Rabu, Juli 03, 2013
25
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan menyatakan sedikitnya dibutuhkan 150 Juta Dollar Amerika atau Rp1,5 triliun untuk membangun fasilitas galangan kapal selam ketiga, yang rencananya akan dibangun di PT PAL, Surabaya.

"Galangan kapal selam akan dibangun di Surabaya melalui PT PAL sesuai yang direncanakan. Pembangunan tahap awal membutuhkan 150 juta dollar (sekitar 1,5 triliun rupiah)," kata Juru Bicara Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), Kementerian Pertahanan, Silmi Karim, di Jakarta, Selasa.

Pemerintah membutuhkan fasilitas galangan yang memadai sebagai konsekuensi dari pemesanan tiga kapal selam ke Korea Selatan. Pasalnya, kapal ketiga akan dibangun di Indonesia setelah dua kapal selam pertama dibangun di Korea Selatan melalui skema alih teknologi.

Menurut dia agar pembangunan galangan tak membutuhkan biaya banyak, KKIP berencana memanfaatkan perlengkapan yang ada di sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).Indonesia, kata dia, sedikitnya membutuhkan sebanyak 12 kapal selam untuk menjaga wilayah perairan.

Kapal selam pertama hasil kerja sama dengan Korea Selatan ditargetkan selesai pada 2014. Tak berapa lama kapal kedua juga akan diselesaikan di galangan kapal Korea Selatan.

"Sedangkan pembuatan kapal selam ketiga rencananya dilakukan di Indonesia pada awal 2015. Kami menargetkan pada 2018 kapal selam buatan Indonesia sudah selesai," kata Silmi.

Saat ini, Kemhan berusaha mengirimkan sebanyak 200 teknisi ke Korea Selatan untuk menyelesaikan pembangunan kapal selam pertama. "Baru disetujui sebanyak 190 teknisi. Teknisi tersebut antara lain dari TNI Angkatan Laut sebagai pengguna, Kementerian Riset dan Teknologi, dan industri-industri terkait dalam pembangunan kapal," kata Simli.







Sumber : Republika

25 komentar:

  1. bikin saja biar kapal selam indonesia bisa diproduksi dalam jumlah yang besar untuk kapal selam versi militer, pengamat kondisi alam, serta versi pariwisata....

    BalasHapus
  2. bukannya dari dulu Indonesia sudah bisa buat kapal selam... terutama orang2 palemban?????

    tanya aja lah sama orang palembang gimana cara buat kapal selam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Empek-empek kapal selam... Memang sedap.......

      Hapus
    2. kelamaan di kusekkk...plontos ,kapal selam empek empek terrus...www...makan tuh..tipu badan remuk harta ludes ..www...

      Hapus
  3. NAYAK KAPAL.SELAM AMA YG AHLI. " JERMAN ATAU RUSKEI ! NAYA KAPAL SELAM KE ORANG PALEMBANG CUKUP KE NASARUTDIN AHLINYA
    " JELLAS TERWAKILI DARI DALEM PENJARA PUN MASIH KRUPSI ALAA SUDI, LAKON LUAR BIASA CANGGIH!!

    BalasHapus
  4. semoga usaha dgn dana besar ini benar2 membuahkan hasil yg positif untuk bangsa ini. Amin...

    BalasHapus
  5. Ano 08:47
    satu biji berapaan harganya...?
    Kapal selem isi apa?telor bukan?
    Ckckckck

    BalasHapus
  6. Kapal kandas ane bisa bikin!... uenak, mantab, ngenyangin perut lagi!...
    kwkwkwkwk...

    BalasHapus
  7. 12 unit ma msh kurang, buat aja 25 unit sekalian aja, tutup jalur antara gorontalo papua, manado gorontalo, pulau rote - kupang NTT, flores NTB, kalabahi dng timor leste,papua halamahera, halmahera papua, bali banyuwangi, tarakan tanjung selor - kaltara, tarakan palu, makasar bali, medan kalbar, pulau nias, pulau nipah, batam, selat sunda, bagian jawa sblah utara n selatan, kalsel, kepulauan riau, nunukan - kalimantan utara, kepulauan maluku, pulau kaimana-timika,papua.

    BalasHapus
  8. biarpun belum di ajari cara buat kapal selam mulai dari awal sampek akhir,paling tidak PT.PAL bisa overhaul kapal selam n perbaikan kecil2 biar gak sampek keluar negeri.Eman uang Ratusan Miliar rupiah harus menguap ke luar negeri kalo dalam negeri sendiri bisa di upayakan.

    BalasHapus
  9. berapapun harganya bayar aja,kan kalo ud bisa teknologinya tinggal jualan,nyari untung

    BalasHapus
  10. Setuju.... untuk menjaga kekayaan laut dan keamanan serta kewibawa bangsa dan NKRI, 25 unit ks buatan pt.pal, tdk berlebihan, tp kebutuhan dan kewajiban penyelenggara negara.

    BalasHapus
  11. Betul..PT. Pal harus punya galangan khusus untuk KAPAL Selam...termasuk untuk perbaikannya dimasa datang.
    Sebagai latihan tahun pertama buat dulu yang type 15 m, tahun ke dua buat yg type 22 m dan tahun ke tiga buat CBG dari DMSE dan seterusnya.....

    BalasHapus
  12. Setelah berita dibikin ruwet dan mbulet TOT dengan korsel
    Ternyata permainan tak tikinya untuk memuluskan Anggaran buat pembangunan galangan di PT Pal tuk produksi KS yg ketiga.tuk jangka panjang pembuatan KS sendiri produk dlm negri mencukupi kebutuhan Armada KS TNI AL yang memerlukan banyak KS menjaga kedaulatan laut bangsa ini
    LAnjutt pemerintah..kami rakyat sllau mendukung tuk menuju KEMANDIRIAN BANGSA INI.

    bravo Indonesia Jaya

    BalasHapus
  13. Tahap pertama 150 jt dolar.. Tahap dua, tiga, empat. Butuh brapa lagi..

    Bisa gila tuw..

    Ap mungkin tahap pertama kita dah bisa langsung bkin kapal nyilem..?????

    BalasHapus
  14. Pabrik-pabrik alutsista kita jangan numpuk didaerah-daerah tertentu saja dong ... tank, panser dan pesawat di Bandung ... Kapal perang di Batam dan Surabaya gimana sih??? ntar kalau perang daerah-daerah ini yang pasti digempur musuh dengan bom & rudal ... dari Lautan Hindia di Selatan Jawa rudal balistik dari kapal selam habislah Surabaya dan Bandung ... Batam digempur dari sebrang selat Malaka Malaysia dan Singapura ... wah wah wah ... kenapa tidak di Sulawesi Selatan seperti Sukhoi-sukhoi kita di umpetin disitu? Morotai?

    Konsentrasinya Jawa melulu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, tau nda kenapa yang namanya pesawat sukhoi ditaruh di makasar,
      Sukhoi tuw pesawat yang daya jelajahnya lumayan, jd dya ditaruh ditengah2 indonesia..

      Mau kebarat ok mau ke timut ok.. Ke selatan ok.. Ke utara ok..

      Sekali gas dah bisa nutup serangan dari luar, kalu f16 kita keok kena rudal dari pesawat asing. kluarlah itu yang namanya sukhoi..

      Tp kalu kapal selam beda cara mainnya, ga bisa kaya sukhoi, dya jalannya lama.. Makannya di tiap daerah komando harus disiagakan..

      Terus knapa tuw bkin senjata di bandung sama di surabaya..

      Lokasinya ditengah gan, jd kalu mau sampe pulau jawa, harus mikir tuw mush.. Bisa ga mreka ngalahin pertahanan luar kita..

      Gitu gan mikirnya..

      Mohon maaf kalu salah mohon di tegur..

      Hapus
  15. Kira2 tu kapal selam pake mesin apa & darimana ya? Ciyuz nanya...

    BalasHapus
  16. Betul sob anonymous nationalism... Gue setuju jumlah ideal kasel TNI AL mesti 25 unit all type,buat ngejaga semua jalur alki atau tiap pulau2 besar dibagi 5 unit kasel,bukan 9 unit/12 unit. Mantap bro.

    BalasHapus
  17. http://www.youtube.com/watch?v=Mm3WGWgxDX8&feature=youtu.be

    BalasHapus
  18. Empek2 kapal selam macam taik bentuknya by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  19. suampeeeeeeeeeeee budek lu kagak bakal bisa buat kapal selam, lha KPK aja dikejar sama tim pengawas kasus bank century aja malah kabur-kaburan keluar negeri ogah ngerespon ?!?!?!?! piye tho iki, heh ??????????????
    apa kata dunia..........................wkwkwkwkwkwk
    gimana donk nasib 6,7 trilyun dari dana talangan BI ???

    BalasHapus
  20. indonesia negara pengibul,rakyatnya aja mlarat,hanya pejabatnya aja yg kaya. mlarat di jajah bangsa lain memang sakit,tpi mlarat d jajah ama pejabat bgsa sndiri lebih menyakitkan.salam NKRI,(Negara Kere Republik Indonesia)

    BalasHapus
  21. Malon di atasku cm bisa NGIRI sm RI..emng loe kgk ngerti klo rakyat loe jg di kibulin sm pejabat2 loe,udah bs nyelem mang kapal selam loe? O,ya gmn tuh kbr altantunya.....capedeeee

    BalasHapus