Minggu, September 22, 2013
4
SLEMAN-(IDB) : Kementerian Pertahanan berencana membeli simulator kokpit pesawat tempur Sukhoi. Pembelian ini bertujuan membantu program latihan terbang para pilot jet tempur buatan Rusia itu.

"Saat ini sedang kami proses (pembeliannya)," kata Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda Rachmad Lubis kepada Tempo di Yogyakarta, Jumat, 20 September 2013.

Rachmad melanjutkan simulator kemudi pesawat ini diperlukan untuk merawat satu skuadron pesawat Sukhoi. Sebab, jika untuk sekedar latihan terbang, pilot tak perlu lagi menerbangkan pesawat Sukhoi sungguhan. "Kami tak ingin menghabiskan jam terbang Sukhoi hanya untuk latihan," kata Rachmad.

Sesuai rencana, pemerintah akan membeli satu unit simulator. Mengenai harga, Rachmad mengaku tak hafal, sebab terlalu detil menurut dia.

Kemungkinan besar, satu perangkat simulator kokpit Sukhoi akan dibeli dari Rusia. Sementara itu, Kementerian Pertahanan belum tahu dimana alat simulator akan ditempatkan. "Bisa saja ditempatkan di Skuadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin (markas Skuadron Sukhoi)."

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan Indonesia telah menerima enam unit pesawat Sukhoi SU-27 SKM dan SU-30 MK2 dari Rusia. Tambahan enam unit pesawat ini membuat kapasitas jet tempur Sukhoi Indonesia genap satu skuadron atau 16 unit.

Saat ini keenam pesawat baru itu sudah tiba di Skuadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Purnomo mengaku gembira dengan lengkapnya satu skuadron pesawat Sukhoi campuran tipe SU-27 SKM dan SU-35 MK. Sebab, pesawat tempur buatan Rusia ini dinilai andal menjaga wilayah udara Indonesia. Bentuk pesawat yang besar dan punya tangki bahan bakar jumbo membuat Sukhoi mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia.





Sumber : Tempo

4 komentar:

  1. admin nya msh ngantuk, ada yg salah tu kayaknya..

    BalasHapus
  2. berarti dgn pembelian simulator sukhoi,selain efesien,untuk pembelian sukhoi generasi berikutnya ada peluang tuh,mungkin saja su 35 target berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas brow, kesannya ada yg di tutupi, 2 skuadron su35 yg di bidik menhan..

      Hapus
  3. semoga aja pemerintah mengakuisisi Pesawat Tempur Sukhoi Family.. pada MEF II.. karena sudah terbukti manuver tugasnya dalam penyergapan pesawat asing dan dalam latihan bersama AU Australia pesawat kita yang unggul walaupun masih ada kekurangan dalam hal peralatan/ perangkat pendukungnya. dan saya yakin seluruh elemen masyarakat indonesia menyetujuinya.. amin... by. E-Kafa

    BalasHapus