Kamis, Februari 13, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Djoko Suyanto dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marskal TNI Putu Dunia, terbang menggunakan pesawat tempur T 50i Golden Eagle Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi, dengan Call SignGolden Flight, Rabu (12/2/2014). 

Menggendarai pesawat berbeda, Djoko Suyanto terbang bersama dengan Komandan Skadron Udara 15 Letkol Pnb Wastu dengan pesawat TT 5004, sementara KSAU Marskal TNI Putu Dunia menggunakan pesawat TT 5008 diterbangkan mayor Pnb Hendra Supryadi.


Terbang dilaksanakan selama satu jam dengan rute Lanud Halim-Pelabuan Ratu-Lanud Halim. Selama terbang melaksanakan manuver seperti Loop, Barrell roll, Formasi dan Cugan 8 dimana ketika melaksanakan manuver tersebut KSAU langsung yang memegang kemudi pesawat.


"Pesawat T 50i Golden Eagle buatan Korea ini yang nantinya akan dioperasikan di Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi Madiun, menggantikan Pesawat Hawk MK 53 setelah dioperasikan sejak tahun delapan puluhan," kata KSAU saat menjawab pertanyaan wartawan, Rabu (12/2/2014).


Dirinya menjelaskan, dengan bertambahnya alutsista ini diharapkan mampu melaksanakan tugas lebih optimal dalam mengamankan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI.


Sementara itu, Komandan Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi Letkol Pnb Wastu, merasa bangga memperoleh kesempatan menerbangkan pesawat tempur T 50i Golden Eagle buatan Korea ini.


"Pesawat ini sangat canggih yang dilengkapi dengan sistem avionik digital, persenjataan dan Radar Warning Reciver (RWR) sehingga mampu mendeteksi keberadaan musuh dari segala arah," kata Wastu setelah melaksanakan terbang dengan Menkopolhukam di Suma 2 Lanud Halim.


Lebih lanjut 16 pesawat ini dan 8 pesawat dipersiapkan selain sebagai pesawat tempur juga, untuk mencetak dan melatih para penerbang muda sebelum mereka mengawaki pesawat tempur generasi empat sampai empat setengah yang dimiliki TNI AU.

Sedangkan yang 8 dipersiapkan sebagai Jupiter Aerobatic Team yang pernah dimiliki TNI AU yaitu "Elang Biru"




Sumber : Tribunnews

0 komentar:

Posting Komentar