Rabu, Agustus 28, 2013
0
JAKARTA-(IDB) : Latihan Mako Koarmabar merupakan  kegiatan stategis yang harus dilaksanakan secara terus menerus di masa damai guna meningkatkan profesionalisme prajurit TNI dan peran TNI AL dalam mengemban tugas pokok di wilayah laut yuridiksi nasional dan diharapkan .melalui Latihan Mako ini  dapat mewujudkan kesiapsiagaan operasional Koarmabar dalam menghadapi setiap ancaman yang timbul.

Demikian disampaikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsekal Madya TNI Boy Syahrir Qamar, S.E., membuka Latihan Mako Koarmabar Tahun 2013 yang, di Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari Raya No. 67 Jakarta Pusat, Selasa (27/8).


Latihan Mako Koarmabar tahun ini dengan tema “Koarmabar selaku Kotamaops TNI siap menghadapi setiap bentuk ancaman yang timbul di kawasan perairan yuridiksi nasional wilayah barat Indonesia dalam rangka menjaga dan menjamin tegaknya kedaulatan wilayah NKRI“. Latihan di Mako Koarmabar ini merupakan Latihan Kotama Operasi TNI yang bersifat gabungan yang dilaksanakan untuk menghasilkan produk yang kapabel dan aplikatif yang bisa diuji ataupun dilaksanakan di lapangan apabila situasi menghendaki.


Latihan Mako ini menurut Kasum TNI, adalah bentuk kepedulian pimpinan TNI agar dapat terwujudnya prajurit TNI AL yang profesional dan handal dalam mengawaki alutsista yang ada, sehingga Satuan operasinal dapat terpelihara dan dapat ditingkatkan kemampuannya baik teknis, taktis maupun kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan.


Dalam kesempatan tersebut kasum TNI menekankan  didalam Latmako Koarmabar agar merumuskan konsep strategis  terhadap cara bertindak dalam menghadapi sertiap kemungkinan terjadinya ancaman. Selain itu, pahami dan laksanakan semua prosedur dalam operasi laut gabungan sehingga terjalin kerjasama yang baik antar unsur TNI.


Kegiatan Latihan Mako yang dilaksanakan dari tanggal 27 Agustus 2013 sampai dengan 5 September 2013 di bagi menjadi dua bagian yaitu Latihan Posko di Mako Koarmabar dan Latihan Lapangan yang akan dilaksanakan di Laut Jawa dan Laut Natuna. Adapun  sasaran dari latihan adalah untuk mewujudkan keterpaduan operasi (Interoperability) dan kerjasama taktis antar unsur TNI AL dengan TNI AU dalam operasi laut gabungan. Bertindak selaku Direktur Latihan Mako Koarmabar Tahun 2013 adalah Dankodiklat TNI Mayjen TNI Chaidir Serunting Sakti, M.sc.


Dalam gelar Latihan Mako Koarmabar tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 1000 personel,  pelaku dari Satuan-Satuan TNI AL dan TNI AU serta melibatkan unsur-unsur kapal perang milik TNI AL berbagai kelas antara lain kelas Sigma, kelas Perusak Kawal, kelas FPB dan kelas Condor  dan pesawat-pesawat tempur dan pesawat intai milik TNI AU.


Upacara pembukaan Latihan Mako koarmabar Tahun 2013 dihadiri Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E., Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington, Kasaramabar Laksamana Pertama TNI Atok Urrahman, Para Pejabat dari TNI AU, Asisten Pangarmabar, Kepala Dinas dan Komandan Satuan serta Komandan KRI jajaran Koarmabar.





Sumber : Koarmabar

0 komentar:

Posting Komentar