Kamis, April 04, 2013
0
JAKARTA-(IDB) : Dalam rangka meningkatkan dan memperat hubungan diplomatik, khususnya bidang hubungan luar negeri dan Pertahanan, Pemerintah Indonesia dan Australia, Rabu (3/4) mengadakan forum Two plus Two Meeting di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta. 

Forum Two Plus Two Meeting yang kedua ini di hadiri oleh Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr, Menteri Pertahanan Australia, Stephen Smith Mp, Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa dan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro.

Pada Forum tersebut, Pemerintah RI dan Australia melalui kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan saling berkomunikasi dan bertukar pandangan terkait isu dari kepentingan nasional kedua negara.

Sebelumnya kedua negera juga telah melaksanakan pertemuan forum yang sama pada bulan Maret 2012 di Canbera Australia. Keberadaan forum pertemuan tersebut makin mencerminkan dan menggambarkan lebih jauh mengenai hubungan kedua negara yang bersifat sangat lengkap dan utuh baik mulai dari kepala negara hingga tingkat menteri di forum pertemuan bilateral.

Didalam Forum pertemuan kali ini ke-empat Menteri telah mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang ada di bidang hubungan luar negeri dan pertahanan. Secara detail pertemuan ini membahas mengenai perkembangan situasi di kawasan dan global, seperti perkembangan isu yang terjadi di Laut China Selatan, dan di wilayah Timur Tengah.

Selain itu masing-masing negara juga berdiskusi terkait potensi kerjasama yang dilaksanakan kedua negara. Adapun kerjasama yang telah dibahas antara lain mencakup kerjasama Peace Keeping, penanganan di bidang bencana alam, forum kerjasama Asian Defence Minister Meeting (ADMM) Plus, dan kerjasama di bidang lainnya.

Mengenai masalah kerjasama pertahanan, kedua negara membahas transparansi modernisasi angkatan bersenjata kedua negara di masa datang. Selain itu pembicaraan mengenai pembahasan forum pertemuan ADMM Plus, kedua negara setuju untuk meneruskan penyelenggaraan forum pertemuan tahun ini di Brunei Darussalam khusus membicarakan latihan bersama terkait bantuan kemanusiaan dan penanganan bencana alam.





Sumber : DMC

0 komentar:

Posting Komentar