Sabtu, Juni 22, 2013
10
JAKARTA-(IDB) : Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2013 mengangkat inovasi bidang pertahanan dan kedirgantaraan. Sejumlah inovasi akan bisa dilihat dalam pameran di Taman Mini Indonesia Indah pada 29 Agustus - 1 September 2013.

Tahun lalu, sejumlah produk mobil listrik menjadi inovasi unggulan pameran. Bagaimana dengan tahun ini? Apa saja produk baru yang akan ditampilkan?

Gunawan Wibisana, Asisten Deputi Jaringan Penyedia, Kedeputian Jaringan Iptek, Kementerian Riset dan Teknologi mengatakan, produk baru yang bisa disaksikan antara lain Sniper buatan PT Pindad.

"Sniper ini telah dikembangkan pada sisi getaran dan silencer-nya," ungkap Gunawan dalam konferensi pers, Jumat (21/6/2013). PT Pindad juga akan memamerkan kendaraan perang Komodo.

Sementara, produk baru lain yang akan diperkenalkan adalah heksarotor dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Teknologi ini berfungsi membawa kamera atau alat lain serta dapat terbang mencapai ketinggian ratusan meter secara vertikal tanpa perlu landasan.

Krakatau Steel akan memamerkan produk baja tahan peluru yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan panser.

PT LEN akan memamerkan produk baru berupa Radar Link dan LEN LInk untuk prosesor data, berguna untuk mendukung Combat Management System. Sementara itu, akan dipamerkan pula bahan Cosat 1000 yang selama ini dipakai untuk hujan buatan.

Sejumlah inovasi tersebut akan diluncurkan sebelum pameran pada Senin (24/6/2013). Pada hari itu, akan ada pula demo terbang heksarotor.

Pada pembukaan perayaan hakteknas, kata Gunawan, Menristek akan membuka dengan memencet tombol yang secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke Pamengpeuk, meluncurkan roket R-HAN 122. 







Sumber : Kompas

10 komentar:

  1. jayalah indonesiaku.

    BalasHapus
  2. Selayaknya hasil industri militer dlm bentuk apapun kalau di pamerkan kpd khalayak ramai, akan lebih menarik kalau disertakan hasil uji coba spt panser "Anoa" atau "Komodo" dg bukti hasilnya.
    Di Russie setiap mengelaurkan produk militer selalu di sertakan hasil uji coba dg bukti. Mis seberapa lethal lapis baja kalau kena peluru berbagai ukuran, atau bagaimana "impact" thd penumpang apabila kena ranjau tanam, bagaimana kaca yg terpasang kalau di hajar peluru, dan bagaimana kekuatan mesin yg sebenarnya dlsbnya.
    Sehingga masyarakat yg awam dg material "perang" tsb dpt terkesan bahwa hasil produk material tsb bagus, dsb-nya.
    Jgn yg di pamerkan material yg "gress" " kinyis 2 " mengkilat ban importnya saja di semir agar mengkilat, ..........lha ini mau nonton automobil show atau mau lihat alat perang.
    Ini, "Boleroes11" heh, opo abamu. He....he.....he..........

    BalasHapus
  3. Kuncinya pertahankan rasa toleransi di negara yang majemuk ini jangan sampe luntur cuma karena hal sepele apalagi cuma karena permainan sepakbola Jakarta Bandung bisa perang! Jayalah Indonesia

    BalasHapus
  4. ini alat perang apa truk pasir...gak ada gagah-gagahnya...!!!
    Jgn2 kena roket rhan ja udh ringsek nih..
    Maju terus indonesia ku...semangat

    BalasHapus
  5. Yang penting kreatifitasnya acungi jempol dulu, tak mungkin lah baru buat langsung bisa kualitas nomor satu ya ke depan diperbaiki lagi. dari pada cuma ngomong!!!

    BalasHapus
  6. YANG PENTING LAGI ADALAH:
    "CINTAILAH PLODUK PLODUK DALAM NEGLI" kata alim markus bos PT.MASPION INDONESIA

    BalasHapus
  7. Wiiii boler nuntut bukti sama pindad!!! Dateng aja ke pameran itu boler, tanya ke penjaga stannya atau kepada petinggi prusahaan itu!!! Boler sering ngaku pernah buat propelan, roket, avionik, nuklir, retrofit tank, dll kalau ditanya buktinya mana eeeeh boler ngamuk2 menghina dan menghujat para ano2!!!

    BalasHapus
  8. Ano Wiiii 05.28 anggota PP2A yg selalu mengawali komen dg Wiiii.........
    Teruskan saja komen minir anda ke " Boleroes11" dg segala ungkapan yg ano sukai, ini mimbar bebas kok.
    Bagaimanapun ano Wiii 05.28 kan belum kenal dg "Boleroes11" begitu pula sebaliknya.
    Monggo saja, teruskan sampai nggak bosen ano Wiii......
    Salam hormat dari " Boleroes11 " kepada ano Wiiii.
    Daag, tot zijn , danke. !!!

    BalasHapus
  9. dua jempol untuk komodo,sangar+manteb....

    BalasHapus
  10. Wiii boler marah kan!!! Ngambekan!!! Sebagai ilmuan serba bisa harusnya boler juga bisa bersikap mengayomi para ano yg tak tau apa2

    BalasHapus