Selasa, Januari 28, 2014
60
JAKARTA-(IDB) : Pesawat tempur F-5 Tiger milik TNI Angkatan Udara akan memasuki masa pensiun dan segera dikandangkan tahun ini. Meski begitu, TNI Angkatan Udara maupun Kementerian Pertahanan belum memutuskan pesawat pengganti Tiger. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Ida Bagus Putu Dunia mengatakan baru membuat kajian soal opsi-opsi pesawat pengganti.

"Kajian tersebut sudah saya kirim ke Menteri Pertahanan dan Markas Besar TNI. Nanti akan diputuskan di sana," kata Putu Dunia kepada wartawan di Markas Besar TNI Angkatan Udara, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 27 Januari 2014.

Dalam kajian tersebut, TNI Angkatan Udara merekomendasikan sejumlah pesawat tempur canggih pengganti F-5 Tiger. Antara lain pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia, F-16 Fighting Falcon di atas blok 24 buatan Amerika Serikat, F-15 Strike Eagle buatan Amerika Serikat, atau SAAB Gripen buatan Swedia.

TNI Angkatan Udara juga membuat peringkat dari pesawat-pesawat tersebut sesuai kebutuhan mereka. Pada urutan pertama adalah Sukhoi SU-35, disusul SAAB Gripen, dan terakhir adalah F-15 Strike Eagle. Dengan kata lain, pesawat tempur bikinan Rusia menjadi pilihan utama pengganti F-5 Tiger.

Menurut Putu, ketiga pesawat pengganti itu dipilih karena daya tangkal yang mumpuni, khususnya terhadap negara-negara tetangga. "Termasuk faktor persenjataan, perawatan, dan banyak faktor lain," kata dia.

Putu menginginkan pemerintah segera membeli pesawat tempur pengganti F-5 Tiger pada periode 2015-2019. Idealnya, kebutuhan TNI Angkatan Udara sebanyak 16 unit atau satu skuadron. "Tapi kami kembalikan pada kemampuan keuangan negara," kata dia.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menginginkan Sukhoi SU-35 sebagai pengganti F-5 Tiger. Menurut dia, pesawat buatan Rusia itu punya efek gentar yang tinggi di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. Sedangkan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro ingin Angkatan Udara punya pesawat tempur canggih yang mampu menggendong rudal jarak jauh, seperti Brahmos buatan India.




Sumber : Tempo

60 komentar:

  1. Saya pilih nomor urut 1...biarpun biyaya oprasional tinggi tapi dampak deterennya mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diakali dengan membeli simulator utk latihan. Utk itu harus beli pesawat yang banyak biar efisien dan para tetangga pada takut

      Hapus
  2. Ini baru berita....kita tunggu realisasinya..SU 35 must have!! SAAB Gripen boleh sebagai patrol aircraft daripada F16..F16 kalau hibah sih boleh2 aja untuk mengejar quantity, tapi kalau beli baru no way...

    BalasHapus
  3. asiik f5 yang cabe rawit bakal diganti su35 yang cabe gendot

    BalasHapus
  4. saya cooblos nomer 1, gimana dengan pendapat bang ano lain?

    BalasHapus
  5. Nomor 1 apalagi jka di sertakan rudal aam jarak jauh rusia generasi terbaru

    BalasHapus
  6. saya SATUju dengan nomor SATU.

    BalasHapus
  7. kita rakyat indonesia siap untuk urunan beli Su 35 BM.hehe. taruhlah tiap rakyat yang ber-ekonomi mampu, sumbang 200.000 rupiah. Seperempat lebih rakyat Indonesia mungkin sdh di taraf menengah.( mohon dibantah klo ini kliru) klo rakyat indonesia yang berjumlah 50 juta itu urunan 200.000 rupiah hasilnya dahsyat kok, 10 trilyun rupiah. hehe. itu hampir mungkin dapat satu skuadron tempur Su 35 BM. Jadi kalo jagain wilayah kedaulatan negara, jangan tanggung deh. Karena tetangga kita di tahun 2014 ini sudah ada yang punya F-35 lightning. Jadi negara harus makin tanggung jawab ngelola duit rakyat agar tidak tanggung beli senjata perlindungan buat rakyat dan negara. OK? kita dukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq mau nyumbang 1 juta rupiah siap transfer jika ada iuran seluruh rakyat indo untuk beli su 35.
      By tki korea

      Hapus
    2. Aku juga siap tranfer kalo mau urunan beli SU 35.

      Hapus
    3. sy juga mau,

      Hapus
    4. Gw ikutan 2jt... DEMI NKRI

      Hapus
  8. iya saya coblos nomor satu,, tapi jagan buat ptroli cukup di pjang di hanggar ppua,,, karena biaya oprasionalnya mencapy 400 juta rupian / jam terbang.. sayang kan kalo beli buat ptroli .. itu untuk strike force,,

    BalasHapus
  9. Senang kalau udah ada pemikiran ke arah sana.Kita memang perlu Su 35. Namun F5 ,HAWK,jangan di pensiunkan.Banyak negara masih pakai ini bahkan negara majupun masih tetap mempertahankannya.Pesawat tersebutkan bisa di upgrade avionik dan sistem senjatanya.F5 bisa dibikin segahar f16 seperti banyak negara lain melakukannya.

    BalasHapus
  10. Biaya oprasional 400jt per jam...gak masalah, sebanding dgn tugas utk menjaga WIBAWA, HARGA DIRI dan KEDAULATAN NKRI...drpada punya pesawat cemen di pandang sebelah mata sama negara...dah ambil tuh barang SU-F35

    BalasHapus
  11. SU 35 bagus buat nyerang biar ga dipandang sebelah mata sm tetangga, kalo patroli pk F16 aja. irit biaya. kl dah terditeksi radar ada yang iseng baru keluarin tuh SU 35 biar nyengir. :-d

    BalasHapus
  12. Lucu..... Wkwkwkwkwkwkwk..

    BalasHapus
  13. satuju lah su-35 jadi dimiliki, simpan nih di papua biar deket ma aushit. yg grippen pake buat patroli aja. nah yg f-15 buat ditaruh di aceh, tuk dukung serangan udara bila sewaktu2 malingsia ikut ribut.

    BalasHapus
  14. Coblos No. 1 !! Semoga dapat direalisasikan di MEF II. Amin... :)

    *Ayam Jantan dari Timur

    BalasHapus
  15. Ayo mana dulu yg realisasi? tender penggantian dan peremajaan F-5 Tiger II TNI-AU. ATAU proyek MRCA TUDM malaysia? Kl jd SU-35 BM ini realisasi bisa ciut nyali itu pilot malaysia, karena malaysia msh mengandalkan SU-30 MKM sbg tulang punggung pertahanan udara. Padahal SU-30 MKM pesawat tempur dgn umur tekhnologi 10 tahun yg lalu, alias 1 decades ago! sama sprti 2 unit SU-27 SK dan 2 unit SU-30 MK kita sblm UPGRADE!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak tempe,sukhoi indo yg ketinggalan jaman..tidak pernah diupgrade dr awal dibeli (10 tahun yg lepas) malah ompong dan gak punya ECM pod seperti knirti dan yg lain2..malah sukhoi kamu itu ada yg su 27 dan lebih parah semuanya hanya basic varian!!gimana mau lawan SU 30 MKM yg merupakan pesawat SU 30 tercanggih dan telah menggunakan beberapa teknologi yg telah ada di SU 35..malah radar MKM lebih baik iaitu BARS berbanding radar SU 27/30 basic variant TNI AU banci..lebih baik semua pespur TUDM (SU 30 MKM dan F 18 telah DIUPGRADE) F 18 diupgrade dgn helmet JHMCS yg menjadikanya comparable sama super hornet."The upgrades also make the RMAF’s F/A-18Ds more compatible with the F/A-18E/F Super Hornet, which Boeing is offering to meet Malaysia’s Multi-Role Combat Aircraft needs"..anda newbie ya..patutlah..blajar lg ye
      anak..dadada
      http://richimarichi.blogspot.com/2013/06/malaysia-invests-in-sukhoi-fighter.html
      http://boeing.mediaroom.com/index.php?s=20295&item=2057

      Hapus
    2. dasar orang Malon anjing British, pemakan kotoran ! ayo hancurkan Malon hancurkan malaysia bunuh orang Malon

      Hapus
    3. dari pada lu lon... belum lunas semua... huuuaaaahhhaaaaa..... huhuhuaaaahhahaahahaaaaa......

      Hapus
    4. hai malon....memang benar pespur sukhoi kalian lebih cangih sedikit dari sukhoi kami Indo tapi kenyataannya pilot malon kalah tanding dengan pilot RI. pilot-pilot RI walaupun menggunakan pesawat standart bisa menang melawan F/A-18E/F super hornet Ausi....
      sedangkan Malon hanya Omdo dan koar - koar merasa paling hebat daripada Indo...
      bukti nyata Malo sampai saat ini belum bisa membuat Alutista sendiri,beda dengan kami Indo yang sudah lebih maju dari kalian maloonnnn...dan dunia sudah membuktikan nya.

      Hapus
    5. kowe iki pd ngomg opo,,,,
      g ush ribut bgusn mana, ktny su 30 RI type agktn udra russia. . .
      udh itu g pnting lagi yang penting nawaitu KITA BELI SU-35s min 1 skuad utk tahap I,, ini pentg sbb kita diantr 2 negara (mgkn 3) yg bakal memiliki F-35 ligtning bhkan kynya abbot dah inden 86 bj, apa lagi perimbangnya kalo bkn SU-35, kalo soal biaya ops apa bnr emg sgtu pdhal SU-35 adlh pngmbangn dr SU-27 yg hny $ 21000 per jamny, mask SU-35 nymp $ 33000,, mgkn prlu dhitg ulng x yaa

      Hapus
  16. ane coblos no.1
    ane juga mau dah patungan 200k yg pentin beli yang no.1 biar dapet dikit juga gpp tapi efek nya cetar membahana..

    BalasHapus
  17. waduhh2 pak tempe,ini lg satu pikiran bodoh..mau beli alutsista tp yg lama tidak diupgrade..lebih baik upgrade dulu 16 sukhoi 27/30 basic varian kamu dulu sebelum beli baru..sukhoi basic itu sudah ketinggalan jaman (kerna dibeli 10 tahun lepas) dan masih ompong malah ECM (likie knirti pod & etc)aja kagak ada,gimana mau perang..dah lah pilot TNI banci semuanya..nnti tercirit2 kayak kasus bawean dulu..kapal aussie aja takut nk menghalau..hahaha..itulah dia masalah TNI..banci,alutsista tua dan ketinggalan jaman dan hanya beberapa aja alutsista yg boleh/layak beroperasi yg lainnya hanya duduk di garage..tapi tidak dihebohkan org tertinggi kerana takut jd bantingan..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 14.55 komentar kamu itu kelihatan keluar dari hati yang dengki dan sirik !
      Kalian orang Malaysia tidak usah sakit hati dan merasa kalah ,, karena kalau kami sekarang mulai membangun militer kami jadi lebih kuat dari kalian itu memang wajar dan pantas,, wilayah kami 75% dari wilayah ASEAN penduduk kami 250 juta!
      mengapa kalian yang cuma 15 juta repot mengomentari kami?

      Sirik dan dengki itu bisa mengakibatkan stress !

      Hapus
    2. Tentera Malaysia lebih banci lagi lagii ,,, cuma berani kalau ada British yang bantu!

      Budak british jangan ngomong keberanian disini ! bikin malu nenek moyang kalian saja!

      mana ada tentera Malaysia punya achievement??? tak ada laah ! no body knows Malaysian military!

      Hapus
    3. Sukhoi kita ompong??Malaysia satuni kelamaan hidup dijaman "fir'aun"sampe berita pun out of date hehehe....baca berita yang up to date dulu gih...wuiddiiiihh baru punya perangkat ECM Knirti aja sombongnya alamak..urus dulu si"NURI" kau tu dan gimana MMRCA kau thuu??

      Hapus
    4. bayar donk lonnn... huuahahahahaaa... huhuhuhuaaahahahahahhaha.....

      Hapus
    5. Iya nih malon yg satu ini syrik aja...hussss hussss sana pergiiii...

      Hapus
  18. saya sangat setujuh dan tepat bila TNI memilih jet tempur sukhoi SU 35.

    BalasHapus
  19. SUKHOI 35 bisa menembak10 target sasaran di darat laut udara hanya butuh 5 detik Dalam jarak 300 km , ini semua karna ulah mr tony sallbot ..salbott....bergaya koboi padahal kita tahu yali para manusia buangan dari london ini bak tellor di atas meja broo...hanya pandai menggertak kalau kita telisik tentara ausi hanya 20 ribu itu pun hampir separuh nya tidak siap tempur . Tampa america ausi bakal menuwai yata ...yata cilaka sudah di depan mata tony sallbott...." kita wajip berterima kasih ke tony sallbot broo...ahirnya sukhoi 35 s bakal jadi menthor benteng nkri buat jangka panjang jellas bikin negara segar bugar tampa ancaman embargo .

    BalasHapus
  20. minimal beli 20 unit jadi 4 unit bisa di jadikan skuadron cadangan.. karena kalo ada kerusakan unit cadangan bisa langsung di fungsikan agar jumlah 1 skuadron selalu stand by cukup.. karena jika ada kerusakan proses perbaikan membutuhkan waktu yg cukup lama..

    BalasHapus
  21. kenapa sih kalo malon (atau yg bergaya/menyaru malon) komentar lgs semua pada ribut nanggepin? kagak usah digubris lah..anggap angin lalu,,buang enerji aja. kok gampang bgt kepancing emosi kita ini..

    BalasHapus
  22. Knp F 5 tiger harus dipensiunkn..? Knp negara2 maju yg memiliki banyak pesawat tempur modern masih menggunakn f 5 tiger, sdgkn kita yg sgt sedikit jumlah pesawat tempurnya knp harus mempensiunkn f 5 tiger..? Apakah tidak ada yg tau perbedaan antara pesawat tempur pembom, pejuang, dan pesawat tempur superioritas udara..? Bukankah f 5 tiger bisa digunakn sebagai pendukung serangan pemboman darat..? Su 35 harus kita beli krn kita butuh pesawat tempur yg bisa menghancurkn pesawat tempur musuh yg modern. Tetapi knp harus f 5 tiger yg harus dipensiunkn. Bukankah f 5 tiger dan su 35 bisa digunakan utk saling melengkapi dlm serangan kewilayah musuh, yg satunya sbg penyerang darat dan yg satunya lg sbg penghancur pesawat musuh...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ada alasan buat beli esU35 yg baru dan para tetangga ga pada meriang sementara ef5 masih kok dipakai meronda ato menggebuk musuh

      Hapus
  23. Bwat pak purnomo, sthu sya nggak ad lgi peswat yg bsa gotong rudal brahmos slain sukhoi, apalgi brhmos itu join india-russia, jdi brahmos mmg tlah d desain khusus utk sukhoi...
    Tpi bkan itu yg sya pikirkan, ternyata rudal brahmos sdh menjadi paketan utk 1 skuadron pesawat tempur NKRI yg bru nantiii...
    UNTUK MALON GOOD BYEE BABIIII.... Ckckckaaa

    BalasHapus
  24. pilih no 1 & no 2 dech biar lebih juoss.

    BalasHapus
  25. Kata pak menhan saat keceplosan ngobrol ma tim dr ARC, R.I akn pesan 180 unit SU 35, tapi mengapa dr Panglima TNI dan Panglima TNI A.U jumlahnya malah utk 1 skuadron, malah utk antisipasi panasnya situasi Laut Cina Selatan, antisipasi jika terjadi konflik dng malaysia,australia atau dng negara2 yg tergabung dng persemakmuran inggris raya,bahkan kalau perlu utk SU 35, R.I adakan 16-22 skuadron, mengimbangi australia yg berencana akn adakan 100 unit F 35, singapura yg jg akan adakan F 35, kmdn malaysia yg berencana menggantikan pswt Mignya, n rencana USA yg akn memindahkan 60 % armada tempur trmsk skuadron pswt tempur di pulau cocos n pulau natal serta darwin, kmdn indonesia jg adakan 10 skuadron F 15 dan 3 skuadron F 15 cadangan utk dikanibalisasi, dan 8 skuadron SAAB Grippen.

    BalasHapus
  26. Pilih nomer 1 karna negara tetangga akan memakai f35,klw f15 gripen pa lagi f16 kalah canggih..mudah2an dananya ada dan pemerintah menyetujuinya..
    Smoga

    BalasHapus
  27. Jika ditawarkan hibah, Indonesia perlu 8 skuadron F 16 blok 25 bekas yg diupgrade jadi blok 52 dng 40 unit cadangan utk dikanibalisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coblos no 1......!!1

      Hapus
    2. Hidup no 1. . Yang lain cuma kw2

      Hapus
  28. hmm... ada yg kepikiran ga ketimbang itu f5 di bikin musium lebih baik dijual aja ke afrika atau mana aja yg punya uang & butuh trus di tawari upgrade/perbaikan tapi bayar. ide briliant bukan....

    BalasHapus
  29. 14.55. jangan2 orang indonesia juga ..keturunan teonghoa ingin adu domba jangan licik kalau masih ingin tinggal di bumi indonesia memang cina cina itu licik tenguk singapur tu licik3

    BalasHapus
  30. Yg gua bingung, knp su27SK sama su30MK ga di upgrade aja ya? Jadiin su27SM2 gt, atau ga su30M2. Terus ditambah lg sama su35BM, sangar bener kan?

    BalasHapus
  31. su 27 mkm mlaysia ntu buatan india bukan aslih buatan russia,, nah punya indonesia aslih buatan russia,, dari 16 su 27/30 mlik TNI AU hanya 2 saja yang berusia hampr 10 tahun sisanya MSH BARU SEMUA

    trus yang mw ganti f5 bukan su 35 tetapi grippen swedia,, indonesia membeli 1 skua sukhoi su 35 untuk menambah fighter klas berat saja,, dan bukan untuk ptroli, karena biaya per jam terbang sangat mhal bro.. mencap 400juta rup / jam terbang... santay saaja soal mlaysia mereka akan mundur secara teratur mengenai konflik china selatan,, baru2 saja sudah 2 kali kapl perang china msuk ke perairan mereka,, bahkan dekt pntai,,,

    BalasHapus
  32. Saya pengen TNI beli su- 35 dipajang kupang/medan buat nakut2i Malai-cret, sama2 nakut2i kungkuru dan mereka biar berbisik2 terus kringat becucuran hue...hue...hue.....Ah tidur bentar. Salam persaudaraan...............

    BalasHapus
  33. bosan dengan mimpi2 raka anom yg msh ga ngerti2 juga..
    Punya duit berapa mau beli mimpi itu??
    Rupiah anjok 12000
    bencana dimana2..
    Koruptor dimana2...
    Pemilu bentar lg.
    Sda di kuasai asing.
    Anak muda nya pemimpi kayak lu.. Yg cm minta uang dr mama tnp pernah kerja keras..cari duit dr keringat sndiri tanpa nama ortu..

    BalasHapus
  34. Ssst, sdh berisik!!!

    Gausah timpali smua omongan malingSHITT/MALASya. Mrk ga sk negara lain maju dbanding mrk. Toh sdh bukti nyata perekonomian mrk ketinggalan oleh qta. Mrk tdk pny RASA KEBANGGAAN akan KEMERDEKAAN yg sesungguhnya. Ga kreatif, tkg tiru/penjiplak bhkan mengaku-aku kebudayaan negara lain milik mrk. pantes dsbut MALINGshitt dan MALASya krn malas mengembangkan budaya mrk sndiri. Hutang qta mmang 2000T rupiah (sjk jaman soeharto smp sby duduk RI 1) tp slm SBY mimpin (dr jaman SBY-JK) ada pemasukan 7500T rupiah, msh ada nett brp tuh? beda mas dgn cadangan devisa.Kl mo blanja apapun qta bs, cm pada ngarti ga kl bnsin premium mstinya gausah subsidi? dan gas 3kg knp diintervensi ma parlemen? gas itu NON subsidi, mstinya brgerak dgn arah pasar dunia. Naik dikit pd ribut..., paling lambat thn dpn pun BBM naik ko',...mslhnya, sblm pd ambisi mo tsfer duit bwtSU35, pd demo ga nnti kl BBM premium naik smp 9000 rupiah an? Afrika aj ga pny jenis BBM dbwh 10rb rupiah, dslrh dunia cm neg qta yg prod&jual BBM spt itu...Malu Ah! Aneh, masa snang mengaku misikin? Smua skenario sdh ada sjk jmn orla+orba dmn org2 yg brkpntingan d BBM bermain, dgn alasan membela rakyat kcl. Qta aj msh enak2an menjajah Negara sndiri dgn nkmati produk subsidi. Gmn siap membela negaranya? Neg qta ga kaya2 krn subsidinya sgt besar. Ckplah subsidi tsb utk kesehatan dan pendidikan saja.Krn yg pnting rakyat HARUS SEHAT dan PINTAR. Gausah bsin,solar dan gas d subsidi. Lihat ttangga anda, brp juml mbl dan mtr nya? anak sklh dan kuliah brp juml mtrnya?. Ada org yg tinggal d kontrakan tp bpk, ibu dan anak msg2 pk mtr, bsknya ada wacana BBM mo naik eh dia mlh ikut demo,...aneh...Ko' bs pny mtr 3 bh tp keberatan BBM naik? Tggal uang pemasukan dbwt utk perbaiki infrastruktur jln, jmbatan, pasar, Sekolah, RS dlsb shg distribusi lancar, niscaya hrga brg d medan sm dgn hrga d papua. Tp krn digerus oleh subsidi (thn ini aj hampir300T ???) gmn mo kaya nya?...cb 300T td bwt RS kls A d tiap kecamatan...BISA!! dan kejadian ini sdh dr jmn orla,...bayangkan qta sdh dpt duit brp??? pstinya jmbtan, jln, RS, skl, pasar dlsb sdh beres 20-30 thn yll. Bayangkan qta bs bl kpl induk brp? (walau ga bth) dan alutsista2 kls berat. Smua bkn cm mimpi, jstru jgn remehkan kekuatan dr sbuah mimpi (the power of dream), qta blm trlambat, qta prbaiki smua kelemahan qta, qta tingkatin kekuatan qta. Dgn brstu qta psti bs, qta militan nasionalis,..qta tergerak dgn rasa kebangsaan yg tggi, qta pny rasa nasionalisme yg tggi srta harkat dan martabat yg mnjulang tggi. Ga ada yg ga bs bwt negara qta. Mknya jgn bnyk omong, jgn bnyk caci-maki, apalagi iri dan dengki. INGAT,..yg mnilai qta org lan,..bkn diri qta. Biar aj anjing mnggonggong-kafilah ttap berlalu. ESA HILANG DUA TERBILANG.
    Salam

    BalasHapus
  35. SU 35 aja pak kalau bisa 2 Squadron Mantap
    Jaya Indonesia KU

    BalasHapus
  36. ane pilih SU35 made in Rusia... lebih mantab and garang di banding buatan ASU

    BalasHapus