Selasa, Februari 25, 2014
20
BANDUNG-(IDB) : Meski nantinya akan menggandeng FNSS Turki dalam mengembangkan medium tank, bukan berarti PT.Pindad berpangku tangan. 

Pabrik senjata asal Bandung itu tetap menyempurnakan desain Tank (Ranpur Roda rantai) yang dikenal dengan nama Tank SBS. Sekitar 1 bulan lalu, Tank desain murni anak bangsa ini bahkan sudah uji coba berjalan.


Dalam video yang diterima redaksi ARC, terlihat Tank tersebut melaju mulus dan cukup cepat. Ukurannya yang lumayan kecil membuatnya juga cukup lincah mengarungi jalanan yang lumayan sempit di kompleks PT. Pindad di Bandung. 

Dari informasi yang ARC dapatkan, untuk sementara, Tank SBS ini masih menggunakan mesin milik truk Hino.  Nantinya, desain, mesin serta lainnya masih bisa berubah sesuai riset yang masih terus dilakukan. Setidaknya, untuk sementara Pindad membuktikan bisa membuat Tank yang berjalan tanpa bantuan luar. Maju terus Pindad.. !!

Berikut videonya :





Sumber : ARC

20 komentar:

  1. Hebat deh,,, tapi kok kecil yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp doong, kan masih bisa dikembangkan lebih lanjut lagi..

      Hapus
  2. yg menyedihkan sekarang adalah jatuhnya rupiah sehingga terganggunya sejumla pesanan alutsista bahkan terancam gigit jari... ;-(

    BalasHapus
  3. Sebaiknya jokowi menertibkan para calo calo SIM yg bnyk berkeliaran di samsat2 sekitar wilayah Flores dan sekitarnya..agar msyarakt merasa nyaman dan tentram...by : Dharma n Wesly

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuh..... ko jadi k SIM, orang lagi galau Indo diambang bangkrut ko
      salah kamar kali ya komnt nya. hahah

      Hapus
    2. Jokowi kalau jadi Presiden masak cuma nertipin Calo SIM di Flores....?????

      Hapus
  4. ternyata indo mengalami masalah ekonomi,nilai rupiah jatuh dan hutang semakin bertambah!!dab banyk pembelian alutsista terpaksa ditangguhkan..hahaha..beli sukhoi aja utang dan gak abis bayar lg..memang indo negara kuat rasuah dan hutang..indon bakal bangkrut :o
    http://www.kaskus.co.id/thread/530c80dd1acb17511d8b4789/kurang-rp-11-t-indonesia-gagal-dapat-apache-dan-f16/

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak apah, kami di Bumi Nusantara akan tetap teguh membela tanah air, apapun yg akan terjadi. kami siap, kami terbiasa susah.. terpenting kami harus punya tanggungjawab akan diri pribadi, kami bangsa yg punya jatidiri, kami mandiri kami berjuang sendiri kami tidak pernah mengemis atasnama sebuah kemerdekaan. masyarakat Nusantara punya ladang sendiri menggarap sawah sendiri.. kami tidak pernah meminta bantuan negara manapun, yg pasti negara kami banyak dimita bantuan, bahkan kami tidak asing atas kekayaan negara kami yg dirampok, dicurangi, dihina, dimaki. kami terbiasa.. beberapa tahun kedepan mungkin tetangga kami mengemis untuk hal hal yg tidak pernah mereka fikirkan sebelumnya.. ano 23.31, terimakasih karna anda memulihkan semangat perjuangan kami :)

      Hapus
    2. 90% rakyat Indonesia memang tidak suka beli alutsista dari AS !!! kebetulan banget kalau nggak jadi !!!
      kita bisa beli dari RUSIA, CHINA dan negara NON BARAT lainnya !!!
      Kalau negara MALON memang kiblatnya ke BARAT !!!

      Hapus
    3. Kasihan anonim 23.31 itu.. negara yg tak pernah berjuang.. ncaplok sabah dan serawak aja minta bantuan sas dan aussie.. meedeka aja ndak peenah berjuang.. bangsa apa itu.. ntar deh.. saatnya sabah dan serawak digoyang lagi.. pasukan gerilya sabah dan serawak yg makan ular vs pasukan malaysian yg bawa susu kaleng milo di ransel nya... hiksss

      Hapus
    4. Wahhh ....kalau masalah sabah tampa campur indonesia raya dari saman harto berkuasa SABAH lepas MERDEKA ,fakta tampa sepegetahuan anda tahun yg lalu pasukan khusus ind
      Terjun langsung ikut menumpas gerakan sabah merdeka .
      Kalau malaysia ke depan gak baik baik ama sebelahnya nkri sulit sabah bakal lepas bukan isapan jempol , economi sekarang gak berbasis di eropa barat lagi , negara industri baru bermunculan .

      Hapus
  5. (h) good job! sebagai langkah awal sudah bagus. Btw kok gak ada turret-nya? kalo senjatanya cuma kanon namanya panser dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kan tank jenis apc=armored personel carier (tank angkut pasukan) sekelas dgn panser anoa, bedanya satu pake roda satu pake rantai buat medan berat di hutan..
      kalo kelas apc memang ga mesti harus pake turet, biasa senjata pertahanan diri 12,7mm ato biasanya di modif di cantelin rudal anti tank dgn pandu laser ato infrared.
      Video di atas baru di test pake mesin truck HINO udah lincah dan gesit... gimana kalo nanti di pasang mesin punya panser anoa RENAULT/MERCEDES atau NAVISTAR...wuiiih pasti tambah gesit.
      Kalo medium tank yg pake turet kaliber 90 / 105mm sptnya nunggu join produk dgn TURKI, soalnya TURKI udh bisa bikin MBT ALTAY 120mm sekelas Leopard ..
      SUKSES PT PINDAD...!!!!

      Hapus
    2. okelah kalo begitu.
      Majulah Industri Pertahanan Dalam Negeri!
      Jayalah Negaraku!

      Hapus
  6. Hhh...lumayan cuma bagus lagi pindad kerja sama ama the father mbt " jerman " supaya tidak buang waktu percuma , tank moderent sudah rada datar gak setinggi ayam kalkul .

    BalasHapus
  7. Kalau indo bangkrut jepang pun sama , apa lagi malaysia esport 35% ke indo akibat loby loby ratu inggris monark Malaysia selamat . Yg bangkrut tuhh....eropa hanya megandalkan turis dan tehnologi alutsista , itu pun mahal sekali gak ada yg belli eropa barat gemis gemis datang ke indo silih berganti fakta jualan senjata , indo hanya salah kelola ajaa...sekali putar uu minerba keluar barat bases di singapore merqdang , fakta lagi rupiah meguat uu minerba dibterapkan bagi hasil kekayaan alam jellas gak bisa di tikung . Negara yg di katogorikan bangkrut bankkraf penghasilan gak ada cadangan devisa ludez itu bangkrut ....kalau indonesia bukan bangkrut semenjak uu minerba di terapkan cadangan devisa melambung di atas milyar 100 milyar dolar lebih . Hutang indo hqmpir separuh nya swasta $145 milyar dolar , hitqng negara $105 milyar dolar jqdi yg bilang indo itu bqngkrut bodoh bagus diam , walau sejujurnya negara kelimpungan akibat ada penjarahan berbases di singapura .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ada juga yg paham masalah hutang

      ane sempet sharing2 sama anak2 STAN gan bahwa persepsi hutang pemerintah itu dianggap masyarakat seluruhnya hutang pemerintah padahal bukan

      lagian sekarang kan bukan zaman soeharto yg hutang masuk ke pendapatan negara
      hutang kita itu lebih banyak di jadikan investasi yg menghasilkan

      masalah UU minerba emang sangat cocok gan bahkan cina pun gk komplain ke kita gk kayak jepang dan AS

      masalah alutsista belum bisa bayar masa iya barang udah 70% jadi cuma karena kurang 1T doang seluruh pesanan batal
      AS juga bakal mikir rugi bandar namanya
      sayu2nya cara pembayaran bisa di susul tahun depan

      gitu aja kok repot

      Hapus
    2. Lahh iyaa..mas ano 07 29 . Ini bukan saman orde baru lagi ...swasta bukak bank hanya bermodalkan sewa bangunan dana rakyat di kumpulkqn lalu buat usaha bukak pabrik ....apa gak kurang ajaar.....sekarang pun sama pengusaha hitam itu , hutang di indo setelah cair di bawak ke singapore nah ....cara ini hanya binatang bisa melakukannya . Enak amatt....enak di.singapore .

      Hapus
  8. keren maju terus buat pindad

    BalasHapus