Rabu, Juni 19, 2013
13
LAMPUNG-(IDB) : Wakil Menteri Pertahanan RI (Wamenhan) Letjen (Purn) Sjafrie Syamsuddin melaksanakan acara Keel Laying (Peletakan Lunas Kapal) pembangunan Kapal Angkut Tank-3 TNI Angkatan Laut di galangan kapal Srengsem Panjang, Bandar Lampung, Selasa (18/6).

Dalam acara tersebut Wamenhan didampingi Asrenum Panglima TNI Laksamana Madya Among Margono dan pejabat Kemenhan serta Pejabat Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan Darat, Mabes TNI Angkatan Laut, Kasarmabar Laksma TNI M. Atok Urrahman, Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (E) Ir. Fery Sidjaja, Forkopinda Lampung dan pejabat TNI-Polri yang ada di wilayah Lampung.


Acara Keel Laying di tandai dengan penekanan tombol bersama tanda dimulainya kegiatan peletakan lunas oleh Wamenhan Letjen (Purn) Sjafrie Syamsuddin, Aslog Kasal Laksda TNI Sru Handayanto dan Waaslog Kasad Brigjen TNI Bayu Purwiyono.


Dalam sambutannya Wamenhan mengatakan, kapal angkut tank ketiga yang dibangun di dalam negeri ini, memiliki kekhususan yang tidak dimiliki kedua generasi kapal angkut tank sebelumnya karena kapal ini diproyeksikan untuk mampu mengangkut 10 unit main batlle tank TNI Angkatan Darat beserta dua kendaraan pendukung.


Peletakan Keel  pada saat kapal akan dibangun merupakan peristiwa penting dalam konstruksi kapal, sehingga acara tersebut sering ditandai dengan upacara dan merupakan Fase awal dari semua kegiatan yang signifikan. 

Lunas atau Keel terletak di tengah kapal dari haluan ke buritan dan berfungsi sebagai dasar atau tulang belakang struktur lambung dan member kontribusi besar pada kekuatan longitudinal dan loading efektif local pada saat docking.

Selanjutnya, untuk tahapan-tahapan dalam pembangunan sebuah kapal dimulai dari kegiatan Steel Cutting, Keel Laying, Engine Loading, Launching, Uji coba dan diakhiri dengan penyerahan.


Dengan dibangunnya kapal tersebut, membuktikan bahwa industri pertahan dalam negeri Indonesia telah mampu terlibat dalam teknologi militer dan dengan kemandirian Industri Strategis dalam negeri dapat berbicara di tingkat kawasan. 






Sumber : Koarmbar

13 komentar:

  1. Tanya? Ini bukanya galangan yg kmrn kapal barunya (bakorkamla yg pesen klww tdk slh) terbalik di Jakut waktu peluncuran?

    BalasHapus
  2. Ano 17.56, mbok ya dibaca yg baik, itu galangan kapal posisinya di Lampung, ndoro bei, bukan di Jakarta Utara.
    Sdh waktunya galangan kapal nasional yg lain di luar PT PAL dan Palindo di Batam diberi kesempatan untuk mengerjakan pesanan kapal bagi keper luan TNI, apalagi kalau diberi kesempatan untuk membuat "kapal induk" logistik, dg muatan ammo, battery kapal selam dan chargernya, serta logistik umum yg lain.
    Jaman ALRI jaya, mempunyai 2(dua) "kapal induk" kapal selam ( Ri Mahmud Badarudin dan RI Multatuli) dan kapal logistik lain, seperti sekarang ini kapal logistik BBM KRI "Arun".
    Sedang kapal AT( angkut tank ) ini rupanya disiapkan untuk keperluan pergeseran tank "Leo" dari pulau ke pulau lain di Indonesia.
    Namun kalau kondisi armada laut TNI - AL masih seperti sekarang, penggeseran MBT tersebut " rawan " pelaksanaanya apabila tanpa kawalan yg memadai dan ampuh. Kapal AT tersebut bagaikan "sitting duck" bagi pesawat dan atau kapal perang lawan terutama kapal selam.
    Karena kapal AT tsb tambun, kecepatannya lambat dan minim persenjataan.

    BalasHapus
  3. Apabila kapal AT siap operasi dan memuat tank "Leo" dg bobot 62 tons, kemudian di lakukan penggeseran material dari pulau satu ke pulau yg lain di Indonesia contoh ; Embarkasi di pelabuhan di Tg Priok, dan kemudian debarkasi di Balikpapan atau di Pontianak atau pelabuhan lain, pasti akan timbul masalah fasilitas pada pelabuhan tujuan. Belum masalah transportasi darat dari pelabuhan kentempat penggelaran.
    "Boleroes11" ingat komen dari kelompok " ARC " yg mendptkan penjelasan dari seorang bintara di Pussenkav, Bdg bahwa hal tsb sangat mudah dan tidak jadi obstacle berarti.
    Ya, ini kan pikiran "Boleroes11" yg cuma lulusan Sekolah Rakyat tahun 1957, tentunya beda jauh dg pikiran orang jaman sekarang yg lebih maju dan sophisticited apalagi yg menjelaskan group "ARC" yg sdh sangat terkenal.
    Ini, "Boleroes11" heh, opo abamu, he...he.....he......

    BalasHapus
  4. Monyet2 Sok Tau kalian semua!Tai Lah kalian, mknlah sampah itu buat kalian by : adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  5. Woiiii anjing kamu ngaku ngaku jadi adrian saya yang adrian itu adrian palsu dasar babilah kalian semua by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  6. Hahahahaha...monyet ama monyet rebutan.....wkwkwk

    BalasHapus
  7. Ngapain ketawaa kusemen mulut kau babi by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  8. wkwkwkwkwkkwk... Adrian... Adrian... Mau nyepong kontol ga?

    BalasHapus
  9. @Bole.. ente boleh tau armada ke 7 US dibentuk. Tapi PT DAYA RADAR UTAMA yg di priuk itu punya galangan baru di Lampung. Wong bikin kapal kecil tonase dibawah LST saja terbalik. Mudah2an LST buat LEOPARD gak bernasib sama. Apalagi sdh operasional, mudah2an enggak mencret bawa LEO'.

    BalasHapus
  10. Ano 03.03, apa hubungannya antara armada ke 7 dg galangan kapal nasi onal???
    Ano 03.03 boleh tahu perihal galangan kapal di Tg Priuk itu ada hub -nya dg yg di Lampung, tapi komen saya kan perihal posisi galangan bukan kesamaan badan usaha galangan.
    Persoalan nanti kalau sdh operasional mau maaf " mencret " atau musibah itu persoalan lain lagi, kan semuanya juga usaha, yg penting menurut saya akan lebih manfaat kalau ano 03.03 juga mendoakan yg baik, yg berarti ano 03.03 sdh menanam tanaman baik dan akan bermanfaat nanti dari pada menanam tanaman jelek.
    Semoga kita selalu di beri hidayah, inayah dan maunah serta maghfirah.
    Amiin.
    Salam dan hormat "Boleroes11"
    Ini, "Boleroes11" heh, opo abamu. He....he......he.......

    BalasHapus
  11. Dasar koment gak berguna sampah kayak orang gak berpendidikan by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  12. Nyet2 semua situs Bokep yg bisa dibuka apaan? by:adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  13. Woy pada masuk lo monyet-monyet kekandang berisik
    by:batukali hahaha

    BalasHapus