Sabtu, Juni 22, 2013
1
NUNUKAN-(IDB) : Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M.  berserta rombongan saat melaksanakan kunjungan kerja ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (20/6). Lanal Nunukan merupakan pangkalan TNI Angkatan Laut  yang masuk dalam jajaran Lantamal VIII, Koarmatim dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan prajurit TNI Angkatan Laut, baik unsur-unsur kapal perang (KRI) yang beroperasi di perairan Ambalat maupun Satuan Tugas Korps Marinir (Satgasmar) yang bertugas di pulau Sebatik.

Turut dalam kunjungan tersebut Aspam Kasal, Asops Kasal, Dankormar, Danlantamal VIII, Danguspurlatim, Kadisfaslanal, Danpus Penerbal, Komandan Lanal Nunukan, serta  pejabat dari pemda Nunukan Kepala BPPD, unsur Muspika, tokoh masyarakat dan masyarakat Sebatik. Dalam kunjungannya Kasal mengunakan kapal cepat Combat Boat (KAL Sei Ular dan KAL  Ambalat) menuju Pos Angkatanan Laut (Posal) Sei Pancang yang memiliki nilai strategis dalam penghitungan batas maritim.

Di wilayah perbatasan ini, Kasal juga memberikan piagam penghargaan dan sebuah peluru sebagai cindera mata kepada 14 warga masyarakat Sebatik sebagai bentuk rasa terima kasih sehubungan telah menghibahkan tanah maupun bangunan kepada TNI Angkatan Laut untuk kepentingan pembangunan Posal dan Pos Korps Marinir di pulau Sebatik,    “Peluru ini pada jaman dulu digunakan untuk berperang dan menghancurkan musuh, tapi sekarang peluru ini digunakan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara TNI AL dan Masyarakat”, ucap Kasal saat memberikan cendera mata berupa peluru yang di sambut tepuk tangan dengan senyum lebar masyarat Sebatik.

Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M. secara simbolis juga meletakan batu pertama pembangunan perumahan dinas (Rumdis Type 36) sebanyak 12 Unit Rumdis yang diperuntukan bagi prajurit yang bertugas di Pos-pos Angkatan Laut di desa Sei Nyamuk, Pulau Sebatik, yaitu 4 Unit Rumdis untuk Posal Sei Nyamuk, 4 Unit Rumdis untuk Posal Sei Pancang dan 4 Unit Rumdis  untuk Posal Sei Taiwan.  Dengan dibangunnya Rumdis tersebut diharapkan dapat memberikan rasa nyaman bagi para prajurit yang mengemban tugas di wilayah perbatasan, sekaligus dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat serta bagi perkembangan pulau sebatik yang saat ini secara pesat  melaksanakan pembangunan infrastruktur, selain itu juga tingkat keamanan yang terus semakin membaik telah memacu pertumbuhan ekonomi di pulau tersebut.

Kasal juga berkesempatan memberikan bantuan tali asih berupa sembako kepada Prajurit TNI yang bertugas di perbatasan antara lain Posal-Posal, Satgasmar dan Satgas Pamtas  serta memberikan bantuan untuk masyarakat Sebatik berupa 5 buah filter  air bersih yang diterima oleh Camat Sebatik Timur Bpk Burhanudin. 







Sumber : Koarmatim

1 komentar:

  1. Jalan2 ke perbatasan :D

    http://tinyurl.com/terpaksa-kaya/

    BalasHapus