Minggu, Juni 02, 2013
20
SINGAPURA-(IDB) : Amerika Serikat ingin meningkatkan kerja sama militernya dengan Indonesia. Komitmen itu disampaikan Menteri Pertahanan Chuck Hagel di Singapura Jumat setelah bertemu dengan timpalannya Menhankam Purnomo Yusgiantoro.

"Kedua pemimpin menegaskan kembali pentingnya memperdalam hubungan (dan) meninjau kemajuan yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan latihan dan pelatihan, serta dialog kebijakan pertahanan reguler," kata juru bicara Pentagon George Little setelah pertemuan.

Kedua menteri pertahanan bertemu di sela-sela forum keamanan tahunan di Singapura, Dialog Shangri-La, yang diselenggarakan
Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) yang berbasis di London.

Hagel mengingatkan pentingnya menghormati hak asasi manusia sebagai prasyarat untuk hubungan militer lebih dalam dan "membahas dukungan Amerika untuk modernisasi militer Indonesia, termasuk melalui penjualan peralatan militer luar negeri AS," kata Little.

AS berkepentingan dalam meningkatkan hubungan militer dengan Indonesia sejalan dengan "poros" strategis Presiden Barack Obama, atau pergeseran strategis, ke wilayah Pasifik. Kebijakan itu diumumkan pada Januari 2012 setelah satu dekade perang di Afghanistan dan Irak.

Obama, yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia, menempatkan prioritas dalam periode pemerintahannya untuk membangun hubungan dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, yang dengan cepat memeluk demokrasi sejak tahun 1990-an.

Sementara beberapa ahli melihat hubungan menghangat lebih retoris daripada substantif. Amerika Serikat dinilai meningkatkan hubungan dengan militer, terutama dengan Indonesia didorong kekhawatiran sebelumnya terhadap catatan hak asasi manusia unit pasukan khusus.






Sumber : Republika

20 komentar:

  1. as lagi cari perhatian.

    BalasHapus
  2. mungkin lebih baik berpikir positif dulu, moga aja as benar2 mempererat hubungan karena mereka respect thd indo sebagai salah negara yg punya pengaruh kuat di kawasan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkali kali dilecehkan haruskah selalu berpikir positif ?..? lalu bagaimana dg kalimat "pelajaran adalah guru yg paling baik"...saya tdk anti as dan barat,tetapi sebagai bangsa yg besar seharusnya kita menjunjung nilai kesetaraan dan harga diri bangsa..

      Hapus
  3. tanpa bermaksud takabur, negara indonesia mungkin baru berumur puluhan tahun, tapi bangsa indonesia, baik tercatat ataupun tidak, telah melewati banyak sejarah yg sangat panjang.

    pesan buat as: jangan main-main terhadap bangsa indonesia.

    BalasHapus
  4. Ano 08.32 anggota pasukan PP2A yg me -agung2-kan pak Syafri rupanya juga anggota klandestine yg beafliliasi dg AS, sehingga meremehkan ke waspadaan nasional terhadap penetrasi halus dari AS agar Indonesia nantinya jadi sekutu dlm rangka menghadapi China.
    Waspada dan hati-hati khusus kpd anggota PP2A yg lain, ada anggota yg gandrung kerjasama erat dg AS untuk menghadapi krisis AS dg China.

    BalasHapus
  5. Bagus juga mengidolakan jend safri!!! Daripada pecaya sama boler si penghujat!!! Gak level kaleeee boler

    BalasHapus
  6. Waspadalah waspada,jgn msk ke mulut harimau lagi.
    Saya rasa suatu alasan agar kekayaan uranium dll dapat dikelola AS.
    Terlalu byk kepentingan AS dalam dunia ini,pasti ada makna dibalik itu.

    BalasHapus
  7. Yang berkomentar diatas babi semua ngomongnya ngelantur kayak taik by: adrian kalibata city herbas 02/CU

    BalasHapus
  8. RI Kembali Desak AS Pulangkan Alutsista TNI ... - Warta Terkini

    http://www.google.com/url?q=http://www.wartaterkini.com/24/93/42/ri-kembali-desak-as-pulangkan-alutsista-tni-di-mancanegara.htm&sa=U&ei=QxmsUbDeI8GArgef-YD4BQ&ved=0CCQQFjAI&sig2=FKbGqUZUxfhTl0_NblZthg&usg=AFQjCNHgkaNsWkLYlXFhilaqy35w3XEx9g
    Gak kapok kapok lanjut trus sama amrik

    BalasHapus
  9. Prihatin bangsa indonesia bakal menjelma ala india cina ,kacung nya di istana bakal segera berakhir kami pun bellom tahu penguasa nkri 2014 ,mr paman sam saban hari jam monitor nkri, mereka tidak buta politec tanah air

    BalasHapus
  10. Masa mau jatuh kelubang yang sama???
    Di asia ini cuma singapore yang didukung penuh sama as.

    BalasHapus
  11. Itu si adrian mulutnya minta di sumpel pake taik anjing kali ya..ngomongnya kayak bukan org waras.gw rasa ni orang sebenarnya gila akut cuma kebetulan punya gadget jadi bisa buka2 blog.gw rasa ni orang klo koment pas lagi di kolong jembatan deh sambil siul2 kayak......

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. horee.... ndak lama lg akan ada apache bekas, f-16 bekas, black hawk bekas, kapal perang bekas, tank bekas, baju doreng bekas, celana doreng bekas, celana dalam doreng bekas, kondom bekas...........hidup negeri second hand

    BalasHapus
  14. Hubungan RI - AS harus sederajat, dan kalo salah satu pihak memberikan syarat dalam berhubungan maka sudah tidak sederajat lagi.
    Indonesia harus tahu bahwa disamping keuntungan ekonomi AS dalam penjualan persenjataannya ke indonesia , AS juga memanfaatkan indonesia sebagai bumper AS +Aussie di laut cina selatan.
    Mempertimbangkan dua keuntungan AS diatas, seharusnya Indonesialah yang mengajukan syarat untuk hubungan yang lebih baik dan bukan sebaliknya.
    Coba lihat bagaimana mesir bisa memanfaatkan posisi dan kebijakan politiknya buat mendapatkan hibah miliaran dolar pertahun yang berdampak sangat significant buat perkuatan militernya.

    BalasHapus
  15. Yaaa bakal seperti manila kapal bekass mirip peyebrangan di merak di paksa di suruh di belli ,indonesia hampir mirip dan lebih cilaka di suruh bayar kontan duluu barngg sudah 6 tahun leyapp entah kapan barang rongsokan f16 di negeri orang sudah di buang kita masih mengharap cemas besi tua gak datang2 entah kapan ??????????

    BalasHapus
  16. us penjahat kemanusiaan

    BalasHapus
  17. gue herman ma pemerintah RI ttp aja prcaya ma us ck..ck...

    BalasHapus
  18. Babi semua kontol semua yg komment diatas by: adrian kalibata city herbras 02/CU

    BalasHapus
  19. Sadar tidak sadar tanah kelahiranmu sudah di gadaikan

    BalasHapus