Selasa, Februari 25, 2014
18
JAKARTA-(IDB) : Indonesia adalah negara besar. Untuk itu perlu sistem dan alat pertahanan negara yang kuat pula, agar bisa mengangkat martabat Indonesia sebagai bangsa.

Hal tersebut dikemukakan mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla melalui media officer, Husain Abdullah, Senin (24/2/2014).

"Indonesia negara luas, besar, maka membutuhkan pertahanan yang besar. Itu mutlak harus dimiliki," tandas JK.

Menurut ketua Dewan Masjid Indonesia ini, Indonesia negara kepulauan. Maka, kekuatan pertahanan laut, udara, dan darat harus kuat dan seimbang. Dalam pandangan JK, kekuatan pertahanan RI dapat dicapai dengan mempertimbangkan tiga komponen.

"Penduduk kita yang besar, wilayah yang luas, dan kekuatan keuangan/ekonomi. Itu modal besar kita," paparnya.

JK mengaku memiliki resep untuk meningkatkan pertahanan negara. Yaitu, harus mengombinasikan ketiga komponen tersebut. Ia juga menyinggung alutsista (alat utama sistem pertahanan) Indonesia. Indonesia butuh alutsista yang kuat dan canggih.

"Kita akan disegani dan dihormati negara lain jika kuat. Karena itu, semua komponen seharusnya dikerahkan untuk itu," ujarnya.

Diplomasi rakyat juga penting. Diplomasi yang berkualitas, tambah JK, ikut menentukan mutu persahabatan dengan negara tetangga, sekaligus pertahanan semesta. 




Sumber : Inilah

18 komentar:

  1. iyah pa JK semua rakyatpun menginginkan itu, namum bagaimana fakta sekarang? :(
    seperti inilah yg diluar dugaan.. Rupian jatuh, lalu nasib sejumlah alutsista yg sudah dipesan..??

    "Kita tidak bisa melanjutkan kontrak APC, kita tidak bisa melanjutkan kontrak Heli serbu, dan kita juga tidak bisa melanjutkan kontrak F16," jelas Hasanuddin.

    "APC belum kita terima, Heli Serbu belum kita terima, F16 belum kita terima. APC dari Amerika, F16 dari Amerika, Heli Serbu dari Rusia. Saya melihat ada miss managemen pemerintah," demikian Hasanuddin. [gus]

    belum lagi semur beberapa kilo, su35 dan yg lainnya... bikin galau ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. link nya mana gan?

      Hapus
    2. Merugi, Indonesia Gagal Punya Sejumlah Alutsista
      http://nasional.inilah.com/read/detail/2077520/merugi-indonesia-gagal-punya-sejumlah-alutsista

      Hapus
  2. JIKA JK JADI PRESIDEN, PEMBANGUNAN LEBIH CEPAT, GAK LAMBAN SPERTI BEYE

    BalasHapus
  3. Bro tenang aja ..pk tb Mau liat reaksi diluar setelah mengangkat masalah INI Dan hanya orang bodoh saja yang Mau membocorkan rahasia negara coba dech direnungkan ...

    BalasHapus
  4. Sekedar masukan utk penyempurnaan tank SBS yg dibuat oleh PT. Pindad, Tbk, jaga2 apabila tank SBS yg kelasnya sbg tank medium bertemu dng tank medium,MBT n kendaraan lapis baja milik musuh, maka utk tambah efek detterennya, penting utk ditambahkan peluncur rudal anti MBT,tank medium,kndaraan lapis baja,rudal anti pesawat,anti helikopter,anti UAV,anti drone, mnggunakan 1 canon utama cal 120 mm ditambahkan 2 canon msg2 cal 12,7 mm utk anti pesawat yg msg2 canon letaknya diblakang canon utama dng posisi bersebelahan yg msg2 canon dr 2 canon tsb dpt diputar 360 derajat dng tngkat kemiringan sampai 90 derajat yg berfungsi sbg anti helikopter,anti UAV,anti drone,dan 2 canon dng cal 7,5 mm dng posisi diatas kubah dr canon utama yg saling berada di samping sblah kiri dan kanan, yg seluruh pd canon2 tsb smuanya dng sistem RCWS, dilngkapi dng alat infra red, night vision,laser utk menghitung jarak dan posisi tembakan demi tercapainya presisi tembakan, plus tempat utk menyimpan 4 jurigen BBM sbg persediaan BBM cadangan di bgn blakang luar, dan msg2 sblh kiri dan kanan 3 jurigen air minum yg terlindungi bgn samping,atas n terdapat penutupnya model buka atas bawah, ditambah radar melngkapi persenjataan sbg bgn dr pertahanan udara.

    BalasHapus
  5. MAU GIMANAPUN HEBATAN BEYE. JK GAK DIPILIH RAKYAT. ALHAMDULILLAH MULAI PIKUN DAN TELMI. COBA SAJA PERHATIIN KALAU ADA WAWANCARA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "MAU GIMANAPUN HEBATAN BEYE. JK GAK DIPILIH RAKYAT. ALHAMDULILLAH MULAI PIKUN DAN TELMI", sebenarnya mau bahas BEYE apa JK? Sepertinya tukang becak lebih intelek daripada anda. Antara kalimat aja tidak nyambung, seperti membaca koment orang mabok.

      Hapus
  6. Babat aja itu sertifikasi guru yg 200 ttilliun.. haabisin apbn aja.. anak kelas 1 sd nggak bisa baca disuruh ortu nya kursusin baca di luar.. bukannya diajarin khusus biar bisa baca.. dana seerifikasi guru.. dana bos sekolah.. dicabut aja.. sebGian buat anggaran pos lain trrmasuk militer.. swbagian dijadikan dana bonus kinerja guru yg sekolahnya lulus uan 100% dan lelang kp2ln utk pembangunan sekolah baru (ndak ada lagi dari jaman alm pak de harto sekolah baru yg dibangun)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut sy yang di hapus tu SUBSIDI BBM aja,, peningkatan kualitas guru tu berbanding lurus dengan peningkatan kualitas lulusannya. 200T itu ngga murni masuk kantong guru,, tp termasuk pembangunan gedung dan biaya oprasional. kl cuman ngaca sekolah" yang ada d jawa ya, sekolahnya bagus".. tp liat yg d luar daerah lah,, jangankan untuk sekolah,, akses jalan aja kurang.

      Hapus
    2. Benar Ano 08.24 subsidi BBM aja yg dihapus. Masalah pendidikan dan kesehatan itu mutlak butuh dana besar trmasuk sertifikasi. Negara maju memiliki SDM yg mumpuni otomatis ekonomi terjamin punya duit beli alutsista, apa gunanya beli Alutsista canggih dan banyak klo rakyat bodoh dan sakit2an.. Ini ibarat efek domino, SDM mampuni dan sehat + ekonomi kuat = Alutsista canggih dan banyak.

      *Ayam Jantan dari Timur

      Hapus
  7. sangat se7ju pak jk. Kalau bukan pak jk memberikan job pada pt pindad. Munkn skrg pindad da ttp. Untng ada pk jk yg nasionalis memberikan job 1 trillion.makanya jadila panser anoa.. Kita juga brsykr minyak tanah da gk di subsidi.jadi menghemat uang negara.. Gara2 pk jk kerusah antar agama di poso.ambon damai.gak ada pemimpin indonesia pada wakt itu berani berdiri didpan wkt kerusah poso.. Ini la diplomasi ala bugis... Ayo pak jk kami org kaltim sangat mendukung anda.. Walaupn kmi suku banjar tpi berkat org bugis kalimantn maju,jasa2 saudagar bugis makassar ...

    BalasHapus
  8. Pertahanan (kalo boleh disebut hardware) memang perlu, tapi jangan lupa Ketahanan (sebagai softwarenya). Mau alat2nya canggih, kalau mental pejabat dan rakyatnya bobrol ya percuma. Sudah banyal contoh dalam sejarah, dimana korupsi meningkat = negara lemah. Seberapapun jumlah alutsistanya.

    BalasHapus
  9. lambat tapi pasti Indonesia akan menjadi negara yang disegani di dunia baik secara ekonomi maupun militer dengan syarat berantas segala bentuk korupsi, kembalikan ke Kas Negara uang hasil Korupsi dan buat efek jera buat para Koruptor dan orang yang menikmati hasil dr korupsi.

    BalasHapus
  10. Kemana aj pak bos JK?? sekarang ini pembangunan kekuatan di 3 matra itu masih dan akan terus berlangsung dan pembangunan itu meliputi alutsista yang kuat dan canggih spt yg pak bos katakan..pemikiran bgtu aj koq bilang punya resep
    payah jeroan sapi..!!wkwkwk

    BalasHapus
  11. POLITIK PRAKTIS SBY DENGAN CARA MENAIKIN GAJI PNS SETIAP TAHUN SPERTI ORDE BARU YG WAJIB PILIH PARTAI BERKUASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar sampah !!
      Jgn hina Presiden SBY beliau adalah Bapak Hankam Indonesia itu menurut saya. Belum tentu Presiden selanjutnya bisa sebaik prestasi beliau. Yg namanya kepemimpinan pasti ada suka dan tdk suka. Jd komentar Anda salah alamat, ini blog Hankam bkn tempat km buang komentar sampah Anda.

      *Ayam Jantan dari Timur

      Hapus
    2. Ndk usah saling hujat mereka masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangan, tp krn pk by dah 2 periode mungkin pk jk jg layak pimpin negara ini biar keputusan yg cepat dan tepat bisa dilakuin spt dulu spt konversi mnyk tnh ke gas, moga kputusan tsb bisa dilakuin pd alusista indfonesia.
      Hidup indonesia

      Hapus