Sabtu, Oktober 12, 2013
15
BANDAR SERI BEGAWAN-(IDB) : Pemerintah China meminta sengketa Laut China Selatan diselesaikan secara damai. China berebut wilayah di Laut China Selatan dengan Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei.

“Laut China Selatan yang damai adalah berkah bagi kita semua,” ujar Perdana Menteri China Li Keqiang, seperti dikutip AFP, Kamis (10/10/2013).

Li menyatakan hal tersebut dalam pertemuan ASEAN di Brunei pekan ini. Li adalah orang kedua di Pemerintah China setelah Presiden Xi Jinping.

“Kita harus bekerja sama untuk mengembangkan Laut China Selatan menjadi wilayah yang damai dan bersahabat,” lanjut Li.

Sengketa Laut China Selatan menjadi duri dalam hubungan China-ASEAN. China selama ini dianggap bersikap arogan kepada negara ASEAN yang lebih lemah.

Laut China Selatan diperebutkan karena lokasinya yang strategis di antara jalur pelayaran dari Negara Barat ke Asia Pasifik. Wilayah tersebut juga diduga mengandung banyak kekayaan alam.





Sumber : Okezone

15 komentar:

  1. 1000%...cina takut sama nkri...sejarah mencatat...konyol klo pla nyerang natuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. ano 17.00

      Lcs...natuna itu tidak di ikutkan dalam sengketa pak boss,kalau berfikir yg relatif dan aktif,,,tidak ada hbganya dg china Takut Nkri,china sudah mmbuka jalur damai,,tinggal Usa aja yg malu kepala nanggung, karena Usa jg ntr dpet jatah dr anak buahnya cecunguk" malon,filip,brunei,etc lah,,
      kalau trjd perang ttg mmasalah Lcs,perekonommian akan shut down, dan bila china engalai kekalahan,china pun akan dan hrus bayar atas kekalahanya,,

      bisa jadi cuma akal"an china.. Krn china sdh di kepung bnyak negara,darilaut cina timur dg jeepang dan taiwan, ,
      china mgalah jg masih dapet jatah tnp hrus berperang,

      Hapus
  2. 17.00 jangan asal bunyi aja....natuna tdk trmasuk dlm sengketa coy...wkwk...ketauan km cuman jago cuap cuap

    BalasHapus
  3. Gue yakin ini siasat cina buat menguasai pelan-pelan LCS dengan topeng "Kedaulatan Bersama di LCS" dan mencegah makin berkuasanya USA lewat sekutunya di ASEAN. Gue bilang begitu berdasar asumsi jika cina menebar permusuhan dengan negara ASEAN, notabene mereka bakal mencari aliansi yang kemungkinan besar adalah USA, ini jauh lebih bijak buat mengambil hati negara ASEAN supaya tidak menentangnya. Jadi walaupun angkatan perang ASEAN tidak sekuat China, beberapa negara ASEAN memiliki perjanjian pertahanan yg melibatkan negara "luar kawasan". Tapi menurut gue sikap China ini ada baiknya juga, selain hubungan China-ASEAN akan makin harmonis dan tentunya jalur LCS bakal dikuasai negara-negara kawasan ini. Sikap China yang lebih "sopan" akan mencegah hegemoni USA di LCS meluas. Dan setidaknya bakal terjadi keseimbangan kekuatan antara USA dan China di LCS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulasan yg menarik seperti ulasan dari forum sebelah,di analisis militer..
      Koment seperti ini yg mmembanggakan bangsa dan udah di cerna..

      Salam 1jiwa nKri

      Hapus
    2. Untuk bung @Banas patie, ulasan ini cuma berdasar hobi dari suka membaca info-info dari situs seperti Analisismiliter.com jadi gue cuma mengaplikasikan apa ilmu yang gue dapat. Sukur-sukur kalau bisa bermanfaat. Semoga gak ada lagi forumer yang sukanya cuma memaki-maki gak jelas.

      Hapus
    3. Gua yakin 2 x perang lagi,amrik bakalan bangkrut...sudah ada gejala nya...menuju kebangkrutan...lht saja sekarang msh hidup dr hutang

      Hapus
    4. cara berfikir dan berkomentar dewasa..(h)

      Hapus
  4. Yang mulia PM China, mohon penjelasan: pada peta yang dikeluarkan pemerintah China, ada garis putus2 pada yang berawal dan berakhir dari China daratan mengelilingi seluruh pulau di LCS termasuk Natuna. Terima kasih.

    BalasHapus
  5. China itu paling jago dalam berpolitik menang tanpa berperang itulah cara cina.Mereka sengaja mengkleim lcs supaya di ikutkan atau paling tidak nelayannya tidak di ganggu dalam mencari ikan di lcs.Supaya kapal kapal mereka bisa beroperasi disana tanpa di ganggu dan memutus pengaruh asu.Tinggal kita mensikapi gimana menghadapinya.

    BalasHapus
  6. berdamai dengan asean itu adalah lgkh yg tepat.karena china tdk mau kehilangan 65% pasar export di asean. tapi masalah baru akan muncul dan mengkerucut antara china vs jepang merebut pulau diayou.

    BalasHapus
  7. Benar ano 22.59... spt piala dunia, piala lcs baru mulai putaran I, Indonesia dan China masuk grup I bersama USA dan Rusia... skor sementara IND vs China masih imbang 0-0... grup II yaitu malaysia filipina vietnam dan kamboja, masih menunggu pertandingan antara filipina vs vietnam utk memperebutkan juara grup... sdgkan grup2 yg lain hanya menjadi simpatisan liga lcs... bgt kira2 pertandingan liga lcs baru diketahui pemenangnya setelah putaran ke 100 yaitu partai final yang memperebutkan juara 1, 2, dan 3... perlu diketahui bhw liga lcs meliputi u-17, u-19, u-21, u u yg lain sampai u-100... shg masing2 tum harus punya banyak pemain cadangan selain jg melakukan kaderisasi pemain.... dan yg tak kalah penting yaitu strategi hebat manager dr tim yg hebat...

    BalasHapus
  8. Ah itu kan ucapan Pemimpin atas nya aja ,kenyataan nya di lapangan kan lain, CINA kan gitu terus, politik bermuka dua

    BalasHapus
  9. tokokuka.com

    DVD Tutorial, Peralatan Komputer, Sepatu dan Batik Bola.
    Koleksi terlengkap dari kami untuk anda :*.

    baroinfo.com

    Info info unik, fresh, hot untuk kita semua.

    BalasHapus
  10. Percayalah, China tidak akan mempunyai niatan untuk perang, namun China siap untuk perang.
    Diplomasi China adalah diplomasi "Ang Pao" karena China yakin bahwa dengan itu China akan memenangkan peperangan.
    China, kalau mau dengan mudah membeli asset strategis milik AS karena AS sudah menggunung hutang dagangnya.
    Perhatikan, begitu China di halangi untuk mendapatkan technology pembuatan mesin turbo jet dengan mudah China membeli saham pabrik mesin jet di Perancis dengan orang2-nya.
    Begitu pula China dengan mudah membeli saham galangan kapal strategis milik Italia.
    Pabrik VW saja sekarang sudah di kuasai China.
    Maka sekarang sedang di upayakan bagaimana caranya agar semenanjung Korea yakni Korea Utara dan Korea Selatan reunifikasi.
    Tidak tertutup kemungkinan dengan membeli saham perusahaan raksasa Korea Selatan yg bersifat strategis, tinggal tunggu waktu saja.
    Kalau perang secara militer, China tidak akan mau melakukannya karena hanya menghabiskan uang dan SDM.
    China mengapa melakukan hal - hal tersebut?
    Diantara alasannya adalah bagaimana caranya menghidupi rakyat yang jumlahnya lebih dari satu milyard itu agar sejahtera.
    Secara geopolitis, Indonesia mempunyai peranan sangat, sangat startegis karena beberapa wilayah perairannya merupakan alur pelayaran strategis dilihat dari aspek militer maupun ekonomi.
    G usah resah dengan masalah LCS, China sangat berkepentingan 100 prosen thd Indonesia.
    Tinggal bagaimana secara jernih pemimpin nasional kita menyikapi kondisi tersebut dengan bijak untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

    BalasHapus