Sabtu, Agustus 31, 2013
30
JAKARTA-(IDB) : Amerika Serikat (AS) telah sepakat untuk menjual helikopter serbu Apache tipe AH-64E kepada Indonesia. Persetujuan itu dilakukan saat Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel melakukan kunjungan ke Tanah Air beberapa waktu lalu.

Dengan adanya pembelian itu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro meyakinkan penempatan squadron baru itu tak akan ditempatkan di Papua. Pembelian itu dilakukan hanya untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia, bukan menekan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Oh enggak, itu bukan untuk Papua, itu untuk Indonesia itu. Untuk menjaga kedaulatan kita," ucap Purnomo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8).

Namun, alih-alih memberitahukan, Purnomo menyebut pangkalan untuk Apache dilakukan dekat perairan Laut China Selatan.

"Itu saya pastikan bukan di Papua, ya tapi kita tak bisa beri tahu sekarang ya. Agar tahu saja, bahwa kita akan tempatkan di Laut China Selatan," pungkasnya.





Sumber : Merdeka

30 komentar:

  1. ternyata jadi fasilitas satpam nya ASUUUU>...........................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diem lu, Budak China!...






      Babi lu!

      Hapus
    2. Ahahaha... benar bro pasti dia agen china

      Hapus
  2. bukannya apache lebih cocok untuk operasi gerilya......klo untuk lcs kan bisa gunakan cn 235 MPA ato heli anti kapal selam....knapa harus gnakan apache....kayaknya ga nyambung deh....apa kita di dikte lgi ma paman s@m.....

    BalasHapus
  3. Wah ngawur menhan kita. Seharusnya tempatkan sukhoi dan kilo class untuk.mengawal LCS karena NATUNA MASUK PETA CHINA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk peta China????

      Lu singkek minded Kong!

      Hapus
    2. Maksudnya china ngeklaim natuna bro!
      Jd yg di sana hrs nya yg juoss gitu!
      Paham???

      Hapus
    3. Oyayayayaya.... Anda benar juga!
      Tp di apache ada tulisan "nembak apache = nembak amrik" bro!

      Hapus
  4. kok di lcs? bukannya kita santai aja disana? lagian kalo dikejar AAM mau ngumpet di mana? senjata yg di gendong aphenjol bisa buat nembak unit apa?

    BalasHapus
  5. wah mentang2 dah pd pinter menhan dibilang ngawur segala,, tenang aja bro, mabes TNI dan KEMENHAN punya rencana lain,, klo saat ini ditempatin di papua, kita ga bs jadi beli heli tsb pasti nya banyak yg protes HAM,,, klo di tempati di kalimantan ,, negara tetangga bakal kebakaran jenggot trus ikut2an beli senjata lg,, ujung2nya perlombaan senjata memperpanas kawasan ASEAN.. sementara kemenhan berencana memadukan teknologi APACHE & Gandiwa,, supaya heli serang nasional kita setidaknya bertambah kemampuannya,, klo barang nya udah ada sih.. suka2 RI,mau di tempatin dimana aja bisa,, yg penting skrg dpt dlu barang nya,,

    BalasHapus
  6. ngapain apeche di LCS, disana cuman ada nelayan ilegal doang kebanyakan para tien viet. ngantuk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngantuk tidur dulu mas bro.. he he

      Hapus
  7. mana yang lebih penting konflik di LCS atau gerakan separatis OPM di papua.
    ingat OPM makin lama makin kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayangkan klo di beritahu sekarang penempatan nya utuk menumpas opm,, bakal jadi ga tuh heli di beli?, yang ada malah pesawat tempur f 16 jg ga jd d hibahkan,, ujung2nya MEF terganggu..negara2 barat saat ini msh menyoroti papua.. jgn sampai salah langkah,, klo kita sdh swasembada pertahanan kita, kita ga takut lg di embargo. klo skrg atur strategi dlu,supaya kita bs punya teknologi tinggi,alutsista modern,ekonomi berkembang,pembngunan menyeluruh,dari sabang sampai merauke,, klo sdh jadi negara maju ga akan ditekan2 lg,

      Hapus
    2. Emang yang takut/tidak mau kehilangan Papua itu karena SANGAT CINTA dengan saudara-saudara di Papua? Hayo jujur dan kesatria jawabnya!!!

      Satu-satunya cara untuk tidak kehilangan Papua bukan dengan Senjata tapi dengan pembangunan ... jangan bangun Jembatan Madura - Surabaya atau Jembatan Selat Sunda sebelum Papua dibangun jalan Trans Papua agar mereka yang dipelosok gunung dan hutan tidak semakin tertinggal ... Jangan cuma dikuras sumber daya alamnya tapi harus juga dikembalikan sebagian ke Papua untuk pembangunan selayak-layaknya.

      Ada kelaparan di Papua ada penyakit dan kematian di Papua ada ketidak adilan di Papua tapi rakyat Jakarta hanya menangis, marah dan demo melihat kematian dan ketidak adilan di Timur Tengah ... dengan melihat begitu, apakah aneh kalau saudara-saudara kita di Papua ingin merdeka sendiri???

      Hayoo jujur !!! Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengakui kesalahannya dan memperbaiki bersama-sama ! Hidup NKRI !

      Hapus
    3. Papua, Aceh, Jogja dan laen2 yang termasuk daerah istimewa ataupun daerah khusus dah ada dana tambahan tersendiri bro untuk pembangunan tinggal SDMnya aja yang mau bangun wilayahnya atau uangnya cma untuk di k*rup.....salam NKRI

      Hapus
    4. Tambang2 alamnya sudah terkuras oleh asing mas bro...kita hanya kebagian ampas dan cuma teritorial saja yg masuk nkri ..(by:cui lan seng)

      Hapus
    5. Klo emng mau memberantas opm, memang harus dengan pembangunan, karena alasan utama adanya opm karena mereka merasa kurang di perhatikan.
      Tp, jika seandainya pembangunannya sudah baik tp opm masih tetap ada, tni bisa melakukan operasi militer khusus. Gunakan kopassus + didukung pesawat super tucano yg memang untuk anti grilya.

      Hapus
  8. ah udah diduga pasti ujung2nya buat kepentingan si ASU, tetep aja kita di setir, kalo nolak ya embargo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian jg lama2 gue ma Ellu!
      Bisanya cuman ngaprut, ngumpat n ngumpat trus...

      Lu gue kasih senjata, freeport gue kasih tambahan buat Elu, buat beli mobil n baju baru biar lbh pede, oke!? Jgn lupa sekolah yg bener! Biar ga' mudah ditipu lagi, ya!

      Hapus
  9. yg namanya laut yg dibutuhkan buat nge jaga in mestinya kapal permukaan ama kapal selam yg punya kemampuan bertahanan dr serangan lawan. kalo misalnya apache di kejar misil dia mau bertahan pake apa, paling pake flare

    BalasHapus
  10. katanya apeche punya Penerbad kok suruh jagain laut? nggak kebalik sama angkatan laut ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti di kaca samping ada tulisan "nembak ini = nembak NATO" pake huruf morse china bro!... jd ga' smua bisa baca...

      Hapus
  11. Ia kok pada sok pintar semua!! Kmenhan kok di ajari!!! Dulu Mau beli aphace di protes sana sini mulai harga kemahalan, type ketinggalan dll, sekarang dpt type tercanggih harga super murah, penempatan nya di kritik!!! Yg tau mau di apakan dan di taruh di mana alat itu ya kemenhan dan tentara!!! Bukan kroco mumet kaya kita ini!!!

    BalasHapus
  12. Yang teriak2 minta apache ditempatkan di papua pastilah agen malaysia. Takut ya tank twardy malon dijadikan sasaran tembak? Kalau cuma OPM cukup dgn helikopter BELL tidak perlu terlalu canggih yang penting niat. Setuju dengan ano2 di atas bahwa penempatan apache di LCS adalah pesan buat China.

    BalasHapus
  13. hemmm...mungkin sbenarnya yg paling kuatir jika apache di taro di lcs/natuna sekitarnya adl malaysia, krn natuna pulau loncatan ke semenanjung malay yg mrp jantung eko n bisnis nya malay ketimbang sabah serawak yg cuma isi hutan n kebon doang. kmr ada yg bilang natuna akan diperkuat mngkin ini salah satunya,

    so...papua bisa pake alutsista lain...Pak MenHan jg gak bikin amrika paranoid...lalu tinggal bilang ke China "cuman parkir doang Bro, it's OK kan?"...yg penting pesan membingungkan ke malay tersampaikan "kalo sampeyan msh neko-neko, minta front mana? ambalat? natuna? selat malaka?"...

    Pak MenHan sip deh...

    BalasHapus
  14. udah ada diperjanjian bro jgn ditempatkan di papua ya.ane sih ga mau munafik biar gimnapun amerika punya kepentingan besar di papua,nggak mungkin mereka jual alatya buat rusak asetnya :>)
    ayo kita telanjangin apache dan intip dalemannya biar bs buat sendiri. :-d

    BalasHapus
  15. indo-china gak akan konflik gara2 wilayah bro. terlalu sepele..

    BalasHapus
  16. Begini gan...pangkalan apache kan nantinya ada di pontianak kalbar...kan lokasiinya jg sebelahan sama lcs.
    Padahal sesungguhnya tetep buat jaga perbatasaj kaltim sama malingsial.
    Jd g usah pada ribut masalah penempatan...toh tni jg dh tau fungsi asli apache gan.

    Bravo tni

    BalasHapus
  17. Koment kayak anjing semuaa dasar mulut babi kok gak terima neh fb pandawa lima https://www.facebook.com/profile.php?id=100002461449881&sk=photos&collection_token=100002461449881%3A2305272732%3A6

    BalasHapus