budaya tradisional asli Indonesia.


Selain itu, tidak hanya di suguhi oleh jenis menu makanan yang sangat enak, seluruh peserta yang hadir ini juga dihibur oleh tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Tari Gubahan dan Budaya Ondel-ondel.


Rasa simpatik dan kagum ini juga di ekspresikan dengan bahasa Indonesia oleh Menteri Pertahanan Belanda, Jeanine Hennis-Passchaert. “saya merasa tersanjung dan merasa senang berada di tengah-tengah teman-teman semua,” Demikian ungkapan mengawali sambutan Menhan Belanda ditengah kegiatan Gala dinner.


Lebih lanjut dalam sambutannya tersebut, Menhan Belanda mengapresiasikan pemerintah Indonesia yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan JIDD. Karena menurut dirinya moment pertemuan yang berharga ini merupakan wadah untuk saling berbagi visi, prinsip dan pemikiran terkait penanganan keamanan maritim diantara peserta dari berbagai dunia berdasarkan ambisi untuk menciptakan kesejahteraan yang maksimal untuk masyarakat dunia.


Dikatakan Menhan Belanda, bahwa Lautan yang berada mengelilingi negara-negara merupakan hal yang penting dan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya lautan. Menurut dirinya lautan mengandung sumber daya alam yang luar biasa bagi kepentingan hidup manusia, diantaranya ikan, minyak, dan kandungan mineral lainnya. Selain itu sebagian besar negara di dunia menggunakan jalur lautan untuk perdagangan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negaranya masing-masing.


Oleh karena itu Menhan Belanda mengajak kepada seluruh peserta JIDD 2014 yang hadir agar melibatkan seluruh sektor baik pihak militer, sipil, hukum dan ataupun perusahaan untuk bekerja bersama-sama menjaga wilayah laut dunia tetap bebas dan aman. Disamping itu diantara negara-negara juga dapat melaksanakan program kerjasama berdasarkan saling kepercayaan dan pengertian guna menangani organisasi kejahatan yang dapat berimplikasi langsung terhadap kemanan dan keselamatan di wilayah kelautan.” Dibutuhkan mitra kerja yang kuat diantara otoritas sipil dan militer serta kepentingan kerjasama juga dibutuhkan selama proses pembangunan kepercayaan demi menjaga laut yang berharga,” Ungkap Menhan Belanda.


Menutup rangkaian Gala dinner, beberapa delegasi JIDD diberikan cenderamata sebagai tanda terimakasih dan apresiasi dari pemerintah Indonesia karena telah hadir dan mengikuti kegiatan JIDD  tahun 2014.





Sumber : DMC

0 komentar:

Posting Komentar