Selasa, Maret 26, 2013
0
SURABAYA-(IDB) : Latihan Parsial Tingkat lll tahun 2013 merupakan latihan manuvra laut dan pendaratan amphibi yang dilakukan oleh unsur-unsur dari berbagai Satuan jajaran Koarmatim dan prajurit Marinir tengah memasuki tahap Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan di ruang TFG Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim Ujung Surabaya, Rabu (20/3). Kegiatan ini diikuti oleh para Komandan Unsur dan para Komandan pasukan Marinir yang terlibat dan ditinjau langsung oleh Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Timur (Guskamlatim) Laksamana Pertama TNI Wuspo Lukito S.E.


Latihan Parsial Tingkat lll adalah latihan antar Komando Utama (Kotama) yang digunakan untuk menguji, menilai, mengevaluasi dan mengukur sejauh mana hasil pembinaan kemampuan dan kekuatan yang telah dicapai dalam periode tahun ini. Sifat operasi TNI-AL memiliki karakteristik yang berbeda, bukan hanya berbeda pada media yang dilalui namun juga  berbeda dari sifat lingkungan tugasnya. Untuk itu pada latihan ini akan diuji coba kekuatan unsur-unsur satuan yaitu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Kapal Angkatan Laut (KAL), Pesawat Terbang dan Marinir yang didukung oleh pangkalan-pangkalan TNI-AL.


Untuk tahap manuvra laut akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2013 mulai dari perairan Selat Madura sampai dengan operasi pendaratan di pantai Banongan, Situbondo tanggal 29 Maret 2013. Pada latihan Parsial tingkat lll ini, melibatkan 16 kapal atas air, 3 helikopter, 3 pesawat Cassa dan 1 Bataliyon Tim Pendarat (BTP) Marinir dengan perlengkapan tempurnya. Latihan ini merupakan media untuk meningkatkan kemahiran dan ketrampilan  perorangan maupun kelompok didalam merencanakan dan mengembangkan prosedur operasi gabungan, dan dipersiapkan untuk melaksanakan Latihan Gabungan TNI tahun ini.






Sumber : Koarmatim



0 komentar:

Posting Komentar