Jumat, November 15, 2013
22
MOROTAI-(IDB) : Tim Lapan kembali melakukan survei lokasi untuk memastikan peluncuran roket di Wilayah Kecamatan Morotai Timur (Mortim) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) pada Desember 2013 nanti.

Peluncuran roket dari tim Lapan yang sebelumnya akan dilakukan pada bulan November, dipastikan akan ditunda pada pekan kedua bulan Desember 2013, kata Wakil Bupati Pulau Morotai, Weni Paraisu ketika dihubungi dari Ternate, Kamis.

Ia mengatakan, dari tim Lapan kembali melakukan survei lokasi untuk peluncuran roket untuk memastikan tempat dan titik koordinat yang akan ditentukan untuk peluncuran nanti.

Menurutnya, selain melakukan penentuan titik koordinat tempat peluncuran roket dari Tim Lapan, rencananya dari tim Lapan juga akan meluncurkan pesawat tanpa awak yang akan dipantau melalui monitor.

Selain itu, pesawat tanpa awak sendiri rencana diluncurkan sebelum melakukan peluncuran roket yang berdiameter sekitar 50 mm guna memantau situasi dan keadaan sebelum dilakukan peluncuran roket.

Jadi bukan roket saja yang akan diluncurkan, tapi juga akan meluncurkan pesawat tanpa awak yang akan dipandu melalui monitor pengawas untuk memantau keadaan situasi sebelum dilakukan peluncuran, katanya.

Sekedar diketahui, untuk lokasi peluncuran roket lapan sendiri nantinya berjarak minimal 1,5 km dari pemukiman warga.

Bahkan atas peluncuran yang akan dilakukan, dari Lapan sendiri sebelumnya meminta dukungan dari Pemda Morotai untuk melakukan peluncuran roket yang dilokasikan di sangowo Mortim sebagai tempat peluncuran.

Wakil Bupati menyatakan, pemkab sendiri merespon kegiatan peluncuran roket dari Lapan, sementara untuk persiapan-persiapan yang akan dilakukan nanti dipastikan pada awal Desember sudah disiapkan, mulai dari bangunan untuk operator, VIP, dan beberapa tenda untuk para tim yang akan datang termasuk para pengunjung yang akan menyaksikan. 




Sumber : Antara

22 komentar:

  1. roket 50 mm.??? ngga salah tuch..??**

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin IDB belum bisa memastikan roket apa yg akan diuji coba bulan desember nanti.untuk lebih gampangnya ditulislah roket 50mm.baiklah kita tunggu informasi selanjutnya.

      Hapus
    2. ane juga bingung sob klo 50mm = 5cm

      roket yang diameter 5cm tu roket apa :-?

      Hapus
    3. 50mm=berjarak 5 Meter.

      Hapus
  2. Ini dia yang saya tunggu tunggu, Roket Experiment (RX 550) segera mengangkasa dari Morotai di pertengahan bulan Desember 2013.
    ini berita bagus harus diikuti terus updatenya.
    kalau tidak salah Lapan juga sudah membuat RX 750,wah pastinya lebih besar dan lebih tinggi lagi terbangnya,kira kira kapan akan di uji terbang ya ? Ayo Indonesia bisa !!!

    BalasHapus
  3. Ƴɑ̤̥̈̊É‘̤̥̈̊É‘̤̥̈̊ bagus tapi jgan di tunda lg,,,,,

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. terus kirimkan ke kepala lu!

      Hapus
    2. ano 06.34
      kepale lu ajee cookk,yg isinya T 41 K

      Hapus
  5. setiap hari dinanti2 beritanya, baru kluar sekarang....
    semoga bisa mencapai 300km++ tanpa kendala,, tinggal penelitian selanjutnya RX750

    BalasHapus
  6. Cikal bakal rudal RAKATA,rudal surface to surface,rudal surface to air,dan roket antariksa. Maju indonesiaku...kita pasti bisa.

    BalasHapus
  7. Usul nama rudalnya nanti KRAKATAU, biar ledakannya super dahsyat seperti namanya, kalo bisa kita bikin yang bisa dipandu GPS, atau semi active radar homing biar pas jebret di menara petronas atau di tengah-tengah markas tentara aussie di Darwin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane dukung gan, KRAKATAU nama'y terkenal bukan cuma di indonesia tapi sudah mendunia dengan effect ledakan dahsyat, cuma orang luar menyebut nya KRAKATOA.

      Hapus
  8. bisa dipasang di sukhoi nggak pak?.. kebayang kalo dah jaraknya 3 digit.. he..3x

    BalasHapus
  9. sebelum melucurkan roket berdiameter besar akan di luncurkan dulu yg ukuran 50mm yg di gunakan untuk menguji kecepatan angin..dsb..apabila aman dgn cuaca baru deh 550mm dstnya mengangkasa bro...

    BalasHapus
  10. Kalo di lihat dari foto diatas.kemungkinan jenis Rx 550mm dg panjang 9 meter,memiliki jarak jelajah max 250 km dg servis ketinggian 15000 kaki,kecepatan 4,5 x kecepatan suara. Ok lah kalo begitu.

    BalasHapus
  11. aku hanya bisa menyumbangkan doa dan semangat saja...
    ayo lapan kau pasti bisanya.... hinaan jadikan motivasi buat kau lek...

    BalasHapus
  12. Untuk LAPAN, jgn terlalu berharap banyak karena lembaga itu hanya bergiat di bidang penelitian dan pengembangan.
    Kegiatannya hanya membuat experiment tidak lebih tidak kurang.
    Jangan berharap lembaga itu akan membuat roket atau peluru kendali untuk pertahanan / militer.

    BalasHapus
  13. Semoga LAPAN berhasil meluncurka'y.., dan pasti tetangga sebelah gk bisa tenang dgn keberhasiln LAPAN..

    BalasHapus
  14. Pak kesiapan roket dipercepat dong, tetangga kita ausie sdh rese tuh, kalau bisa roket kita bisa melintasi langit ausie tanpa terdetect biar sadar dia.. Go Indonesiaku!

    BalasHapus