Sabtu, Agustus 31, 2013
86
JAKARTA-(IDB) : TNI sangat serius dalam melakukan penguatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.
 
Setelah TNI AD membeli MBT Leopard 2A6 dan helikopter serang Apache, TNI AU membentuk satu skuadron Sukhoi dan F-16, kali ini TNI AL bakal memperkuat armadanya.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pemerintah Republik Indonesia (RI) mendapat tawaran dari Rusia berupa bantuan 10 kapal selam. Saat ini, TNI AL hanya memiliki dua kapal selam yang terbilang berumur. Hingga tiga tahun ke depan, TNI AL bakal kedatangan tiga kapal selam baru hasil kerja sama dengan Korea Selatan.

Untuk mempercepat pencapain kekuatan pokok minimum (MEF), Purnomo tertarik untuk bekerja sama dengan pemerintahan yang dipimpin Vladimir Putin itu. Meski begitu, Purnomo tidak merinci apakah kapal selam yang ditawarkan itu berbentuk hibah atau pembelian baru.

Terkait spesifikasi juga ia mengaku kurang tahu lantaran baru tawaran awal dan perlu dilakukan kajian mendalam. Yang pasti, kata dia, kapal selam yang dijajakan ke Indonesia relatif baru.

“Kami akan kirim tim ke Rusia, terdiri Kemenhan, Mabes TNI, dan TNI AU untuk tahu lebih lanjut. Pak Marsetio (KSAL) pimpinan delegasinya,” kata Purnomo usai peluncuran buku ‘Komunikasi Dalam Kinerja Intelijen Keamanan’ di Jakarta, Jumat (31/8) malam.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Marsetio mengakui bakal berkunjung ke Rusia untuk melihat langsung galangan tempat bersandarnya kapal selam. Hal itu dilakukan agar kapal selam yang dibeli cocok dengan kondisi perairan Indonesia. Ia belum bisa menjelaskan secara detail lantaran belum melihat langsung barangnya.

“Yang Rusia belum. Harus disesuaikan dengan geografis Indonesia, apakah termasuk kapal selam samudera atau kapal selam kelas negara archipelago? Idealnya kapal selam kita memiliki kekhususan dan kekhasan dengan melihat kedalaman dan kontur laut,” ujar Marsetio.





Sumber : Republika

86 komentar:

  1. Wow wow wow wow...
    Uamiiiin...

    Tp soal yg "sepertinya" selama ini ternyata??????

    BalasHapus
  2. Ambil pak Marsetio.... klo ternyata kapal selam samudra... operasikan di selat bali, sunda, papua pokoknya yang berbatasan dengan Ausie kan kita ada batas laut di Samudera Hindia... klo perlu KS Nuklir!

    BalasHapus
    Balasan
    1. taruh dimana aja ga pa apa yg penting punya ks kilo.......
      tetangga sebelah ada yg deg deg plus..............

      Hapus
  3. waa..ini yg super ditunggu..dilanjut Pak...

    BalasHapus
  4. Dng luas lautan dan panjangnya garis pantai serta jumlah pulau yg sangat banyak, juga bnyk daerah yg black hole krn tdk terjangkau radar, shg adalah beralasan jika indonesia mengadakan lebih banyak kapal selam, idealnya 40 unit. Jng dibndngkn dng rusia dan amerika atau negara lain yg kondisi geografisnya berbeda dng rusia, amerika n negara lain. Kalau ingin maju, jng membandingkan jumlah kpl selam yg harus dimiliki dng negara yg sbutkan di atas krn dr geografisnya aja da beda. Diadakan dlm jangka waktu panjang shg tdk terpengaruh dng krisis nilai mata uang dan dana investasi asing.

    BalasHapus
  5. bicara cocok gak cocok dan kwalitas ks kilo claas pastilah hebat , yg kami kwatirkan interversi asing kian meraja rela di pemerintahan sekarang ini . mudah 2 han kepentingan nkri di dahulukan bukan petunjuk asing di utamakan .

    BalasHapus
  6. Yang penting lagi sebisa mungkin kasel tsb di upgrade (kalo misal bekas) dg cara kerjasama dg pt pal,agar kelak bisa berguna bagi RI dalam pembuatan kasel secara mandiri. Syukur2 bisa berhasil dikombinasikan teknologi U-Boat (jerman) dg kilo (rusia),kan lebih yahud kasel masa depan buatan pt pal kelak.

    BalasHapus
  7. Busyet itu foto ga lain dan ga bukan ks kilo yg punya daya jelajah +12.000km.
    Ibaratnya bisa pulang pergi jakarta-kuala lumpur 10kali tanpa isi ulang bahan bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bushet yg bener aja!
      masa +12.000km?!
      Buat nyelem ngintip org mandi selama 1 bln asyik tuh...


      Hapus
  8. Woww mantapp....
    Tpi kalo bekas gak masalah asalkan teliti dulu sebelum beli..

    BalasHapus
  9. Untuk memuaskan rakyat dan forum indo defence blog dikirimlah delegasi Indonesia untuk melihat dan mencek kapal selam rusia itu ... tapi pada akhirnya untuk memuaskan AS dan persemakmuran ... yah delegasi pulang melaporkan bahwa 10 kapal selam itu tidak cocok dan mahal biaya upgradenya jadi tidak usah dibeli ... waaakakakakakakk ... (ah mudah-mudahan saya salah!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya akomodasi dgn layanan vip plus honor sbg delegasi sdh ada yg menanggung.

      Hapus
  10. PERLAHAN DAN PASTI(KLO JADI DIBELI KS DARI RUSSIA)...MACAN ASIA AKAN SEGERA BANGKIT MELANJUTKAN KEJAYAAN MASA LAMPAU,..MASA KEEMASAN MAJAPAHIT DAN SRIWIJAYA...(BY:CUI LAN SENG)

    BalasHapus
  11. Pokoknya di ambil 10 ks dari rusky, ada yang bisa menginformasilan pangkalan ks kita di teluk palu udah jadi apa belom, truz ada penampakan ks ƍäª di sana

    BalasHapus
  12. ambil boss....biar kekayaan alam yg ada dilaut bisa lebih terjaga.oke....

    BalasHapus
  13. tawaran yang menggiurkan dan pastinya harga lebih murah daripada baru. kalau bisa diupgrade ke type 636 bnv seperti 2 kilo bnv yang sudah ada untuk menambah detterant. so pasti membuat malon ausie berpikir ulang untuk mengacak-acak lautan kita.

    BalasHapus
  14. wah harus di beli tu ks.untuk menghadapi marinir As yang di tempatkan di australia.karna indonesia sa'at ini sudah di "KEPUNG" pangkalan AS.penempatan marinir AS di darwin,merupakan strategi jangka panjang,untuk memisahkan papua Dari NKRI.hal itu di karenakan AS punya aset di papua yaitu PT.FREEPORT.

    BalasHapus
  15. Tenang sodara2 kapal selam itu pasti di ambil!!! Dan ks itu dipastikan yg tercanggih dan terbaru!!!(Perhatikan berita sebelumnya bahwa rusia menawarkan ks bekas sekarang menhan ks terbaru) ini semata untuk meredam gejolak kawasan!!! Masalah jumlah minimal 10 ks!!!! Kalao kebutuhan ks yg tau kemenhan kalau angka 40 dari raka anom itu hasil ngecak togel ya mona???

    BalasHapus
  16. Bungkußsss...skalian ambil es dan semur sekilo jgn lp semurnya pake lada sedikit biar bikin pedes

    BalasHapus
  17. Terima tawaran rusia itu bos...dan dijamin AS akan kasih hibah lebih banyak lagi..hahahaaa... ( AS gak mau kalah pengaruh dari Rusia )...

    BalasHapus
  18. Yaaaaa asiiik<=-P \=D/ sik<=-P asiiik\=D/ lanjutkan jenderal..........

    BalasHapus
  19. Untuk memuaskan rakyat dan forum indo defence blog dikirimlah delegasi Indonesia untuk melihat dan mencek kapal selam rusia itu ... tapi pada akhirnya untuk memuaskan AS dan persemakmuran ... yah delegasi pulang melaporkan bahwa 10 kapal selam itu tidak cocok dan mahal biaya upgradenya jadi tidak usah dibeli ... waaakakakakakakk ... (ah mudah-mudahan saya salah!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan KS tetap dikirim dan disembunyikan.....spt sekarang

      Hapus
  20. Kita juga perlu kapal selam type samudra untuk mengimbangi Ausi ,jangan lupa perbatasan Indonesia -australia adalah samudra sampai ke sumatra.Untuk type litoral perairan dangkal kita kan ada changbogo dari korsel.Kita perlu proyeksikan kemampuan kita kedepan jadi Blue water navy...seiring perkembangan ekonomi kita yang akan dicapai dekade depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dgn anda komen yg sgt logis

      Hapus
  21. yang patut diperhatikan adalah kata2 berikut ini :

    “Kami akan kirim tim ke Rusia, terdiri Kemenhan, Mabes TNI, dan TNI AU untuk tahu lebih lanjut."

    Nah itu org TNI AU ngapain ikut ? kan yg mau diliat galangan kapal selam. mmg ada hubungan nya kapal selam sm Angkatan Udara ? masa iya org TNI AU cm mau pelesiran doang..

    Nah lhooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada udang di balik kilo, bener mas brow kalau gk flanker ya s350, pokoke rusia top bgt. . ., eh bro hati2 ..malon dr td ngintip.

      Hapus
    2. gak apa2 Mas Bro, malon ilmunya blm smpe sini..gk ngerti mrk sm yg ginian..heheh

      Hapus
    3. DK seperti lupa aja sama impian AU untuk memiliki SU-35,yaaaa sekalian survey dulu apa salah nya

      Hapus
    4. Bro Ano 18.31,
      ane gk lupa mas Bro, kl ane melihat itu sbnr nya bkn KS nya yg mau diliat, tp yg utk Udaranya. klo yg KS nya itu cm basa-basi aj. lha apa lg yg mau di liat lha wong udh sepakat kok.

      ane mah mmg demen bgt tuh sm yg pke 35-an..mau yg utk udara ato yg pertahanan udara. moga aja yg 35-an ini kesono nya jg cm utk formalitas doang..sm spt KS nya. hehe

      Hapus
  22. Mungkinkah.. Flanker??

    BalasHapus
  23. Kapal induk kale menyusul

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih kita juga pernah ngelirik kapal induk bekas spanyol http://www.google.co.id/url?q=http://www.kaskus.co.id/thread/519b28160a75b4b26d000002/kapal-induk-principe-de-asturias-sempat-dilirik-delegasi-indonesia&sa=U&ei=pysjUuy9K4WIrQewsoHADw&ved=0CBgQFjAA&usg=AFQjCNEfXEbo6S_SI7AgLtQj3Z4amGfB0w

      Hapus
  24. disamping 10 ks kilo n lada jg tni au penjajakan 1 skadron su 35... ok mantabbb smoga cpt terealisasi..

    BalasHapus
  25. Menurut saya,tawaran ini udah dari dulu,cuma karena Indonesia belum punya pangkalan kapal selam,jadi di tunda dulu ambilnya,nah sekarang pangkalan kapal selam yang di palu udah jadi,baru di ambil 10 kapal selam tawaran Rusia,benar-benar joss,jayalah Indonesiaku,maju terus,hanya 1 NKRI.

    BalasHapus
  26. Sekalian bos cek pertahannan udara S350 buat jatohin pesawat pembom paman sam ! maju terus indonesia ku.

    BalasHapus
  27. Mas bro,anda semua terlalu bersemangat.
    Maaf,bukan menyuruh silahkan di lihat ke situs negara sebelah
    MILITARY OF MALAYSIA POWER.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya situs itu kenapa? soal apa? soal Scorpene lebih bagus dari Kilo? ah itu kan mereka yang bilang ...
      Sekali lagi bagus tidaknya alutsista juga tergantung pada taktik dan ketrampilan si pengguna ...

      Katakanlah Malaysia senang Fregat dengan segala kelengkapannya, ... Indonesia senang KCR yang banyak, harga 1 fregat bisa dapat puluhan KCR yang dilengkapi dengan C-705 atau C-802 ...
      contohnya waktu perang dunia ke II, kapal destroyer Bismarck milik Jerman yang besar dan canggih akhirnya tenggelam dikeroyok 3 kapal-kapal kecil Inggris ...

      Alutsista tergantung pada operatornya juga mas brooo ... Malaysia mau punya scorpene berapa biji kalau baku hantam dilaut yang dalamnya cuma 80-100 meter mau ngumpet kemana mas brooo? ...

      Hapus
    2. yaelah pas perang juga gk bakal diliat mana scorpen mana kilo, yg diliat yg mana yg tenggelem sama mana yg ditenggelemin

      Hapus
  28. Kalo jadi beli...dari 10 ks yang ditawarkan pasti yang dipublikasikan kurang dr 5 ks yg jadi di beli.....

    BalasHapus
  29. menurut sayabnggak usah beli dari USA karena ada udang dibalik freeport mending beli S300, mil mi 35, su 27/30 dan 35/ KS kilo tambah yaghount mantap dah.....

    BalasHapus
  30. Indonesia-malaysia bersatu dan damai, ga usah sok"an mw ganyang malaysia, seharusnya qt berterima kasih kpd malaysia cz udah memberi pekerjaan untuk lebih dari 1 juta wni,kalo qt perang ama malaysia trus gimana nasib tki yg di malaysia,apakah lo ama pemerintah mau ngasih kerjaan/ nanggung biaya hidup mereka?,sebetulnya 2 negara ini saling membutuhkan,so damai itu indah bung!!,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ladang sawit malaysia siapa gurunya ..kalo bukan dari orang" indonesia..
      Yang kerja siapa..
      Mereka dapat hasil bumi mereka juga karena indonesiaa,,
      coba saja indonesia. Rakyatnya sedikit,gk mgkin jg dia ke malaysia,,
      kerjaan bukan di malaysia saja mmas bro,, banyak negara butuh tenaga kerja indonesia..
      Mmalaysia suka pekerja indonesia karena ulet,lain halnya dengan myanmar,thailand n india, apalgi pakistan,
      mmerekaa suka pkerja indonesia..

      Seumpamma tejadi perang malaysia yang merugi,, karena banyak wilayahnya yg akan di rebut indonesia,,sebagai contoh sabah, banyak ladang sawit mmilik orang indonesia...



      Salam 1jiwa NkrI

      Hapus
    2. Malaysia ngakunya Negara serumpun ,yah itu kalo lagii gk ad maunya,coba klo virus kanibalnya keluar,, mati2an mereka merendahkan kita,
      Yang jelas,strategi kita adalah Defensif bukan Ofensif slama ini siapa Ɣªήğ sering bkin gara2 dluan,TNI saat ini sbatas mewujudkan MEF dan melindungi wilayah NKRI,, skrng bsa dilihat faktanya,, apabila alutsista kita udah uzur dan kalah sma mereka,, mesti ini negeri Maling lngsung merajalela bkin Onar,, tpi skrng liat aja,bgtu kita baru memodernisasi Alutsista,, dan baru memenuhi kekuatan "Minimum" mereka dah gk berani lagi bkin Onar..
      Soo,, kalo skrng Maling mo nyolong udah takut duluan dia karna kita punya Herder di Halaman,,,

      Jayalah Indonesiaku,,,
      NKRI harga Mati..!!!!

      Hapus
  31. Dan malasya mesti berterimakasih kpd indonesia yg membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, konstruksi, kebun, tambang dll!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu mas, hub. Indo-malay ibarat simbiosis mutualisme,orang" malay jg menyukai hal" berbau indo kaya musik,makanan,dll, coba jika tki diusir dr malay bgmn dampaknya dg angka kemiskinan dan sumber devisa,trus mau dikemanain 1,9 juta tki disana,apakah negara arab, hongkong,dll. Mau menambah kuota tki mereka stlh melihat kejadian rusuh tki di arab,kalopun ada permasalahan 2 negara harusnya di selesaikan dg cara diplomasi, so damai itu indah bung!!,,

      Hapus
  32. pinter aja nih caranya, nge-decoy yg 2 kemaren biar bisa nongol hihihi

    BalasHapus
  33. Pokoknya muantabbbbbs, TNI AD S-300, TNI AL KS Kilo, TNI AU SU-35,,,, bener2 cuakepppps dan bikin mendebarkan cerita selanjutnya,,,,,

    BalasHapus
  34. Kapal selam itu alutsista strategis, gw yakin semua prosesnya tidak akan dibeberkan ke depan umum. Jadi soal jadi atau tidaknya, hanya petinggi di negeri ini yang bakalan tahu. Bahkan kita sendiri tidak bisa tahu kan jumlah pasti kapal selam yang dimiliki indonesia sebenarnya. Yang kita tahu hanya indonesia punya 2 kapal selam dan 3 changbogo yg masih dalam proses. Diluar itu... Dark.

    BalasHapus
  35. kalo di lihat dari forum tetangga kita sudah mempunyai ks kiLo di th 2010,jauh sebelomm menhan malay bercakap,,
    nach sekarang para DpR gk kageT,, pasti ada udang di balik batu, biasaanya DpR1 slalu sewot dengan alutsista skrg 10 biji diem,bhkan blg lgsg kirim para kemenhan n delegasi lainya untuk ngecek..bahkan TNI au pun di ajak.. Karena di EF ke 2 .akan di datangkan fighter" baru diantarnya 1skuadron PAKFA UNTUK ENGGANTIKAN DI LANUD HASANUDIN MAKASAR,
    SEDANGKAN 2 SKUADRON SU-35 UNTUK DI GIRING KE PEKAN BARU DAN NTT..SEBAGAI PERSIAPAN MELETUSNYA LCS,,

    SEMENTARAA UNTUK S-350E / S-400 BELUM DI DATANGKAN MASIH MENUNGGU BILA AU ND AL SUDAH MENGALAMI PUNCAKNYA,KARENA UNTUK AD JATAHNYA UNTUK MENGEMBANGKAN RHAN ND RX 650 UNTUK TAHAP SELANJUTNYA. Sambil mmenunggu guidance dari china..


    Salam 1jiwa NkrI

    BalasHapus
  36. Justru Malaysia yg harusnya berterima kasih ke 1 juta TKI yg ada di sana. 1 juta org inilah yg ikut menggerakkan roda pembangunan di Malaysia...Kalo tdk ada 1 juta org ini sy yakin pembangunan ekonomi di malaysia akan masalah ...

    BalasHapus
  37. Ini barang dah deal bro dr taun berapa...malah setengah lebihnya dah nongkrongin ausit....maka ausit sama asit...jaga gengsi jaga wibawa...naruh pasukan di cocos....sebenarnya lawan sesungguhnya bukan cina...ya nkri lah...menhan sama presiden rada selon juga bro...ada perintah hajar ks yg masuk....walaupun casing menhan sama presiden klemer2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro, ausi minta tambahan 3000 marinir dr asi utk di tempatkan di darwin..

      Hapus
  38. semoga aja selepas SBY, yang akan jadi presiden selajutnya akan paham mengenai hal ini, Pertahanan NO 1.....

    BalasHapus
  39. bagus... langkah yang ditunggu-tunggu rakyat indonesia. NKRI harga mati!!!

    BalasHapus
  40. Pasti banyak bngkusan yg dibawa pulang ni setelah wira wiri. seklian ambil rongsokan besi tuanya si ES buat RND Prohram Rhan. Ap mungkin rusia hancurkan smua S pesenan Iran. Ad deal antara indo ruski ttg hal tsb. Kabuuur.

    BalasHapus
  41. TNI buaanyak masalah udah mau beli brg rongsokan,makin banyak masalah nnt,,baik selesaikan dulu masalah kapal yg usang dan ompong dan juga pespur yg tak semua layak terbang dan ompong!!!!!
    ask - pintu heli yg jatuh ketika terbang udah jumpa belom ya??hihihi
    ask - tentera yg kabur sudah berani ke belum ya??hihihi
    semoga semua F 16 tua indon bisa terbang utk menjaga papua yg masih tidak aman..terbaru kasus tembak TNI !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. koment lo itu2 aja, basi.

      Hapus
    2. UGUST 10, 2013
      LATEST UPDATE: AUGUST 10, 2013 06:51 PM
      Seorang anggota tentera yang sedang membuat
      rondaan kawalan keselamatan di kawasan pagar
      sempadan Malaysia-Thailand di sini, cedera
      selepas terkena tembakan
      (TDM diam saja ,,, jiwa korsanya mana ? )
      Kalau diINDONESIA artinya genderang perang dibunyikan
      Next info:
      Hari ini (01,09,13)
      Seorang pesara tentara TUDM mati ditembak didepan restoran bapanya .... Bla bla bla ,,


      Salam damai
      Peace TKI

      Hapus
    3. org kek gini bagusnya diculik, dimasukin pelatihan dasar, trus di taro dah tuh di papua, biar tau susahnya jadi tni tuh kek apa

      Hapus
  42. Jika kita menginginkan damai maka kita harus siaap berperang,alutsista kita untuk menjaga kedaulatan bangsa,bukan untuk meng invasi suatu negara berdaulat... "Kapal selam kilo class tidak cocok untuk perairan indonesia,jadi jika kelak anda anda semua melihat penampakan2 KS 401 dan 402 di 15 titik alur laut NKRI bersamaan.. Mungkin itu hantu hantu laut yg menjaga wilayah itu karena kami hanya punya 5 KS yg eksist.. xexexexe.....

    BalasHapus
  43. Tak adelah tentere kami sehebat tentere malon nan gagah berani tak de rasa takut, peralatan canggih, pengalaman perang tak tertandingi, sehingga tentere malon terhibat numbor 50 di dunie sedang kan TNI numbor 17 dunie dan kalau malaysia penasaran kami mohonkan agar segera memulai perang dengan kami!

    BalasHapus
  44. udah pak pur bungkus ajaa....

    BalasHapus
  45. Malaysia Hebat! Tentaranya dibekali ajian kebal peluru... gak percaya? Cekidot: www.pelacuran-online.blogspot.com

    BalasHapus
  46. wkwkwkwk...... tim pengkaji kapal selam kok dari TNI AU....emangnya kapal selamnya bisa terbang????.... wkwkwkwk....jangan2 nantinya kapal selamnya ndak bisa nyelam kaya malon...... sekalian aja kirim Satpol PP.... makin aneh aja negara ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lo yg goblok,,emg rusia jualan kapal selam doang,klo komen jgn kayak anak TK.

      Hapus
    2. wkwkwkwk....ada orang goblok marah....makanya judulnya dibaca... tim pengkaji kapal selam kok pilihnya TNI AU.... tepatnya TNI AL, kalo mau kaji yang lain judulnya dirubah, jangan jadi PEMIMPI..mau Su-35...mau S-300....yang real aja....bangun tukang becak...cari tumpangan sana....wkkwkwkwkwkwk....

      Hapus
    3. ah.. manusia yang terjebak dalam judul, kasihan...

      Hapus
    4. ah pemimpi bodoh....

      Hapus
    5. mere juga die...

      Hapus
    6. Ano 2 September 2013 07.57
      ini merupakan salah satu komen tertolol yang pernah ane baca...golongan yang diperbudak oleh keputusasaan..ndak pernah mau bermimpi..tidak menganalisis suatu hal maunya yang asal njeplak aja...menurut ane ini orang tipenya kolot..terlalu terpaku dan susah untuk berkembang(dia merasa bermimpi adalah hal bodoh..padahal semua tujuan yang ingin kita capai berawal dari mimpi)

      Hapus
    7. Mulutmu.....bau....

      Hapus
    8. wkwkwk...ano 2 sept 2013 14.41 dasar pemimpi... sudah jelas pernyataannya salah... masih aja mimpi... realistis aja bung..., tipe kamu itu cuman mampu berkoar-koar tampa mampu berbuat alias hanya bermimpi tanpa bisa mewujudkan.... lain diotak lain dimulut....wkwkwkwkwk...kasian

      Hapus
    9. Ano September 2013 18.12
      masih mending ane punya mimpi ada harapan...dari pada ente koar ndak jelas...bisanye ngeluh aje....realistis tapi tak melihat kedepan...wkwkwk....

      Hapus
    10. pemimpi kok harapan...wkwkwk...pemimpi itu pemalas...macam elu..sudah jelas pernyataannya salah... dibilang berkoar ndak jelas... NDAK BISA BACA YAH??? LULUS SD NDAK TUH...wkwkwkwk....jangan mimpi terlalu lama nanti jatuh dari tempat tidur...kerja sana, cari uang...wkwkwk

      Hapus
  47. bro ano 18.12 menurut ente admin yg salah ketik ato sumberna yg salah ni, kok jd heboh gini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bro disitukan ditulis juga ada dari mabes tni lha tni al masuk di mabes gak?
      kalo tni au ikut ya gak papa namanya jg perintah.Gitu aja kok rame

      Hapus
    2. mas bro disitukan ditulis juga ada dari mabes tni lha tni al masuk di mabes gak?
      kalo tni au ikut ya gak papa namanya jg perintah.Gitu aja kok rame

      Hapus
    3. wkwkwk...bro ano 18.56 ane ndak nyalahkan admin, ane cuman mengkritik sumber...menurut ane pemimpin harus hati2 dalam memberi statement...karena dampaknya akan luas...berikan kepada ahlinya... buat ano 20.32 makanya pemberi perintah itu harus mikir...berikan perintah yang tepat....

      Hapus
  48. Curiga niee...Tim dari TNI AU yg ikut, mau cek tindak lanjut pembelian SU 35, beli aja skalian pa Menhan..

    BalasHapus
  49. Kalau ane khawatirnya kemaren konflik ama Malay cuma rekayasa pemerintah ama Malay doang. Biar kedua negara bisa tambah alutsista buat antisipasi konflik dengan LCS bro.

    Gimana menurut kalian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku mulutmu yang kaya asu...

      Hapus
    2. huahahahahahahaha lucu amat komen kau bang

      Hapus
  50. cuekin usaha2 si amrik untuk menggagalkan pembelian ks dari rusia oleh indonesia !
    PERSETAN lah usa, ausia, singaanjing, malaysianjing,
    segera akuisisi pula S-300, S-400, SU-35, ks kilo class, amur class, lada class, typhoon class, percepat rudal nasional, tingkatkan akurasinya dan jangkauannya, agar bisa menjangkau canbera, sidney, darwin, pulau cocos, singaanjing, dan malaysianjing , ratakan dengan tanah !
    NKRI harga mati, bung !!!

    BalasHapus