Sabtu, Februari 01, 2014
43
TANGERANG-(IDB) : Kini, Indonesia memiliki Pesawat Pengamat Wilayah. Lapan bekerja sama dengan Universitas Berlin, Jerman, berhasil mengembangkan pesawat pengamat yakni Lapan Surveillance Aircraft (PK-LSA01). 

Pesawat ini menjadi bagian pemanfaatan untuk kepentingan memotret wilayah di Indonesia. Selasa (28/1), Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana meresmikan Pesawat LSA di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) Ditjen Perhubungan Udara, Curug, Tangerang.

Program pesawat LSA ini merupakan bagian dari program utama Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Lapan. Selain LSA, Pustekbang juga memiliki program pengembangan pesawat tanpa awak (Lapan Surveillance UAV – LSU) dan program pengembangan pesawat transport nasional (N-219).

Pesawat LSA memiliki beberapa misi yakni akurasi citra satelit, verifikasi dan validasi citra satelit, monitoring produksi pertanian, aerial photogrammetry, pemantauan, pemetaan banjir, deteksi kebakaran, search and rescue (SAR), pemantauan perbatasan dan kehutanan, serta pemetaan tata kota.

Misi pesawat LSA ini dapat memperkuat sistem pemantauan nasional. Indonesia yang berpulau ini sangat memerlukan sistem pemantauan wilayah. Selain menggunakan teknologi satelit, diperlukan pula sistem pemantauan yang lebih impresif dengan menggunakan pesawat terbang. LSA tersebut sekaligus memperkuat penguasaan teknologi terbaru pesawat terbang.

Pesawat LSA ini juga mampu mengakurasikan data dari foto citra satelit dengan resolusi tinggi yang telah digabung dengan satelit-satelit lain, dan mampu konfirmasi ulang langsung di lapangan secara acak. Dengan kemampuan terbang non-stop selama 6-8 jam, jangkauan tempuh 1.300 kilometer, dan dapat membawa muatan hingga 160 kg, LSA ini berpotensi untuk melakukan patroli sistem kelautan di Indonesia.




Dalam peresmian LSA, Kepala Lapan menargetkan selama lima tahun ke depan, pesawat ini dapat memiliki fungsi autonomous. Menurut ia, keuntungan sistem autonomous selain dapat bermanuver secara otomatis, kualitas dalam menjalankan misi surveillance dapat lebih presisi, efisien, dan efektif. 

“Dalam skema prosesnya, awalnya pesawat ini masih dikendalikan oleh pilot untuk lepas landas dan mendarat. Dan setelah mengudara, sistem autonomous ini akan aktif sehingga tidak memerlukan kendali dari pilot. Namun, jika ada hal yang tingkat urgensitasnya tinggi, pilot dapat mengintervensi,” ujarnya.

Saat ini pesawat telah siap dan sudah melakukan tes penerbangan perdana (flight test), ia berharap pesawat ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kebutuhan surveillance di Indonesia.




Sumber : Lapan

43 komentar:

  1. tidak ada alasan apapun memaksimalkan kemampuan.. lakukan yg terbaik untuk Nusantara

    BalasHapus
  2. Dg kepercayaan diri..Indonesia setapak demi setapak akan menunjukkan jati dirinya sebagai negara besar

    BalasHapus
  3. Negara besar.mana ada negara besar. Yg ada negara bodoh.negara yg penuh korupsi.. Lebh baik pesawat itu di gunakan tni untk ngintip cewek mandi di sungai...lbh bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bodoh lagi anda ,,, mental pecundang pasti di besar kan dari hasil korupsi

      Hapus
    2. Lebih bagus lg klo pesawatnya ngangkut bom, terus ngebom rumah mu. Bagusnya orang kayak kamu di mensahkan aja dari muka bumi ini. Hidup nggak bermanfaat

      Hapus
    3. Semoga ano 19.15 cepat dipanggil oleh yg maha kuasa,amin...

      Hapus
    4. Manusia brengsek kayak gini yang bikin indonesia ga bisa maju...bagusnya otaknya dikeluarin trus diganti sama kotoran anjing

      Hapus
    5. to Ano 19.15: Ya Allah,enyahkan lah orang ini dari muka bumi karena tiada manfaatkan yang bisa disumbangkan, kecuali hanya membuat keonaran. Ya Allah, janganlah Engkau memberinya anak dan keturunan karena hanya akan membuat kerusakan di muka bumi

      Hapus
    6. Y ALLAH BERIKAN LA BENCANA BESAR KE ATAS PULAU JAWA DAN ORANG ORANGNYA. BERIKAN LA GEMPA BUMI YG MAHA DAHSYAT DAN TSUNAMI LBH BESAR DRI ACHE.KRN ORG JAWA DA MEMBUAT KERUSAKAN. PELACURAN.ANAK MEREKA,ISTRI2 MEREKA DIJUAL DI JADIKAN PELACUR..HANCURKAN PULAU JAWA.LETUSKAN SEMUA Y ALLAH GUNUNG MERAPI YG ADA DI JAWA.AGAR SUPAYA PULAU JAWA HILANG DRI BUMI.. Y ALLAH TERIMAH DOAKU.AMIN YA RABBAL ALAMIN.

      Hapus
    7. hahahahahahaha indon bodoh. Woi indon kao punya org kat malaysia jadi pembantu tak malu ke.hahahaha ko da di takdirkan jadi negara bodoh.jadi negara miskin..mari kita happy indon akan hancur.da terkepung.hahahaha saye nak potong kepala kao indon.. Tengok la.ada AUSTRLIA.US.MALAY.SNGPR.PHLIPINA..NEW ZLND. Kao indon nak minta tlg ma siapa.. Ma cina no way.cina tak nak tlg.. Indon bodoh.kejap lagi kao di jajah bodoh. Apalg jawa suku paling miskin,suku paling bodoh. Sy tanya kawan org singpura dia cakap pelacuran di indon mayoritas kaum jawa 90%.. Berapa di jual cibai jawa. Ada 5 ringgit.hahahahahahaha.. INDON NEGARA KETIGA TAK LAMA LAGI HANCUR.DIJAJAH MA MALAYSIA MA SEKUTU SEKUTUNYA. HAHAHAHAHA INDOOOOOONN BOOOODOOONH.BODOH

      Hapus
    8. Udah maling banyak cakap...sana jadi temennya simata satu

      Hapus
    9. Malon gak sadar kalo kapal china udah nangkring di james shoal buat invasi malon,disini mrk banyak bacot,giliran ditantang china perang diem aja,,

      Hapus
    10. Malonte...MAU DIASAPI LAGI KER SEMINGGU....UHUK UHUK UHUK....xixixi

      Hapus
    11. ORANG INDON MEMANG BODOH. DIA TAK TAU KALAU SELAMA INI LAPAN YG DIA BANGGAKAN TAK TAUNYA CM PENIPU.LAPAN ITU BODOH KORUPSI.INDON DA MERDEKA TPI MASH DI TIPU YG NAMANYA LAPAN.. INDON BODOH..Y MOGA2.PULAU JAWA SUMATRA HANCUR KENA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI..AMIN

      Hapus
    12. Kawan2, jangan terprovikasi dengan maloner2 ini. Mereka cuma iri karna negarax ngak bisa buat apa2. Dan hasil karya lapan ini salah satu bukti bahwa indo lebih baik dari bangsa tetangga maling yg suka iri.

      Hapus
    13. Dasar malon tak tau malu, kamu pasti agen kerajaan kan? kamu pasti anggota TUDM (Tentara Upin Diraja Maling) lulusan tadika mesra kan? hayo ngaku aja kamuu..

      Hapus
  4. Ada orang gila hahahahhhaha pasti hidup si ano 15.19 serba galau jadinya mencak2 tidak beralasan kasian dech lo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukanya gila.tpi kamu syarip yg BODOH.TOLOL.GOBLOK. Org di atas itu menyindir lapan...dalami bodoh kata katanya. Apakah indo negara besar. Tanya ma suku sukunya adakah suku2 di indo bersatu. Jaman dlu ma skrg da gak sama..kalau pulau jawa di serang,ini kata org kalimantan biarin aja.tanya ma papua gk akan munkn membntu. Tanya sulawesi apalg.memang org sulawesi keras kepala apalg ekonominya baik.pengagguran kurang.kemiskhnan kurang.

      Hapus
  5. Ano 15,19 keluar lo dari NKRI dasar otak babi

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMU YG OTAK ANJING. BODOH..KAU JAWA Y.TOLOL LOE.BURUH Y MAMAKMU PELACUR Y.BAGI DONK.APA KAMU ADA ISTRI Y.NANTI AKU ISAP MEMEKNYA.KAMU AKU BUNUH.ISTRIMU ATAU ADA ADIKMU CEWEK NTR AKU KASI ANJING SURUH NGENTOT... JAWA MA BABI GK BISA DI BEDAKAN..

      Hapus
  6. ini hasil nya yg beberapa bulan lalu gembor2 lapan mau buat pesawat

    hasilnya kerennnn dan untuk kdepannya N219 pasti terealisasi
    subsidi 300T aja snggup ampe nyetak orng yg selalu meminta2 kayak ano 19.15
    masa buat pesawat yg harganya 50M gk bisa

    BalasHapus
  7. psti ni hasil tot nya pesawat grob

    BalasHapus
  8. seseorang akan berupaya mencari perhatian untuk suatu hal, entah tujuan positif atau negatif tergantung pada tujuan tersebut, mungkin sekedar uji mental bahkan populer.. dimana akan menikmati hasil dari perbuatan yg sudah barang-tentu setimpal dengan apa yg dilakukan.

    BalasHapus
  9. Selamat untuk lapan n smoga di priduksi yang banyak. AU dan AL pasti butuh yg model ginian, apalagi klo ada centelan ma smb di sayapnya, serasa penempur PD II canggih.

    BalasHapus
  10. Kalau g salah itu pesawat buatan Austria, dan saya perah menyaksikan videonya beberapa tahun berselang.
    Pesawat tsb memang khusus di pakai sebagai pesawat Surveillance dan mampu terbang non stop selama lebih dari 6-8 jam, benar pesawat dapat terbang rendah, mempunyai peralatan komunikasi dan perangkat surveillance lengkap dan real time sistem.
    Dapat difungsikan sebagai pesawat pemantau lalu lintas, bencana alam ( tapi kalau gunung berapi spt gn. Merapi atau Sinabung apa mampu karena awan bercampur lapili dan awan panas menyembur dari magmanya jangan 2 pesawatnya ikut leleh).
    Pesawat itu tergolong murah meriah dan bukan produk pabrik pesawat Grob Jerman yg mempunyai banyak kendala.
    Mungkin LAPAN beli dengan menggandeng Universitas Berlin karena seperti diketahui, Universitas Berlin ini sejak lama berhutang budi pada SDM Indonesia yang berhasil membuat solusi pada peoyek antariksanya terbukti sebagai hadiah maka Universitas Berlin memberikan hadiat Satelit "TUBSAT" kepada LAPAN.
    Satelit "TUBSAT" sejatinya merupakan satelit generasi "Sputnik"nya Rusia, jadul banget.
    Itulah hebatnya SDM Indonesia, tapi kalo kerja di Indonesia sebagai birokrat orang pinter pasti hanya sebagai Dosen, Peneliti, sedangkan yg sekedar pinter malah jadi pimpinan korupsi dan berhasil lihat saja buktinya sendiri.
    Jebreeettt!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang boneng om?...kirain rancangan sendiri krja sm Univ. Berlin. wah sebaiknya lapan bersinergi sm PT.DI buat yg model ginian. Pasti bisa.

      Hapus
    2. Boneng lah! Mosok tipu2x.
      Kapan LAPAN mampu membuat pesawat ? Emang bisa ujug2x jadi?
      Kalau UAV memang benar, dan prototype sudah berhasil dan hasil kerjanya memang hebat mungkin akan jadi saingan UAV Heron Israel di pasar UAV.
      Dan LAPAN juga sudah berhasil membuat Rudal dengan jangkau 100km.!!!
      LAPAN juga sudah berhasil membuat rancang bangun dan sekaligus uji coba pesawat N219 yg akan di produksi PT DI.
      Konon Lion Air sudah pesen 100 unit, belum daerah yg kalau di kumpulin produksi pesawat N 219 itu nanti akan Break Even Point dalam jangka waktu kurang dari lima tahun.
      Hebat khan????

      Hapus
    3. sok tau loo.. mabok kecubung yah?
      wkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  11. hahaha mlon lg strees gan soalnya kmrn mereka ga bisa buat ap2 wktu kapl perang china msuk wilayah mereka bahkan PLA sempt berupcara di atas kapl n tak lup show of force sambil mncin ikan,,,
    bahkan sangat dekat dengan wilayah pntai mlaysia ,, skrg coba jelaskan kemna tdm mu yang gagah perkasa bertamdun se dunia dan se akhrat ? sembunyi kah ? mso di wilayah sendiri semunyi... lawan dong krim kd peronda byar seruuu :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gorontalo. TELE LILAMU IYYO.

      Hapus
  12. coba jelaskan soal gambar yang ini,,, http://3.bp.blogspot.com/-odXt_edk0Y4/UuXua-HX29I/AAAAAAAAFk4/KYtOyzY26Ns/s1600/jameshoal.jpg

    d situ mlter china jga mempublikasikan kehadiran militer mereka di jhames shoal yang oleh mereka dsebut Zengmu Reef,,, dan mereka serius akan mempertahankan Zengmu Reef smpy titik darah penghabisan,,

    ayo lon jangan kalah krim kapl perondamu,, ayo gunakan pengalamn mu saat membebaskan tentara amerka wktu di kepunk milisi afrika,, gunakam pengalamnmu saat membantai psukan kerajaan sulu, janan lup sertakan su 35 yg engkau blg sudah engkau beli sejak tahun 2007 silam, jgn lup su 30 yang selalu enkau bangga banggakan,,

    msa kalian mw kalah sm TNI yang kw katakan pengoleksi benda2 antik,, buktinya TNI yng dengan kapl2 klasik bisa kok mengirimkan armda tempurnya smp wilayah dekat australia,, bahkan membuat australia menarik seluruh psukan yg bertugas di luar negri dan menunjuk mentri peperangan...TNI bahkan menghadapkan kapl2 tuanya untuk bertatapn denan kapl2 RAN yang cangih..

    hehehe

    BalasHapus
  13. Bukankah australia mmg sudah niat menarik pasukannya sblm akhir tahun lalu,cmiiw,,

    BalasHapus
  14. menurut si abutt katanya armada tempur yg bertugas di luar negri mau ditarik n menunjuk mentri khusus peperangan

    BalasHapus
  15. tak ada angin tak ada ujan...
    eh muncul ni pesawat...
    gitu dong...jangan di gembar gemborkan dulu sbelum terwujud....

    BalasHapus
  16. Tdk cukup dengan ntu aust juga akan mempekerjakan mntan tentara uk yg pecat krna pengurangn anggrn mlter.. serta menunjuk mertr peperangn..

    BalasHapus
  17. iya ... malon seharusnya kamu urusin tu james shoal jangan koar-koar'' jaguh'' aja kamuh, kirim segera kapal perang mu ke james shoal kalau memang berani...

    BalasHapus
  18. Kata pak mayjen(purn) Tubagus, militir ausy tidak ada apa2 dibanding militer kita... sy dn mungkin smua rakyat tdk kira demikian adanya... so, Militer kita hrs merubah sikap yg terlalu rendah hati kpd asing, militer hrs arogan thp arogansi... kami tunggu gmn Kalian Militer membesarkan hati bangsa yg bangga menggelontorkan trilyunan rupiah utk sukhoi 27/30, BMP3F, Leopard 2 revo, ks cbg, yakhon, dll. dn smg kami dptkan lagi jet tercanggih pilihan kalian su-35, ks kilo permintaan kalian... jd, TOLONG rendah hati kalian kpd kami, bkn kpd mereka!!!...
    TOLONG JANGAN DIBALIK YA!!!

    BalasHapus
  19. Kita sekarang memang hrs mulai arogan dan asertif pada negara tetangga yg banyak tingkah. Sekarang kita harus tekan itu malaysia yg dl sgt banyak tingkah pd Indonesia, baik secara politik dgn dukung partai opsisi malaysia, militer dgn dukung operasi militer china di james shoal, sosial dgn internasionalisasi isu diskriminasi rasial, dan ekonomi dgn moratorium TKI.
    Kalau lawan Singapore dan Australia hrs dgn cara sedikit licik dan sedikit kasar sprti sekarang.

    BalasHapus
  20. sabar bung qt NKRI bukan negara agressor seperti yan lain,, politik luarnegri kita pun zero enemy billion friends,, alutsista yang kita belipun bukan alutssta yang tujuanya untuk offensif,,

    tapi tenang saja skr kemenhan sm pk peresiden suda bkn kongabwilhan,, msg2 kogabwilhan akan mendaptkan alutsista sesuai dengan ancamn dr wilayah yg di diami,,,

    mesalkan kogab selatan,, ancamnya ap misalkan australia ya di kasih alutsista sesuai untuk melawan aust,, kalo utara ancamnya ap mungkin mlaysia china singapore ya sesuaikan alutsista untuk bertahan dr 3 negara tersebut...

    kita bukan negara agresor,, negara agresor psti akan tumbang lamat laun,,

    tenang aja gan sambil menunggu alutsista pd datang sya ksh bocoran sedikit,, mungkin grippen swedia akan melengkapi TNI au menggantkan pesawat f5,, bukan su 35 ,, su 35 itu untuk menambah daya gemmpur bukan untuk menggantkan f5,, jumlah f5 TNI cukup bnyak lhoo msa mo anti su sm su 35,, berat di ongkos bung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut ane hub. Indo dg aust akan membaik setelah abbott lengser,toh warga aust banyak yg tidak suka dg abbott, jd tergantung siapa yg mimpin,,

      Hapus
  21. Apresiasi buat lapan,trs tingkatkan semangat rancang bangun dg tdk pernah meyerah..riset riset dan riset untuk kesempurnaan teknologi modrn,..biarkan anjing menggongong mantapkan hati trs melangkah demi KEJAYAAN NKRI teruskan nilai2 luhur para pejuang dg hasil nyata demi kemajuan bangsa....by:gajah mada

    BalasHapus