Selasa, Oktober 01, 2013
9
JAKARTA-(IDB) : Tank kelas berat baru milik TNI AD hingga kini masih disembunyikan. Main battle tank (MBT) yang diberi nama oleh pabrikannya Leopard tipe 2A4 itu dibeli dari Jerman untuk memperkuat TNI AD. Saat ini, baru dua buah MBT Leopard dan dua tank pengangkut personel Marder yang tiba di Jakarta.
  
"Sekarang masih dicat, istilahnya di camo (camuflase), disiapkan untuk defile hari ulang tahun TNI 5 Oktober nanti," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Rukman Ahmad di Jakarta kemarin (29/09). MBT Leopard adalah tank kelas berat pertama yang dimiliki Indonesia.
  
Menurut Rukman, pengelolaan tank seberat 62 ton itu diatur oleh Pusat Persenjataan Kavaleri (Pusenkav) Kodiklat TNI Angkatan Darat. "Pasti akan ditampilkan, nanti juga secara statis dipamerkan di Monas," ujarnya.
  
Pembelian Leopard 2A4 sudah menjadi perdebatan berbulan-bulan sebelumnya. Pihak yang tidak setuju berpendapat, tank Leopard tidak cocok dengan karakter medan peperangan Indonesia yang hutan tropis dan berbukit-bukit. Ditambah lagi, jalan dalam kota kota di Indonesia tidak cocok dengan beban berat tank itu.
  
Sebaliknya, mereka yang setuju optimistis tank leopard mampu memberi efek gentar bagi negara-negara tetangga. Tercatat, baru ada dua negara di ASEAN yang menggunakan MBT Leopard, yakni Singapura dan Indonesia. Negeri Singa memiliki 96 tank jenis ini.
  
Rukman menjelaskan, tank Leopard akan diperkenalkan secara total ke masyarakat. "Termasuk kemampuan-kemampuan manuvernya, " ujar alumni Naval War College Amerika Serikat itu.
    
Saat ini, awak tank atau personel crew Pusenkav Kodiklat TNI AD sedang berlatih di Bandung, Jawa Barat. "Masyarakat kami undang untuk nonton langsung secara terbuka dan gratis," katanya.





Sumber : JPNN

9 komentar:

  1. Tontonan gratisnya di daerah mana bro?

    BalasHapus
  2. Nonton gratis tapi di tengah hutan papua bro

    BalasHapus
  3. Wah asyik nanti di foto2 lagi meski tanknya ini kurang gahar nih tapi gpp lah bisa menambah kekuatan alutsista..

    Jangan lupa tank tipe REVOLUTION di datengin juga...

    BalasHapus
  4. admin. ada penjelasan baru mengenai su 35,, yg pengen dibeli panglima TNI,
    di situs ini..
    http://militerindonesiamy.blogspot.com/2013/09/angkatan-udara-indonesia-yang-disegani.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pernyataan moeldoko ya,,,baru rencana tp mudah2n bukan sekedar pernyataan tp isyarat

      Hapus
    2. Semua pembeiian berawal dari keinginan, dituangkan dalam perencanaan dan diwujudkan dengan pembelian. Mudah-mudahan

      Hapus
  5. usul kepada panitia HUT TNI 2013 besok:disamping alutsista produk luar negri-sekrang wajib hukumnya panitia HUT TNI 2013 besok tampilkan alutsista produk dalam negri yg sudah ada sejak th 2005 tapi tak pernah ikut tampil di tiap HUT TNI.alutsista itu:MLRS NDL40-MLRS RHAN-RETROPIT AMX-retropit PT76-retropit BTR50-RADAR INDERA-ROKET RX430-530 LAPAN-dll-panitia HUT TNI harus kreatip tampilkan alutsista produk dalam negri itu'yang sudah ada dproduksi sejak th2005-masa panitia HUT TNI dari dulu cuman hanya tampilkan melulu- canon 76mm-howitser105 mmM102-arhanudS60-L70- juga RBS70 sudah jarang tampil di HUT TNI-besok 5 oktober harus wajib ikut ya ya ya ya ya

    BalasHapus
  6. buat ano2 yg di idb,ane liat di tv keamanan apec dibekali rudal apa ya kira2..?soalnya ane telat liatnya

    BalasHapus