Minggu, Maret 09, 2014
37
(U-212A Project)

JKGR-(IDB) : Ya…judul di atas agak janggal, kita ambil dari press realese Dispenarmatim dalam berita berkaitan Komando Armada RI Kawasan Timur yang akan menggelar kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL dalam waktu dekat di dermaga Koarmatim Ujung Surabaya. Berikut petikan beritanya:

” Kemudian kapal perang jenis korvet,frigate,destroyer vanspeilk kapal patroli cepat (Fast Patrol Boat) buatan PT PAL Indonesia, Kapal Cepat Rudal dan Kapal Cepat Torpedo (KCT),kapal Penyapu Ranjau,dan Buru Ranjau (BR),kapal bantu,Kapal Selam Kelas Kilo buatan Jerman dan berbagai macam kapal perang lainnya  “

Semua formiler tahu Kapal selam jenis Kilo adalah buatan Rusia dan menimbulkan pertanyaan kapal selam yang mana yang dimaksud oleh Dispenarmatim, yang jelas-jelas tahu akan seluk beluk alutsista yang dipakai, karena mereka adalah usernya.


Kapal Selam Kilo Indonesia
 
Dalam release resmi terakhir pengadaan kapal selam jenis killo masih dalam tahap peninjauan team TNI AL ke pangkalan  Northen Fleet Rusia pada february lalu dan belum diputuskan akan mengambil berapa buah kapal selam killo dari yang dihibahkan. Sehingga bila menganut statemen resmi dari pemerintah maka KS Kilo belum berenang di wilayah kedaulatan kita dan belum menjadi alutsista TNI AL.


Sedangkan bila  menurut analisa dan rumor yang berkembang di forum militer bahwa KS kilo sudah beroperasi dan sudah lama menjadi Arsenal TNI AL. Ada yang menyimpulkan TNI AL sudah mempunyai 2 unit KS Killo bekas dan 2 unit KS Improve Killo 936 yang terakhir datang pada tahun 2013 tetapi Informasinya dirahasiakan. Bila memang Informasinya dirahasiakan keberadaannya, kenapa KS Killo akan ditampilkan dalam gelar alutsista TNI AL?.


Kapal selam kelas Kilo buatan Jerman (disingkat menjadi KSK2BJ)
 
Yang menarik adalah mengulas kapal selam jenis ini. Bila informasi ini merupakan jenis informasi background dari pemerintah maka kita hanya bisa menganalisanya. Analisanya adalah yang dimaksud oleh Dispenarmatim itu, KS setara Killo buatan Jerman. Jenis KS buatan Jerman yang setara dengan KS Kilo adalah KS type U 212/U 214.


Kapal selam U212 adalah pengembangan dari kapal selam U209 yang ber AIP. Kapal selam baru buatan Jerman U-212 A ini hampir tidak bersuara. Juga hampir tidak memancarkan radiasi panas dan sepenuhnya terbuat dari logam non magnetik. U-212 A merupakan kapal selam tercanggih di dunia karena menggunakan sel bahan bakar hidrogen yang dikembangkan oleh galangan kapal angkatan laut Jerman Howaldtswerke Deutsche Werft, yang mengklaim itu menjadi “puncak teknologi kapal selam Jerman.”


Kapal super-stealth ini adalah yang pertama dari jenis yang akan diaktifkan oleh sel bahan bakar hidrogen revolusioner yang memungkinkan itu pelayaran tanpa kebisingan atau knalpot panas. Desain struktur sirip kemudi belakang yang berbentuk silang atau huruf “X”, mampu menyelam di perairan dangkal, bahkan hingga kedalaman hanya 15 m! Cocok sekali buat peran “sea denial” ALKI dengan kedalaman laut dangkal. Lambung atau hull menggunakan non magnetic steel, dilengkapi dengan anechoic tiles atau pelapis penyerap gelombang akustik.


Menurut Bernd Arjes, seorang kapten di Angkatan Laut Jerman. ”Kami beroperasi di perairan pesisir sekitar Eropa dan kapal selam ini dirancang khusus untuk menemukan kapal selam. Jika Anda ingin menemukan kapal selam lain tentu saja anda harus tak bersuara,” katanya. 

Dengan teknologi terbaru, ia menambahkan, “Kapal selam ini hampir tidak terdeteksi”. U-212 A tidak seperti kapal selam konvensional, yang perlu udara untuk membakar solar, fuel cell tidak memerlukan oksigen untuk beroperasi. Ini berarti dapat tetap terendam selama berminggu-minggu – menahan napas berkali-kali lebih lama dari sepupu kapal selam yang menenggak solar.Sebagai kapal selam pemukul kapal selam dipersenjatai 12 torpedo kelas berat yang dipandu, masing-masing mampu menghancurkan sebuah kapal perang atau menonaktifkan sebuah kapal induk.



Setelah Angkatan Laut Italia memesan 2 unit KS U 212 A versi ekspor selanjutnya diberi nama type U 214 yang diekspor ke beberapa negara diantaranya Yunani, Korea selatan,Turki dan Portugal.


KS U214 Yunani
 
Kontrak pertama ketika HDW memenangkan tender pembuatan tiga kapal selam diesel kelas U214 dan satu option di bawah program Archimedes pada Februari 2000. Kontrak ini merupakan kontrak pertama untuk kelas U214. Kapal selam dilengkapi dengan sistem AIP (Air-Independent Propulsion) membuat sebuah kapal selam diesel mampu beroperasi dibawah permukaan air lebih lama. ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) sebagai induk perusahaan HDW membeli HSY pada Januari 2005, menanamkan investasi yang besar untuk memodernisasi galangan kapal tersebut agar mampu membangun kapal selam modern. 

Saat ini, HSY menjadi galangan kapal selam konvensional terbesar dan termaju di kawasan Mediterania. Kapal selam pertama dibangun di HDW sedangkan sisanya dibangun di HSY. Konstruksi kapal selam pertama dimulai Februari 2001 dan diluncurkan di Kiel April 2004. Kapal selam pertama diberi nama HS Papanikolis S120, sedangkan kapal ketiga dan selanjutnya diberi nama HS Pipinos S121, HS Matrozos S122, dan HS Katsonis S123.


Pemerintah Yunani menolak menerima kapal selam pertama HS Papanikolis S120 dari HDW pada 2006, dengan alasan ditemukan masalah teknis dan rancangan yang cacat. AL Yunani menemukan kinerja sistem AIP yang buruk, sistem pertempuran ISUS bermasalah, isu sistem hidraulik serta buruknya kemampuan muncul dipermukaan pada high sea. AL Yunani meminta HDW untuk memperbaiki kelemahan tersebut. HDW telah melakukan perbaikan pada HS Papanikos, tetapi kapal selam masih berada di dok di Kiel sejak 2006, menunggu pemerintah Yunani menerimanya. Akan tetapi Yunani tetap tidak menerima meskipun kapal selam telah memenuhi persyaratan bahkan dalam beberapa kasus ada yang melebihi. Sebagai tambahan HS Papanikos telah mendapatkan sertifikasi dari Bundesamt für Wehrtechnik und Beschaffung (BWB). HDW meminta pembayaran HS Papanikos Juli 2007 tetapi Yunani menolak membayarnya.


HDW dan HSY mengadakan beberapa kali pertemuan dengan pemerintah Yunani lebih dari dua tahun tetapi tidak diperoleh penyelesaian. Kedua perusahaan bermaksud mencatatkan masalah ini ke arbitrase internasional.Sementara itu, tiga kapal lainnya dilaporkan telah berada pada tahap akhir penyelesaian. HS Pipinos diluncurkan April 2007, HS Matrozos 2008 dan terakhir HS Katsonis 2008. HS Okeanos S118 merupakan kapal selam pertama yang yang diluncurkan di HSY setelah dimodernisasi di bawah program Neptune II pada 26 Februari 2009.


Sebuah situs pertahanan Yunani memberitakan pada 28 Mei 2009, KASAL Yunani Laksamana George Karamalikis mengatakan AL Yunani akan menerima tiga kapal selam yang dibuat di HSY sedangkan Papanikos tidak akan diterima, sebagai gantinya akan dipesan satu kapal selam baru untuk memenuhi kebutuhan empat unit. HDW diijinkan untuk MENJUAL Papanikos kepada negara lain. Karena alasan sesungguhnya Yunani lagi dilanda resesi ekonomi berat sehingga tidak sanggup membayar pembelian Kapal selam tersebut,

HS Papanikos di HDW, Kiel, Jerman


Andai KS kelas Kilo buatan Jerman itu HS Papanikolis S120
 
Indonesia sebagai negara pengguna KS U209 dan mempunyai hubungan baik dengan pemerintahan Jerman pastinya ditawari Kapal selam U214 yang tidak terbayar milik Yunani tersebut. Kedatangan Presiden SBY ke Jerman pada tahun 2013 menghasilkan beberapa kesepakatan pembelian alutsista.yang diungkap ke publik diantaranya pembelian 103 MBT Tank Leopard dan 50 unit Marder,18 unit Pesawat Latih Grob,pembelian material khusus untuk pasukan khusus dan pemeliharaan baterai kapal selam dan menghasilkan sebuah Memorandum of Understanding (MoU) kegiatan dalam bidang pertahanan. Sedangkan pembelian alutsista strategis lainnya bisa saja tidak diungkap ke publik karena Inodnesia dan Jerman mempunyai MOU perlindungan Informasia.

“Telah ditandatangani MoU tentang perlindungan informasi guna keperluan pengembangan industri pertahanan agar keperluan informasi industri pertahanan dapat dikelola dan dijaga oleh kedua pihak,” ujar Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin dalam keterangannya di Berlin, Jerman, pada hari Selasa tgl 5/3/2013

Bila kontrak pembelian KS U214 eks Yunani tersebut dibuat pada tahun 2013 maka pada tahun ini 2014 adalah saat kedatangan KS setara Kilo buatan Jerman dan ikut gelar alutsista TNI AL. Sebelum dikirim pastinya pihak TNI AL menginginkan perubahan perubahan speck sesuai yang diinginkan, misal penginstalan missile IDAS. IDAS (Interactive Defense and Attack System for Submarines) adalah misil anti pesawat pertama di dunia yang bisa ditembakkan dari bawah permukaan laut. IDAS menjadi salah satu ancaman P8 Poseidon karena jangkauannya cukup jauh, 20 km.


Gelar kekuatan Alutsista TNI AL pada minggu depan adalah ajang pergelaran Alutsista yang sudah dimiliki TNI AL pada periode 2004-2014. Gelar tersebut sebagai bentuk Inspeksi kesiapan Alutsista TNI AL dalam menjaga keutuhan NKRI dan Kita akan menunggu manuver KS kelas Kilo buatan Jerman atau dengan cal sign KSK2BJ

Sebagai rakyat yang cinta akan TNI yang kuat menuju Indonesia jaya tidak akan menolak bila Pemerintah mengambil kebijakan membeli KS U214 eks Yunani mengekor sukses  pembelian Usman Harun Class. 




Sumber : JKGR

37 komentar:

  1. jadi inget sejarah Uboat jerman pas WW II, apa bisa terulang lagi kah sejarahnya kita lihat saja nnti

    BalasHapus
  2. Bungkus langsung KS U214....

    BalasHapus
  3. Hadoh... makin bingung nih banyak tawaran ini itu... mulai tawaran dari KS Kilo, KS U214, KS Alabama... hadoh bingung... semoga bisa memilih dan mendapat yang terbaik... amin...

    BalasHapus
  4. Betulke negeri mat indon dijajah amerika sampai 2500.hehehehe emas .minyak.gas mat indon diragut.dirogol.dirompak oleh kerajaan amerika berbeza dengan kerajaan malaysia minyak gas perusahaan bumiputra yg ambil oleh petronas.hahahaha rakyat kerajaan mat indon ni hanye dijadikan penonton dan kuli di negeri sendiri dan negeri malaysia berbeze dengan kerajaaan malaysia rakyat tempatan jadi tuan dinegeri sendiri.inilah prinsip ketuanan melayu .orang melayu jadi tuan.mat indon hotak lembu jadi kuli babu dinegeri kami dan negeri sendiri .hidup ketuanan melayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan di balas ya... diam bukan berarti kalah... namun diam dan dibalas dengan bungkus alutsista "gahar" adalah solusi untuk membalas masukan-masukan negatif ... sudah saatnya mari kita fokus untuk menganalisis alutsista kembali...

      Hapus
    2. Hehehe anjing malaysia awas gue luncurin roket ke kuala lumpur jadi kuala bubur

      Hapus
    3. Tambi ngaku melayu =))

      Hapus
    4. Malaysia akan selamanya menjadi budak British, belanja & kekayaan Britain dari mana lagi kalau bukan dari hasil bumi "commonwealth" countries. go and make noise somewhere else. don't forget to pay your hefty taxes to keep your masters healthy and well fed

      Hapus
    5. Malay paloy,,tambi keliing,,malaysia itu budak inggris rakyatnya bodoh2 TDM nya paling lemah d dunia,,mental durian busuk seperti busuknya mental2 bangsa bodoh malay paloy sm tambi kaling,,munkin 2020 bangsa malay sm tambi akan jd budak d negara kutu sendiri,,,ganyang malingshit....

      Hapus
    6. katanya malonte kuat, pesawtnyahilang kok mnta bantuan TNI sih,,,,
      GAK SANGGUP YAH, ATAU MEMANG TENTARA MALINGSHIT BODOH....

      Hapus
    7. Tuh malon ngomong apa seh?.

      Hapus
    8. Kamu orang Malaysia coba baca ini !!! bisa bahasa Inggris kan???

      Malaysia one of the most corrupt nations ! By Jeniffer Gomez, September 27, 2013
      Ernst & Young survey shows :

      Malaysia 54%
      China 34%
      Indonesia 29%
      Vietnam 27%
      New Zealand 13%
      Singapore 11%
      Australia 10%
      Sout Korea 6%

      Malaysia has been ranked as one of the most corrupt nations and listed as a country which is most likely to take shortcuts to meet targets when economic times are tough, according to a recent survey by Ernst & Young, signalling that the government's Performance Management and Delivery Unit (Pemandu) has failed in its role to transform the economy.
      Malaysia, along with China, has the highest levels of bribery and corruption anywhere in the world, according to the latest report, Asia-Pacific Fraud Survey Report Series 2013.
      This year's survey polled 681 executives in China, Singapore, Australia, New Zealand, Indonesia, Vietnam, Malaysia and South Korea.
      About 39% of respondents said that bribery or corrupt practices happened widely in Malaysia, a figure which is nearly double the Asia-Pacific average of 21%.

      Kalau kamu orang Malaysia tak percaya kamu boleh browsing di
      http://www.themalaysianinsider.com/malaysia/article/malaysia-one-of-the-most-corrupt-nations-survey-shows

      akakakakakakakakakakakakkkkkk ,,,, kalian orang Malaysia memang hebat,,, kalian tahu bahwa kami orang Indonesia tak suka lihat website English,,, jadi kalian bisa pura-pura bersih ,,, kebetulan saya suka lihat website English,,, akakakakakakakakakakakakk

      Hapus
  5. Kepengenan harus seiring dengan duit di kantong.
    Semuanya bagus, semuanya hebat, dan semuanya canggih karena perkembangan technology yg terus berkembang.
    Sayang disatu pihak duitnya cekak, di lain pihak kita juga kekurangan SDM untuk mengawaki kapal-kapal modern yg ditulis diatas.
    Selain maslah tersebut diatas juga akan menghadang masalah perawatan dan perbaikan yg memerlukan fasilitas dan SDM dan lainnya.
    Jadi jangan selalu kita di cekoki dengan lamunan / halusinasi lewat tulisan-tulisan yg hanya sepenggal - sepenggal dan tidak komprehensip.
    Cobalah dengan tulisan yg sederhana dan gampang di cerna namun mangkus & fokus, bukan sekedar lamunan / halusinasi / onani otak.!!!!

    BalasHapus
  6. kok ga ada yg bilang kasel ini rongsokan ya, kan bekas milik yunani? kasusnya mirip NRK brunei.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topiknya adalah Kapal Selam baru bukan Kapal Selam bekas.
      Di baca dong yg teliti dan pikirannya jgn pikiran besi bekas melulu.
      Emang mampu beli bekas untuk di rombeng? Mardud luh, katrok, bodoh!!!!!
      Kudia siah!!!!

      Hapus
    2. sori ya ana bukan provokator, "Andai KS kelas Kilo buatan Jerman itu HS Papanikolis S120" harusnya provokator yg menggunakan celah itu. atau mereka para provokator ga sampai kali ya. ha..ha..ha..

      Hapus
    3. itu pengusaha besi tua dari priuk kali =))

      Hapus
  7. Penulis Tongke, pukimai, besi bekas di otaknya !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malay tambi bodoh,,,datuk kaling bodoh,malu lah ko ikut2 komen,tau sendiri media malingshit itu d batasi yg kerajaan malibgshit paloynya,,,,jd kasian deg ku malingshit malay puckima paloy gk seasik media d Indonesia,,,mati malingshit puckima malay bodoh tambi paloy..

      Hapus
  8. Kalau kita baca dengan cermat situasi akhir akhir ini,seperti negara negara tetangga selalu melecehkan kedaulatan kita.Karena kita dianggap tidak mampu menjaga kedaulatan kita sehingga mereka berani masuk dan melecehkan negri ini.Apakah tidak salah taktik menyembunyikan senjata yang kita punya??Belajar dari Iran yang selalu menyebar luaskan kemampuan dan semua senjatanya agar negara lain takut mengganggunya .Sampai saat ini Iran berhasil menjaga wilayahnya dengan baik .Kalom memang betul kita punya ks seperti yang di paparkan di atas alangkah lebih baik bila kita munculkan kepublik agar negara lain lebih menghargai wilayah kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, walaupun harus dilakukan dengan ke hati-hati an dan tidak semua tentunya. ibaratnya lebih mudah "mempengaruhi" masyarakat luar ketimbang menakuti intelejennya, kira kira begitu...

      Hapus
  9. Apapun alasan nya indonesia hanya jadi korban bangkai alutsista asing , di susun rapi tampa ada ke mauwan jauh jauh hari belli baru . Hercules bangkai , f16 busuk , termasuk kapal nah hoda ragam buatan bay sytem kabar nya kapal tersebut ada masalah baru , membengkak nya biyaya upgrade , menurut kasal kapal buatan bae sytem terlalu ketcil buat kawasan timur karna laut arafura puya kedalaman 5000 meter badaipun bisa saban jam datang....TNI AL butuh kapal kilo class bukan ks bermasalah bagus kata si tukang belli terkennal krupsi !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlambatttt........... dari tadi ana dah nunggu ente bakal ngomong gitu ha..ha..ha..

      Hapus
    2. WKWKW....HAHAHA...WWW....

      Hapus
  10. anda bilang busuk,emang anda bisa beli apa...???
    anda bilang busuk emang anda ahli strategi.....????
    anda bilang busuk apakh anda jendral...????
    sok bilang busuk emang lo sanggup beli...!!!
    sante aja napa...!!!

    BalasHapus
  11. Menhan kroni belli alutsista dapat uang dari mana ???...
    Sampai kapan jadi jogos america ?...
    Di jajah america kok gak pernah merasa penguasa sekarang ?...
    Biasa kerja sama neih ...?....

    BalasHapus
  12. Ks u214 buatan galangan jerman canggih daya jelajah terbatas "kenapa yunani menolak kapal selam tersebut ? ...
    Fersi lengkapnya ada di yutube ....ks u,214 bisa menyelam sulit nogol ke permukaan bahaya besar buat awak kapal .

    BalasHapus
    Balasan
    1. es teh... jerman bilang OK kok...

      Hapus
  13. Tinggal tgu saja kapan gelar alutsista nya,trus lihat ada ks itu apa gak,gitu aja kok repot...

    BalasHapus
  14. ambil saja papanikos +1, yg satu itu to-to buat digalangan ks PT Pal yg akan dibangun pasti mantap..........dgn teknologi U 212 kita buat KS lebih banyak minimal 20 biji yg sesuai kriteria TNI AL selanjutnya.......JAYA Nusantara

    BalasHapus
  15. Biar bekas ks u214 tergolong baru buatan 2006 canggih seyap kata pengamat meliter dunia ks jerman canggih dan punya reputasi hebat ww2 u bout . Cuma daya jelajah senjata terbatas rada JOMBLOO...KS U214 .TAMPA RUDAL PENJELAJAH

    BalasHapus
  16. cong keni'9 Maret 2014 14.00

    klo kita memang punya kasel kilo versi jerman dan scorpen ya alhamdulillah,tapi klo kita memang sudah punya itu kenapa australia dengan enak dan gampang masuk ke perairan kita sampai 12 mil?jelas perairan kita bolong,kemana aja tuh kilo klass yang sudah kita miliki?apa hanya kasel klas cakra kiloin?

    BalasHapus
  17. o.. ini artikel dari warjag aku memang udah pernah baca.. coz aku juga salut dengan opini dan analisa nya..

    o iya sekedar info kalau ada yang pengen UANG TAMBAHAN
    coba klik link ini...

    http://Cash4Visits.com/ref.php?refId=315009

    bukan penipuan dan sudah terbukti..
    coba lihat dulu dan baca.. tidak ada salahnya kok.. cocok lakukan tidak cocok tinggalkan :>)

    BalasHapus
  18. Tawaran jerman patut kita hormati karna jerman menurut penuturan moskow ga serakus london barat dan sudah terbukti thn 45 jerman polos ikut berjibaku memerdekan nkri dari kepungan negara rakus , suka tidak suka jerman and indonesia punya hubungan hati ke hati histeris rasa tidak mungkin ks u214 bakal di bekali alat sadap ,tawaran raja tehnologi jerman bagus di sambar ajaa...lamban bergerak bukan ke bijakan tepat buat nkri .

    BalasHapus
  19. klo urusan kapal selam dan tank indonesia patut melihat ke jerman dan kualitasnya sudah terbukti sejak PD 2,klo urusan kapal permukaan sebaiknya ke prancis yg sangat maju teknologi galangan kapalnya.untuk harga yg lebih murah sedikit dan teknologinya tetap mumpuni maka jepanglah solusinya...

    BalasHapus
  20. klo urusan kapal selam dan tank indonesia patut melihat ke jerman dan kualitasnya sudah terbukti sejak PD 2,klo urusan kapal permukaan sebaiknya ke prancis yg sangat maju teknologi galangan kapalnya.untuk harga yg lebih murah sedikit dan teknologinya tetap mumpuni maka jepanglah solusinya...

    BalasHapus