Kamis, Juni 06, 2013
2
BANDUNG-(IDB) : TNI Angkatan Udara menggelar Latihan bersama dengan United States of Air Force (USAF), dengan sandi Teak Iron 2013. Latihan dibuka dengan secara resmi , bertempat di Vip Room Sompil Basuki,Rabu (5/6). Upacara pembukaan diikuti perwakilan dari  kedua angkatan.


Dalam sambutannya Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel   Pnb I Nyoman Trisantosa, S.IP.,  selaku Direktur Latihan yang dibacakan oleh Pabandya Latgab Paban III Lat Sopsau Letkol Pnb Dedi Susanto, mengatakan tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk mempererat persahabatan dan memperkokoh hubungan baik antara TNI Angkatan Udara dan US Air Force, serta secara khusus meningkatkan  kemampuan dan profesionalisme personel lainnya yang terlibat dalam latihan ini baik taktik maupun teknik operasi udara.


Latihan ini sesungguhnya banyak manfaat yang dapat di ambil.   Salah satunya adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman bersama secara lengkap guna menyempurnakan Standard Operational Procedure agar pelaksanaan latihan menjadi lebih efektif dan efisien. 

Latihan   yang di lakukan dengan penuh semangat berharap untuk menyukseskan latihan ini, tetapi juga perlu menyadari resiko yang ada, yang dapat menyebabkan accident maupun incident bagi  kedua belah pihak.   Oleh karena itu, Danlanud menekankan agar seluruh peserta latihan memperhatikan safety selama latihan berlangsung.   Laksanakan seluruh prosedur dan tetap berpegang pada rencana yang sudah disepakati, dan jika saudara menemui kesulitan agar mengkonfirmasi kepada pejabat terkait, ungkap Danlanud.


Dalam latihan Latma Teak Iron 2013  TNI Angkatan Udara melibatkan dua pesawat C-130 Hercules  dan 105 personel, yang terdiri  dari  20 crew awak pesawat, 50 personel Paskhasau serta 35 personel pendukung dari Lanud Husein S. dan Lanud Sulaiman. Dari US Air Force melibatkan dua pesawat C-130 dan 165 personel dari Skuadron 353 US Air Force.

Dua Hercules USAF Tiba Di Lanud Husein Bandung

Dua pesawat C-130 Hercules  milik United States of Air Force (USAF), Selasa (4/6) tepat pukul 20.34 wib  tiba di  Lanud Husein Sastranegara, kedatangan dua pesawat tersebut guna mendukung kegiatan latihan bersama antara TNI Angkatan Udara dengan US Air Force dengan sandi Teak Iron 2013. Latma Teak Iron 2013  akan di gelar selama sepuluh hari  di Lanud Husein Sastranegara dan Lanud Sulaiman.


Dalam latihan ini TNI Angkatan Udara melibatkan dua pesawat C-130 Hercules,  1 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma  dan 1 dari Skadron Udara  32 Lanud Abdulrachman Saleh. Latihan ini juga akan melibatkan Pasukan Elite kedua negara, sebanyak 50 personel Paskhasau akan terlibat dalam latihan ini.


Upacara pembukaan  Latma Taek Iron akan  digelar pada hari ini,  Rabu tanggal 5 Juni 2013 di Lanud Husein Sastranegara.






Sumber : Poskota

2 komentar:

  1. Sudah borong kasih tahu di mana senjata di simpan jangan kita prajuritpun terheran heran ulah penguasa sekarang ! Anehh mau apa ? Tukang gedor di bawak kerumah kita .

    BalasHapus
  2. hati2 didepan baik,dibelakang mencari informasi kekuatan udara kita.

    BalasHapus