Sabtu, Oktober 12, 2013
31
PAPUA-(IDB) : Helikopter milik TNI AD janis MI 17 dikabarkan jatuh di Kampung Abnusibil Distrik Okbibab Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat 11 Oktober sekitar pukul 10.05 WIT. Belum diketahui apakah ada korban dalam peristiwa itu.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, Heli nahas itu jatuh karena cuaca buruk. Terbang di tengah cuaca buruk itu membuat Heli hilang keseimbangan dan jatuh. 

Menurut sumber di Oksibil ibu kota Pegunungan Bintang yang namanya enggan disebut. Kondisi heli cukup parah. "Kalau info yang kami dapat, heli hancur," ucap dia.

Sumber itu melanjutkan, tim penyelamat dibantu Maskapai AMA tengah melakukan pencarian titik jatuhnya pesawat.

Sementara itu, Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Lismer Luban Siantar, mengatakan heli TNI itu bukan jatuh tapi mendarat darurat karena cuaca buruk. Heli melakukan pendaratan di Kampung Abnusibil. 

"Pendaratan terpaksa dilakukan karena cuaca buruk. Pendaratan dilakukan sekitar 600 meter arah barat Bandara Okbibab," jelasnya.

Pesawat berangkat sekitar pukul 09.00 WIT dari Bandara Sentani Jayapura dengan tujuan Dorlog. Lalu sekitar pukul 10.00 WIT saat akan mendarat di Bandara Okbibab, terjadi perubahan cuaca dengan kondisi angin kencang, sehingga Heli kehilangan kendali dan melakukan pendaratan. 

"Angin sangat kencang, pilot tak dapat mengendalikan pesawat lalu melakukan pendaratan darurat," ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, Heli mengalami kerusakan pada baling-baling atas dan belakang, kaca depan pecah, tapi tidak ada korban jiwa. 

"Saat ini sedang dilakukan pengangkutan logistik oleh anggota Koramil Okbibab dan Satgas 126 dari dalam Heli di TKP," terangnya.





Sumber : Vivanews

31 komentar:

  1. sabarlah pak komando,,
    udah barangya pas"an..
    MAlah di jatohin..

    Semmangaaat waelach

    BalasHapus
  2. Kurang mahirnya sang pilot sudah keliatan , angin kencang dengan kecepatan topan heli terbukti tangguh di segala cuaca heli .mi17 malah jadi andalan pasukan PBB balkan .

    BalasHapus
  3. waaaa makin sedikit heli kita....udah cuma seuprit ...malah jatuh terus

    BalasHapus
  4. Saya kok mempertanyakan maintenance nya.Heli ini kalau nggak salah baru di rawat di luar.,sekarang jatuh...perlu di cek ulang seluruh heli yang kita punya ada apa???Kalau perlu seluruh heli di larang terbang sebelum di inspeksi kelayakannya.

    BalasHapus
  5. Apa masih bisa diperbaiki dan digunakan lagi ?

    BalasHapus
  6. waduhhh...beli lagi aja...

    BalasHapus
  7. 1 heli jatuh...1 skuadron heli datang...buka apache ato cougar..tapi heli serbu dari ruskie...belum pada tau ya......d tunggu aja beritanya di indo defense blog....

    BalasHapus
  8. Cuaca mah wajar, nah klo mesin itu yg kumaha?

    BalasHapus
  9. Udah jumlah nya sedikit- pada jatuh lagi- NGERI IHH- JANGAN SAMPE dech MENULAR MEREMBET KE BARANG2 ALUTSISTA LAENNYA YG JUMLAH NYA JUGA MINIM- SEDIKIT AWWWW AMPPUNN

    BalasHapus
  10. Jangan salahkan cuaca melulu! Cuaca negara kita memang begitu. Kalo nggak sanggup menerbangkan helikopter di cuaca NKRI, ya jangan beli helikopter.

    Secanggihnya alutsista itu semua bertumpu pada SDM-nya. Pilot heli harus sering latihan / simulasi terbang cuaca buruk karena bagaimanapun cuaca buruk itu masih bagian dari NKRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. secanggih alutsista dan pilot heli masih kalah dengan alam bung..
      Lebih baik anda ralat omongan anda sebelum di emmbargo mulut u bung..
      Mau latihan dari mana kalau dana APBN pas" an..??
      Sepandai pandainya tupai melopat psti jatoh jg bung..ingat peribahasa itu,,

      Hapus
  11. momen penting untuk belanja..

    BalasHapus
  12. apakah mungkin pesawat ini tidak sesuai dgn cuaca di indonesia? apakah pilot menyatakan kondisi terlalu beresiko dan mengambil keputusan tuk mendaratkan pesawat dan menunggu cuaca kembali bersahabat?

    pilot, deck is yours...

    BalasHapus
  13. Ano2 pinter maido.....tapi goblok. Itu keputusan pilot dah benar dia mendarat darurat. Kalo enggak dia akan terbawa angin dan langsung hancur. Masalahnya tempat mendaratnya tidak di tanah lapang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mslah bener gak nya-pilot- tapi-dg sangat sedikit nya jumlah alutsista yg dimiliki-dan begitu sering nya pada jatuh- berdampak lemah ke kuantitas alutsista kita- yg emang sudah amat sangat minim jumlahnya-itu inti nya ano 11.18 nih-kok bgitu entenk ngatain org goblok- ngaca lha

      Hapus
  14. di video acara tv or YT terekam juga heli blackhawk amrik jatuh or kehilangan daya angkat saat hover waktu mo evac dll dlm cuaca cerah sekalipun...

    BalasHapus
  15. penting pilot n penumpang nya slamat, heli rusak ya perbaiki lagi

    BalasHapus
  16. ah rusak baling2 ama kaca doank mah gak terlalu berat pasti bisa di benerin asal jgn ancur belah dua aja itu mah udah pasti jadi rongsokan... ya itung2 latihan lah buat pilot2 heli supaya lebih bisa mengendalikan situasi terbang mau dalam cuaca terburuk sekalipun... biar terbiasa...

    BalasHapus
  17. Padahal helikopternya terlalu tua, ini masih aja di pake sejak kapan MI-17 di beli...

    Mending ganti aja yang baru seperti chinook...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mi 17 tuh pesawat baru pak, ga ada penerbang yg pengen jatoh saat terbang.. Mau pake peswat apa sj, mau pesawt lama atau baru, namanya musibah ya tetap aj lah ga ngaruh

      Hapus
  18. cakap sana sini nak perang sama jiran,sikit silap lalu nak ngajak fight..macam mane hal nak perang pasal belum perang ALLAH dah kasi azab accident untok tentera indon,boleh tengok chaos dimane tempat..aceh,papua blm lg teror,korupsi dan bencane gempa,aer meluap dan segaie hal,,urus diripun tak kuasa lalu sikit2 nak ngajak perang,lekas sadarlah engkau saudaraku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakap kau kaya tek otek otek ha......

      Hapus
    2. Klo soal azabb sih berlaku juga di malaysia kan pak cik- MIG29 FULCRUM- NURI heli-HAWK200- TUDM JUGA PADA ACCIDENT tuhh pa cik-

      Hapus
    3. hehehehe ada malonte nih,gimana prestasi korupsi negaramu?mudah mudahan jadi no satu di dunia ya.selamat dan tetap semangat menjadi negara terkorup no 1 hehehehe maju terus malon

      Hapus
  19. kau bukan saudaraku budak malingsia cecunguk mama ely pengkhianat melayu...

    BalasHapus
  20. Makanya di papua dibikin jalan raya antar kampung2 lah.. Biar ga usah pake heli.. Wong dijawa, diatas laut aj bisa dibikin jalan kog, baahkan diatas jalan masih dibangun jalan juga bisa kog.. Takut papua maju kali yaa.. Pantas sj org papua milih berdiri sendiri.. Daerah yg kaya hasil bumi tapi terbelakang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan TNI udah mulai bangun jalan di papua pak

      Hapus
  21. Kami yg repot kirim logistik ke kampung2 biar papua juga bisa maju, dengan melalui cuaca dan medan papua yg cukup ekstrim dibanding daerah lain di indonesia, pulang selamat sj sudah untung kog..klo jatuh ya sudah resiko pekerjaan..

    BalasHapus
  22. tokokuka.com

    DVD Tutorial, Peralatan Komputer, Sepatu dan Batik Bola.
    Koleksi terlengkap dari kami untuk anda :*.

    baroinfo.com

    Info info unik, fresh, hot untuk kita semua.

    BalasHapus