Selasa, Januari 28, 2014
35
JAKARTA-(IDB) : Kepala Satuan Angkatan Laut Laksamana Marsetio berencana membeli kapal selam kelas Kilo dari Rusia.

"Kami akan melihat dulu dua kapal selam yang ditawarkan itu," kata Marsetio ketika ditemui di acara penyerahan tank amfibi di Situbondo, Jawa Timur, pada Selasa, 28 Januari 2014.

Saat ini Indonesia sudah memiliki dua unit kapal selam tipe 209/1300 buatan Jerman. September 2013 lalu, Indonesia memesan dua unit kapal selam tipe U-209 yang kini dalam proses pembuatan di Korea Selatan. Meski demikian, kebutuhan kapal selam untuk mempertahankan teritorial maritim Indonesia masih dianggap kurang.

"Idealnya kita butuh 12 unit kapal selam, jadi masih kurang lima unit lagi," kata Marestio.
Duta Besar Indonesia untuk Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan proses peninjauan kapal selam yang ditawarkan Rusia akan dilakukan pada Februari mendatang.

"Tahap awal akan ada empat orang yang meninjau kapal itu. Dua kapal selam itu entah nanti dibeli dengan harga murah atau dihibahkan," kata Djauhari. 

Kapal selam kelas Kilo adalah kapal selam militer bertenaga diesel atau kerap dikenal dengan nama Project 877. Kapal ini berfungsi sebagai kapal selam anti-permukaan yang berfungsi di perairan dangkal dan mampu beroperasi dengan tenang atau tanpa suara.

Kapal selam jenis ini memiliki persenjataan berupa delapan roket permukaan ke udara SA-N-8 Gremlin atau SA-N-10 Gimlet. Selain itu, kapal selam ini dilengkapi 18 torpedo atau 24 ranjau dengan enam buah tabung torpedo 533 milimeter.




Sumber : Tempo

35 komentar:

  1. 2 apa 10???
    2 untuk publikasi
    8 buat rahasia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. iiih.. om naga bawel deh.. kalo buat konsumsi bublik dua juga udah cukup pakek bangt deh..
      namun kalo buat rahasia duapuluh juga gpp, gak usah dipublis. hihi.. :P

      Hapus
  2. Pertama tama cara pembelian alutsista harus di benahi mundur maju gak.... on time menjurus gak jellas lebih ketara pembelian ks kilo class . Ini semua akibat tekanan barat penguasa sekarang linglung dan pinplan dari januari team peninjau di undur fepbuari lama 2 hanya pencitraan akusisi ks kilo class krakter lama kurang tegas lamban sudah cerita lama .

    BalasHapus
    Balasan
    1. maju mundur kan buat kamu!
      buat musuh ya biar mereka bingung!
      kok curigaaaa teruuuus? wah stress kali kamu yaa?

      Hapus
    2. Yg stress kamu !!! Atau si beyee...kekuasaan nan jellas bakal lepas hanya tinggal hitungan bulan .

      Hapus
    3. Dari maju mundurnya wacana Kilo ini menunjukkan bahwa Beye tatut banget sama Barat yg sudah loyo menjelang lumpuh kekuatannya.
      Kalo Barat masih setrooong, bisa di tebak pasti g berani beli Kilo, nah ketahuan kalo Beye memang di atur oleh Barat dalam masalah penguatan senjata TNI.

      Hapus
    4. ano 05.30 lu kocak ya.. wkwkwkwk SBY emang beberapa bulan lagi pasti turun jabatan bro... =))

      Hapus
  3. Kalo idealnya 12 dibutuhkan 5 lagi,berarti yang sudah pasti ada diindonesia 7 biji dong? Kalo 2 u209 plus 3 changbogo (yang akan datang),2 lagi yang mana? Berarti betul yang diwikipedia kalo indonesia udah punya 2kilo class?? Atau udah ada persetujuan pmbelian 2 amur class?

    BalasHapus
  4. strategi berita seperti ini saya seneng, antara ya dan tidak, antara mau beli atau sudah beli.

    BalasHapus
  5. Strategi yg bkin mmbingungkn musuh2nya..hehehe

    BalasHapus
  6. jendral
    Kami akan berdoa dan mendukung agar cpt terelasasi,lindungi kami,tanah air,dan negara ini dri ancaman negara musuh.jgn biarkan negara ini di lecehkan dan di injaka2,tunjukkan pda dunia bhwa kita kuat,bermartabat dan punya harga diri..apa pun alutsista nya kami mendukung penuh untuk melindungi harga diri bangsa dan kedaulatan negara ini..

    BalasHapus
  7. Awal 10 biji, berubah 2 biji, setelah penjajakan tidak jadi beli. Lagu lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeluh mulu..
      itu lagu lama dari kamu.. =))

      Hapus
  8. Hanya rencana akusisi kilo class sudah berumur 8 tahun , berita hoakk...di ahir pemerintahan ibu negara yg terkennal kamaruk !!!
    Iyaa...toh ano 00 ,30

    BalasHapus
  9. jangan2 setelah di cek dari 10 KS bekas yang akan dibeli cuma ada 2 yg layak operasional jadi itu yg diambil....

    BalasHapus
  10. Ha..ha..ha...mantap beli cuma 2 kilo, itulah strategi militer, soal jumlah alutsista yg pasti memang tidak pernah ada yg tahu... Ini strategi militer yg pernah di pakai waktu perang dingin antara Rusia dan Amerika, pihak Amerika di buat pusing karena tdk pernah bisa mengitung jumlah pesawat yg Rusia yg pasti ada berapa.. Kalo soal type ato jenis senjata yg bakal di beli, publik tau ga pa pa... Tapi kalo di tanya jumlanya ada berapa ?...jawab ada 2, benar...ada 5, betul....ada 10, hmm bisa jadi ada segitu... Ha ha ha...soal jumlah yg tau hanya TNI AL, DAN ITU TDK AKAN DI PUBLISH UTK UMUM...ITULAH STRATEGI MILITER

    BalasHapus
  11. Ya beli kapal selam harus teliti karena itu harga mahal dan pakai uang rakyat! Jangan seperti malingsia beli 2 scorpene class tp harga di mark up tinggi, tp yg datang kapal selam bobrok sering keluar masuk dockyard. Jangan-jangan malingsia jg beli kapal selam protothype bekas uji coba yg disempurnakan, trs DCNS kasih label scorpene class?
    Lebih baik punya 2 kapal selam body tua tp system canggih (U-209), dr pd punya 2 kapal selam baru tp bobrok sering masuk bengkel trs (Scorpene)!

    BalasHapus
  12. Gak yakin dengan berita ini, penjajakan beli 2 KS KILO Class. Sepertinya 2 KS udh dimiliki Indonesia tapi dirahasiakan saja. Supaya bisa dibuka di publik dibuat berita Indonesia mau beli 2 KS ini. Sedangkan untuk yang KS KILO Class hibah itu beda urusan lagi. Ditahun 2020 kira2 Indonesia sudah punya berapaya KILO Class-nya

    BalasHapus
  13. kira" bisa luncurin rudal yang dimau menhan ga ya?? yang jangkauannya 400km (S.club) lumayan itu buat down tetangga. haha

    BalasHapus
  14. bangunlah dari mimpi..mimpi udah punya 2 kilo yg dirahasiakan..ck..ck..ck...hadapilah kenyataan, kita mudah banget disadap oleh negara lain..satelit mata2 jaman sekarang itu resolusinya tajam bgt..trus mimpi kita punya asset segitu gede dan negara lain pada gak tau?..bangunlah dari mimpi....strategi militer apaan?...mimpi yang real adalah pembelian alutsista yg sudah jelas dipublish, itu aja...sekali lagi bangunlah dari mimpi..mimpi yang tanpa sadar membuat kita jadi inferior

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..Gan. Tapi jangan lupa...KAPAL SELAM itu sangat kecil jika dibandingkan luasnya WILAYAH LAUT kita. Pulau kita sebanyak 17.000 pulau, tentu sangat mudah untuk menyembunyikan di salah satu pulau tersebut. Belum lagi adanya goa2 di pantai selatan pulo jawa yang SUDAH PERNAH digunakan oleh NAZI sebagai GARASI U BOAT pada PD 2. Di selat Halmahera terdapat goa2 dan laut yg dalam yg dulu pernah dipake untuk GARASI KS WHISKEY class, demikian juga di Biak....banyak goa bekas GARASI Kapal Selam Jepang dan German. Jadi untuk menyembunyikan KAPAL SELAM di INDONESIA enggak sulit. Dan menurut KABAR ANGIN di P. Panaitan juga nongkrong KS misterius....untuk menjaga chuck point ALKI he...he...

      Hapus
  15. misteri kilo, strategi yg bikin musuh bingung....hahhahaha...musuh ga bingung lha wong mereka tau emang ga ada kok...post power syndrome karena ga bisa menerima kenyataan bhw di tahun 60an militer kita garang tapi sekarang jauh tertinggal sama negeri jiran....yg benar adalah "strategi membikin rakyat dan military fan boys bingung"....saya cinta RI...bikin komentar gini pasti lgs di cap "antek asing" "malon detected" bla..bla..bla..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia tahu kalo Indonesia punya kilo..makanya MENHAN Malaysia minta tambahan Scorpene. Australia tahu kalo Indonesia punya Kilo, makanya berencana untuk menggantikan Collins classnya dan mengirimkan Nota Diplomatiknya. Jepang tahu kalo Indonesia mempunyai Kilo dan menanyakan " Untuk apa Indonesia membeli KS yg cukup banyak dari Rusia padahal tidak dalam keadaan perang ...". Banyak potongan PUZZLE yg kalo dikumpulkan ...akan terbentuk gambar sebenarnya.

      Hapus
  16. emang kalau pun kita sudah ada ks kilo misalnya.. apa mereka bilang2 semua tuk ano termasuk saya gk yeaa..? he...3x

    BalasHapus
  17. ano 12.57, emang pernah ada yg komplain klo tni al ga bilang2 punya ks ke ane? heheheh lucu deh elo..ane ga perlu komplain..karena hakul yakin emang barang itu ga ada....hahahhahahaha...kalo emang punya nih ye ane kasih tau...pasti diumbar-umbar lah itu barang...kan katanyaaaa buaaat detereeeennn eeefeeeekkkk...hahhahahahhahahhahaha.....bangun oi banguuuuunnnnn jgn mimpi muluuuu...maap yg jgn ada yg komentarin ane dgn bilang "itu strategi militer bos"..."itu rahasia negara bos".."itu bla..bla..bla..bla"..ga laku.....ini panglima tni al pasti sedih klo baca khayalan soal ks ini...sambil mengguman "i wish..but sadly we dont have"..

    BalasHapus
  18. anak kecil ngambek.. ha..3x

    BalasHapus
  19. sama hebat nya yang atu yakin yang atu kagak.. haaaa..haaaa..haaaaaa....!

    BalasHapus
  20. Sudah jgn ribut poor 1 saja..

    BalasHapus
  21. ikut nongkrong aja aah sambil ngopi yaa mas brow.. hehee...
    kali aja ada scor.. lewat, biar tasentil pakek kentut

    BalasHapus
  22. Berpikir realis, ya bungkus aja F 35 dan Su 35 BM. Obama juga sudah menawarkan kita F 35, juga Om Ruskie tawarkan Su 35. Nah kita bungkus semua aja lah. klo tiap tahun dana yang digelontorkan buat pertahanan kita di sekitar 90 trilyun tiap tahun kan masih bisa dianggarkan 20 trilyun buat beli dua jet tempur ini kan.? Sisanya buat beli Kapal selam yang baru kelas Lada sekalian atau amur. (boleh dibungkus juga Ks killo bbrpa biji untk kebutuhan yg mndesak) . Kan gak perlu ribet. Juga untuk rudal jarak jauh nya sekalian dibungkus SAM 300-400. think smart heheh

    BalasHapus
  23. cuma beli 2 kapal selam kelas kilo bekas itu keputusan bijak. 5 yang lain beli baru. hehe. Kelas LADA atau amur atau KS paling baru dari jerman klas 212 yg dahsyat itu. aku kok dikit happy jika pmrintah cuma beli KS Kilo 2 bekas, mgkn di benak Menham beli barunya 3 lebih. kwkwkwwk

    BalasHapus
  24. hahaha wa jd inat wktuKASAL keceplosan,, saat ini kita baru punya 2 kita membutuhkan miniml 12 kapl selam jadi kita msh kurang 5 kapl selam lg untuk mengkover seluruh wil indo. kah kah kah coba anak tk mna yg pda ga ngerti :p

    BalasHapus
  25. bener2 bkin bingung yaaa??? kah kah kah rakyat aja bngung ap lg musuh :P :P :P eh mw nanya knp ya aust. wktu neroos TNI sediakan armda tempur ,sedang mlaysia terobos cm 4 kri yg dipersiapkan,, pdhal aus sudah mnta muup melalui mentrinya,, nah mlaysia udah nerobos ga mnta muup pula :p

    BalasHapus
  26. eh bung nirwana kalem wa dpt ramlan dr sebelah nih katanya korvette pchim class mw di ganti sm sigma klass,, trus van speijk class mw ganti sm hmmmmmm

    tau ga ganti am kapl ap...??? hihihi katanya sih talwar klass... eh biasanya ramlan beliau jarang meleset lhoo...

    BalasHapus