Minggu, September 01, 2013
19
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan RI akan mengirimkan tim khusus ke Amerika Serikat untuk mengetahui secara pasti detail spesifikasi helikopter serbu Apache. Helikopter Apache disebut-sebut akan dibeli dan ikut memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Indonesia.
 
“Spesifikasi teknologinya harus jelas betul, yang dibeli seperti apa. Terakhir yang akan berangkat ke AS ada Sekjen Kemhan yang saat ini menjadi KSAD,” kata Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro, yang ditemui sesaat setelah peluncuran buku Susaningtyas Nefo Handayani berjudul, 'Komunikasi dalam Kinerja Intelijen Keamanan', Jumat (30/8).


Menurut Purnomo, sistem persenjataan sebuah alat tempur sangat mempengaruhi harga. Suatu peralatan tempur yang dilengkapi dengan sistem deteksi radar tentu lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak ada.


Ditegaskan, pembelian helikopter Apache merupakan rencana pertahanan jangka panjang. Oleh sebab itu, kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar diharapkan tidak akan berpengaruh banyak terhadap rencana pembelian ini.


Dijelaskan Menhan, Indonesia membutuhkan satu skuadron helikopter serbu atau membutuhkan sebanyak 16 helikopter. Kalau Indonesia beli delapan unit heli Apache, maka bisa dikatakan baru setengah skuadron. Untuk menggenapinya, akan dikombinasi dengan heli tempur buatan dalam negeri .


“Yang dibutuhkan satu skuadron heli kopter serang atau sebanyak 16 unit. Kalau kita beli delapan unit helikopter Apache, berarti baru setengah skuadron. Mungkin ada kombinasi, seperti halnya pesawat tanpa awak (UAV), setengah skuadronnya merupakan buatan dalam negeri,” jelas Purnomo.


Sebelumnya, melalui kementerian Pertahanan AS, pembelian helikopter serang Apache AH-64 telah disetujui negara adidaya itu. Kementerian Pertahanan pun menyambut baik dengan berencana siapkan satu skuadron Helikopter Serang Apache AH-64, seiring disetujuinya pembelian helikopter dari AS.


Indonesia mengapresiasi komitmen Pemerintah AS untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pengembangan kemampuan pertahanan melalui berbagai program kerja sama pertahanan (Defence Cooperation). Salah satunya seperti pengadaan helikopter serbu Apache.





Sumber : BeritaSatu

19 komentar:

  1. Pak Purnomo senang banget sama AS yaaa? awas lho pak nanti orang forum ini pada moaaaraah sama bapak ... ngomongin Kasel Rusia yang 10 itu saja pak ... apache buat apaan? buat kita emang berguna? buat nyenengin AS aja kaleee ... PT. DI bisa buat sendiri kok ! kalau Kasel yang Korsel kan bermasalah dengan Jerman ... itu yang harus difokus pak ... beli tuh KS Rusia 10 biji ... pasti nama bapak tenar di forum ini heheheheheh ...

    BalasHapus
  2. Heli apache sih memang gahar tapi yg paling penting jelas dan teliti adalah soal perjanjian intervensi penggunaan heli apache,saya khawatir apache tdk boleh buat tumpas separatis misal dipapua di aceh dsbnya..khan rugi klo beli hanya sekedar buat pajangan.seperti kasus F 16 dan hawk (by;liem ban piet)

    BalasHapus
  3. Hehe buang-buang uang aja.... Klo cuma mau tau spek nyaa kan bisa diliat dari proposal penawaran aja hehehe yaaa pling" alasnnya "ini menyangkut stategi dn alutsista canggih jadi harus jelas dan langsung ke pabriknya buat tau speknya" lebih baik kirim insinyur dn ilmuwan guna pelajari tuu apache... hehe... Oya menurut gw mending Mi 35 atau HAvoc aja diperbanyak + rudal anti hely... Daripada apache yang akan jadi pjangan dn peserta parade doank...... Sya bukan anti Asu dn pro rusia... Cuma menurut sya klo kita dekat sama asu smakin kita lemah dan diinjak aja... Emank enak dijadiin boneka???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane kagak setuju dibagian"Apache cuma jadi pajangan ama parade doang"pokoknya selama belum ada peperangan semua alutsista ya kerjaannya jadi pajangan ama parade+latihan gitu...

      Hapus
    2. Bro.... Liat aja F16 dan alutsista dari Asu..... Apa pernah dipake buat memberantas saparatis atw OPM? Selain buat parade dn latihan doank... Ada sich alutsista dri Asu yg kepake yaitu buat nembakin tukang kebab, guru ngaji dll yg masih di duga terorist....... Coba pikirkan lagi ......

      Hapus
    3. Setuju. Bahkan ASu telah melengkapi Densus 88 m dengan peluru jenis Pork-laced Bullets (mengandung babi)

      Hapus
  4. Paling aman bikin sendiri atau jika belum mampu, beli dari keduanya utk antisipasi jika ada masalah dgn salah satu dari mereka. Beli senjata dari rusia misalnya, belum tentu akan lepas dari masalah. Lihat apa yang rusia lakukan di chechnya, ossetia abkhazia dll. Rusia tidak menutupi bahkan melakukan secara eksplisit dan vulgar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bro benar soal kemandirian alutsista,..tapi berdasarkan pengalaman maka saya dan kebanyakan ano2 lebih condong ke Russia soal alutsista karena Russia tdk pernah intervensi dlm penggunaan senjata ke negara konsumen,..contoh intervensi negara barat dlm alutsista ..Inggris dg tank scorpio,hawk A 100/200 ..Usa F 16 dll,.masalah ossetia adalah masalah dlm negeri Russia (by:cui lan seng)

      Hapus
    2. Sekalian aja beli dari israel, negara itu bahkan menjual senjata ke musuhnya a.l. libia dan indonesia

      Hapus
  5. cendrung di paksakan apache , tukar guling politec lebih ketara dalam pembelian alutsista ke barat kita tahu saudara menhan bellom 2 sudah berkoar koar tidak bakal di pakek di papua tapi di lcs buat membendung kekuatan cina ? bopbrok nya pejabat tinggi negara ikut andil indonesia gak bisa mandiri dari economi sampai alutsista jalan dk tempat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan..... Belon apa" udah ktehuan ada syarat" yang merugikan kita.... Buat apa ditaroh d LCS ??? Disana cocoknya ditaroh kilo, UAV dan S300 Sama Sukhoi buat jaga" dri AsU sendiri .....

      Hapus
  6. Kalian gak tau pornmo itu perutnya gendut yg krn kebnykan makn hasil korupsi. Lgian dia ini alat amerika. Babunya amerika.. Mkny dr dlu sulawesi mau merdeka.kalau ikut jakarta sulawesi gk akn maju.sama dngn kalimantn.. Pulau jawa sangt2 kompleks permasalah.. Pejabt di jakarta penuh dngn korupsi.antek2 amerika.. Penakut.kayk SBY dri tentara tpi mental bencong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong jangan sembarangan kau!! Dasar otak kotor!!

      Hapus
    2. Mas jangan gitu dong ... disatu sisi kita tidak mau kebarat-baratan tapi anda sudah menjalankan demokrasi ala barat yang terlalu bebas dan jorok !

      Demokrasi ala Indonesia, bebas tapi santun ! Hidup NKRI!

      Hapus
    3. ente sekarang ngomong kaya gitu..nanti kalo beli barang dari russia ane jamin ente kagak bakal ngomong kaya gitu,ente cuma kecewa ya kan??ane tahu,tapi kalo kecewa ndak usah kelewatan dong...misalkan kapal selam 10 biji dari russia itu dibeli,atau beli sistem hanud s-350 sekarang,itu tak lepas dari jasa pak purnomo....jadi pikirlah dahulu sebelum mengumpat...

      Hapus
    4. Yaudah beli pake uang ano 14.29 aja la. Kayanya ano itu kaya.

      Hapus
  7. Kalo si apache dibeli utk ditempatkan di daerah lcs,berarti ditaruh di kalimantan buat jaga2 kalo ada gesekan negara2 asean dg cina,jd buat jaga2 aja. Tetapi tujuan utamanya ya buat ngejaga perbatasan darat kita dg si malon serta payung udara bagi tank,altelery,infantri didarat. JANGAN LUPA KELAK SI APACHE KELAK PUNYA LAWAN TANDING DG EUROCOPTER TIGER PAH2 MILIK TDM.

    BalasHapus
  8. Ditempatkan-dan lawan tanding gak usah lha jadi soal-yg utama RI nanti ada Ah64E-ada tambah power deterent to kawasan..juga gak usah pusingin jumlah yg 8 AH64 itu/stngah skuadron-kan RI skr udah punya 5/8 MI35 retropit ukrania-24light atack NBO105-+16 ECERUILE/fenec-coba klo di gabung-udah bikin lumayan busyet deh"ke negri2 sbelah-ap lg nanti mudah2 n klo ditambah BUMBLE gandiwa oke - plus nasihat from van halen lead guitar master:jangan ada korupsi yee

    BalasHapus
  9. Bro,Apache di posisikan buat penggetar bagi negara tetangga dan menjadi palang pintu perbatasan Ri.
    Kalo masalah gerakan sparatis misal gam atau opm cukup di basmi oleh pesawat super tucano dan panser anoa.

    BalasHapus