Jumat, Maret 22, 2013
29
JAKARTA-(IDB) : Isu kudeta yang berhembus menjelang demo 25 Maret 2013 jangan ditanggapi terlalu berlebihan. Tidak ada pihak yang bisa melakukan hal itu karena TNI sudah dipastikan tak berbuat demikian.

"Yang mau kudeta itu siapa? Yang punya senjata itu kan TNI. TNI tidak akan berbuat demikian," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro usai jumpa pers usai melepas tim aerobatik Indonesia di Halim Perdanakusumah, Jaktim, Jumat (22/3/2013).

Menurut Purnomo, kedaulatan Indonesia harus tetap dijaga. Aksi demo boleh saja, namun jangan sampai berujung anarkis yang merugikan semua pihak.

"Tapi jangan bebas, kemudian sebebas-bebasnya. Saya peringatkan, jangan main-main dengan negara ini, jangan main-main dengan kedaulatan Indonesia," tegasnya.

Isu kudeta berhembus setelah BIN menyatakan bakal ada aksi demo besar 25 Maret mendatang. Tuntutan para pendemo adalah agar presiden SBY turun dari jabatannya.

Kalau Ada yang Kudeta, Kami Serbu 

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro membantah ada pihak-pihak yang akan melakukan kudeta pada tanggal 25 Maret 2013. Sebab, untuk melakukan kudeta, perlu modal kekuatan senjata.

"Sementara yang punya senjata militer kan hanya TNI," kata Purnomo di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat, 22 Maret 2013. Dia menjamin TNI tidak akan melakukan kudeta. Sebab, TNI memegang teguh prinsip kedaulatan Tanah Air.

Indonesia, Menteri Punomo melanjutkan, memang memegang asas demokrasi. Siapa saja berhak mengeluarkan dan mengemukakan pendapat. Namun, asas demokrasi tetap ada batasnya yaitu tidak boleh melanggar batas kedaulatan Indonesia. "Itu prinsip TNI dan Kementerian Pertahanan. Kalau terjadi kudeta yang ingin menggoyahkan Indonesia, kami serbu mereka," ucap dia.

Sebelumnya, muncul isu akan ada kudeta untuk menggulingkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 25 Maret mendatang. Isu kudeta sebenarnya sudah kerap diembuskan pada 2011 dan 2012 lalu. Semuanya tidak pernah terjadi.






Sumber : Detik

29 komentar:

  1. Menurut saya, isu tersebut berlebih-lebihan atau mungkin cara sby untuk memeberlakukan darurat militer seperti husni mubarak. Jujur, saya memang tidak menyukai gaya kempemimpina sby, tetapi bila memang terjadi kudeta oleh suatu pihak yang berkrpentingan (bukan dari sby dan pihaknya) saya tidak setuju karena kudeta yang terjadi dikhawatirkan mengakibatkan kekacauan stabilitas politik dan perencanaan pembangunan negara yang sudah ada.

    BalasHapus
  2. sing kudeta paling yo antek2 CIA.DEMOKRASI KITA ADALAH MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT.DEMO SERAH LO LO PADA.TAPI KLO KUDETA BUKAN BUDAYA KITA.KITA BANGSA CERDAS

    BalasHapus
  3. Nggak ada yg main-main yg ada sungguhan = beneran, gimana seh???

    BalasHapus
  4. saya pengen tahu, ada nggak si pemimpin yg lebih hebat dari SBY? Kalo beliau berhenti sekarang, trus sing arep nganti sopo????

    BalasHapus
  5. Kita harus waspada karena sangat susah kudeta militer di Indonesia, yg bisa dilakukan adalah Kudeta secara Ekonomi (lihat 1998) Kudeta Sipil, coba cermati kenaikan harga2 Sembako dan barang2 yang terjadi sangat tidak normal belakangan ini....hati2 yang jelas ada pemainnya.....

    BalasHapus
  6. TNI dan rakyat TETAP mendukung kepemimpinan Bpk.SBY. Siaaappp Jenderal!!!

    BalasHapus
  7. Menurut saya keadaan masyarakat jauh lebih baik bahkan dibanding masa pak harto. Saya 13 thn tinggal di jkt dimana perputaran uang sangat besar di sini. Tapi setiap setahun sekali atau 2 kali saya pulang kampung. Saya perhatikan orang2 di kampung saya juga semakin mapan. Jangankan di kotanya tp didesa2 kota saya pembangunan sangat terasa. Rumah2 juga seperti balapan dibangun atau renovasi jadi bagus.toko matrial semakin banyak dan besar2.masyarakat rata2 punya motor lebih dari satu..jalan2 juga dipenuhi mobil mobil. 14 tahun lalu abg2 memenuhi jalan dgn sepeda atau jalan kaki. Tapi skrg memenuhi jalan2 dgn motor bagus2, termasuk ninja. Yang bapak2nya sliwar sliwer pake mobil sedan2 taon 2000an sampai avansa banyak sekali. Saya sampe heran2. Darimana mereka dapet uang itu.tapi yah itulah mungkin kemajuan ekonomi Indonesia yg cuman saya baca di media2 asing memang terasa juga dikota kecil.

    BalasHapus
  8. setelah soekarno, sby adalah presiden yg gw suka, walaupun terkadang terlihat kurang tegas, tapi lihat ap yg sudah dibangun, mulai dari pertahanan, industri pertahanan, perekonomian, harga diri bangsa yg sudah mulai timbul, dll
    dalam hal korupsi, beliau tidak melakukan intervensi terhadap kpk, walau pun banyak dari petinggi demokrat yg terjerat kasus korupsi. terlihat tulus ingin membangun negri ini.....
    ketika anggota demokrat terjerat korupsi, beritanya di tv gak habis2, namun ketika kemarin ketika anggota golkar digeledah kpk, berita redup...
    inidia beberapa petinggi partai memiliki station tv jadi terlihat tidak adil dalam hal pemberitaan...
    mungkin ngeliat komen gw banyak yg nganggap gw orang demokrat.gw bukan dari partai manapun.
    gw cuma menilai berdasarkan realita..

    BalasHapus
  9. yg mau kudeta silahkan......asal udah siap untuk mati...hari gini mau kudeta????????????? gak ada kerjaan lain ya?..sikat aja yg mau kudeta jendral!!!!!!!!!!!!!!!!.ini perintah dr rakyat.

    BalasHapus
  10. mahasiswa gadungan IQ jongkok semua tuh yg mau kudeta..TOLOL Ekonomi dan pembangunan sudah berjalan dgn baik Ehh.. dia malah menghabat lajunya negara heh.
    Sikaaaatt sampai keakar akarnya pak. gak peduli mau dari pihak asing kek dari dlm negri kek pokonya sikaaaatt kalo udah menggangu kedaulatan NKRI !!

    BalasHapus
  11. Coba tanya sama yang pada Demo, emang mereka mampu menjadi presiden? Bisa- pinternya pada komentar doang, berani apa ga tanggung jawab dengan segala resikonya.
    Mohon maaf sebelumnya kalo orang yang pernah mengalami memimpin suatu perusahaan/ kepala departemen pasti akan merasakan bagaimana pusing dengan mengatur- mengarahkan dan mengambil keputusan yang harus kamu ambil dan kamu hadapi segala tanggung jawab berikut resikonya.
    Pengalaman saya orang yg pandai komentar ketika ditantang dan dikasih tanggung jawab dia cuma cengengesan aza hehehehe.......
    Salam hormat buat saudaraku rakyat INDONESIA

    BalasHapus
  12. Menurut info yg saya dapet mereka hanya mengkampanyekan ANTI POLITIKUS BUSUK gak lebih dari itu. Dan mereka akan membawa kasus migas, korupsi, century dll yg belum terselesaikan sampai saat ini. Juga pemborosan anggota dewan yg sering melakukan studi banding keluar negri.
    Mudah mudahan saja nggak ada kudeta kedetaan seperti dithn 98.. Aamiin

    Salam bhineka tunggal ika
    #saveRI #saveKPK

    BalasHapus
  13. hari gini kudeta2 an hahaha pengen ketawa ane... kalo mau ganti presiden ya sabar aja sih kan udah ada waktu nya lagian tinggal setahun lage aja make kudeta2 an... mana ada rakyat yg ngedukung tuh rencana dongo...

    BalasHapus
  14. Walo SBY "jelek" (maaf), sy tidak dukung kudeta, nambahin mudarat aj... hadeehh

    BalasHapus
  15. Mau kudeta = Karung

    BalasHapus
  16. Ini implikasi dari kekuatan TNI yg di bangun SBY.. Jadi ada pihak yg digunakan asing untuk mengacaukan itu.. Tidak peduli tidak demokratis

    BalasHapus
  17. Strategi politik yang saat ini terjadi bisa dilakukan dengan menghembuskan isu-isu yang fenomenal dan cepat membahana, padahal rakyat adem ayem. Kasak-kusuk yang terjadi bisa dibilang sebuah dagelan atau sinetron politik yang bermaksud untuk menutupi kasus-kasus besar yang sebenarnya lebih gawat bagi pemain-pemain catur politik itu sendiri.

    Korupsi saja udah dilakukan berjamaah baik oleh pihak legislatif maupun eksekutif semua kongkalikong mengeruk uang negara yang seharusnya untuk kepentingan bangsa dan negara guna mensejahterakan rakyat Indonesia.

    Ada apa kok tiba-tiba timbul isu yang menyatakan Presiden akan di kudeta...?????

    Mari kita flashback sedikit kebelakang.
    1. Kasus century mulai ada sorotan lagi memlaui si Anas yang bisa dikatakan sebagai orang dekat dan penting bagi Partai Penguasa.
    2. Kasus Sprindik yang...bocor..bocor...bocor..., yang melemahkan atau mencoreng nama baik KPK.
    3. Bocor..bocor..bocor...laporan Pajak SPT seorang presiden yang seharusnya secret pun bocor oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
    4. Dihembuskannya isu santer tentang keluarga presiden (anaknya) yang terlibat kasus Gratifikasi pembangunan stadion olah raga Hambalang.

    Dan masih banyak lainnya yang semua itu mengarah pada kroni-kroni dan keluarga presiden bahkan presiden sendiri menjadi sasaran negatif untuk menjatuhkan harkat dan martabat seorang presiden.

    Dari hal-hal yang terjadi diatas, maka sudah barang tentu ada pihak-pihak yang sengaja untuk merencakan pembuatan image atau penilaian yang sangat negatif tentang presiden kita saat ini. Sehingga banyak kalangan yang memang sudah tidak suka atas kepemimpinan presiden saat ini membuat petisi untuk melengserkan kepemimpinan presiden RI yang secara politik telah dipilih melalui mekanisme demokrasi.

    Bila ini dilakukan oleh lawan-lawan politik yang nota bene adalah para mantan-mantan petinggi militer maka ini sangat berbahaya bila beberapa anggota militer aktif akan dilibatkan karena pengaruh yang masih dimiliki oleh seorang mantan jendral yang sekarang menjadi lawan politik presiden saat ini.

    Jelas suatu hal yang tidak mungkin dapat dilakukan bila KUDETA hanya dilakukan oleh PIHAK SIPIL. Sebab sipil tak ada kekuatan sedikitpun kecuali melalui mekanisme POLITIK di DPR dan MPR.

    Oleh sebab itu kudeta hanya mempunyai power bila dilakukan leh kekuatan MILITER yang memang mempunyai perangkat senjata guna melakukan pengalihan secara paksa sebuah kekuasaan yang dianggap sudah tidak lagi mempunyai kebijakan yang berpihak pada rakyat & negara.

    Adakah hal itu terjadi???

    Tidak ada, justru faktor KORUPSI yang paling banyak dilakukan oleh pihak-pihak POLITIKUS & lembaga KEMENTERIAN yang terkait.

    Nah secara HUKUM, KUDETA tak didukung oleh Undang-Undang dan secara POLITIK tak ada kewenangan oleh pihak LEGISLATIF untuk mengadakan suatu IMPLISMENT terhadap kepemimpinan presiden saat ini.

    Bila itu terjadi maka mereka yang melakukan rencana KUDETA haruslah berpikir ulang bila hal-hal yang saya sebutkan diatas tidak terjadi. Akan menjadi BLUNDER pada kelompok mereka sendiri.

    Kesimpulannya KUDETA tak akan pernah ada dinegeri ini. Ini hanya sebuah isu-isu kecil yang sengaja untuk mengalihkan kasus-kasus besar yang selama ini terjadi.

    Dukung KPK dan PENEGAKAN HUKUM yang ADIL dan BERMARTABAT di Indonesia. BASMI KORUPSI DI INDONESIA.

    BalasHapus
  18. busuk menhann bukan siapa kamu gak jujur 100% yataa kami rakyat sudah
    bosan dengan akal2 kita rakyat di buat bingung adu domba ,hentikan politicer busukkk stopp belanja patgulipat alutsista zebelum terlambat .

    BalasHapus
  19. Menurut orang kampung (60% penduduk RI) SBY cukup bagus!!! Yg jelek itu yg slalu cari kesalahan orang lain

    BalasHapus
  20. mari kita bangun negeri ini dengan tidak dengan caci maki....dengan ketulusan dan santun... saya pribadi mendukung pemerintahan yang sah menurut undang undang..pak sby kami mendukung anda jendral....!?mengkritik orang lain emang gampang, tapi sudahkan bapak bapk yang suka bicara..sudah membangun keluarganya dengan baik? baru berfikir negeri ini..

    BalasHapus
  21. Jika boleh saya mewakili masyarakat kabupaten jawa timur mendukung pemerintahan Presiden SBY yang SAH. SIAPP PERINTAHH.. JENDRAL!!!!

    BalasHapus
  22. Maksudnya ano 09.22 kasus century ditutupi kasus bawang, kasus bawang ditutupi kasus ibas, kasus ibas ditutupi kasus lapas cebongan, kasus lapas cebongan ditutupi kekalahan Indonesia vs arab, lalu ditutupi sm komentnya dia...

    BalasHapus
  23. Penangkapan hercules mengalihkan kasus john kei, kasus john kei mengalihkan kasus johny indo, kasus johny indo mengalihkan kasus john lennon

    BalasHapus
  24. Video2 Harlem shake buat mengalihkan kasus simulator sim. Gangnam style buat mengalihkan kasus impor sapi. Psy dari korea itu dikontrak kerja sama dgn pihak korea. Ribuan anak muda akan demo di bundaran HI menuntut pengusutan tuntas kasus itu, tapi ngga jadi, mereka malah melakukan harlem shake dan gangnam style massal.dan kemudian pulang kerumah masing2 dengan hati gembira.

    BalasHapus
  25. menurut Ano 09.22, dilingkungan presiden sendiri sudah ada pihak yang sengaja membongkar sisi negatif presiden, bahkan sampai dokumen yang seharusnya rahasia bisa dibuka ke media, ini artinya kekuasaan presiden sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan, sebab bisa menjadi preseden buruk yang mengarah pada MOSI TIDAK PERCAYA.
    Ini akan menjadi benih-benih KUDETA bila ada pihak dari TNI ato POLRI mendukung mosi tidak percaya.

    BalasHapus
  26. Coup deta't atau kudeta, atau pengambil alihan kekuasaan secara paksa dengan kekerasan dan pertumpahan darah, serta pemaksaan kehendak menjadikan negara dalam keadaan bahaya atau "Staat on Beleg" sehingga seluruh kondisi menjadi kacau balau, mencekam, penuh dengan rasa ketidak pastian, terjadi huru hara, banyak masyarakat yg bertindak anakis, saling curiga mencurigai, klimaksnya terjadi saling bunuh membunuh diantara sesama tanpa sebab yg berarti, ekonomi mandeg, masyarakat banyak yang menderita HO, karena sembilan bahan pokok sulit di dapat, sungai-sungai banjir darah dan penuh dengan bangkai manusia tanpa kepala, susana di pnggiran hutan tidak kalah seram karena banyak karung dengan isi jasad manusia, termasuk kuburan massal dari akibat kudeta dan semua yang saya tulis adalah kejadian yang sudah pernah saya alami, saksikan dan renungkan, sedemikian kelam ekses kudeta, bahkan puluhan tahun setelah kudeta banyak anggota masyarakat yg mempunyai KTP dg imbuhan "OT" menunjukan kelas masyarakat yang tidak akan mendapatkan pelayanan dari pemerintah tingkat manapun, karena dianggap berbahaya begitu pula seluruh bagian dari anggota keluarganya.
    Saya berharap dan berdo'a semoga kejadian masa lalu yang demikian kelam dan mengerikan tidak perlu diulangi dan terulang kembali.
    Sudah cukup!!!

    BalasHapus
  27. Mulai deh bermunculan kisah lama dari kisah jaman raja raja sampai sekarang ini.
    uang PALSU
    lowongan kerja PALSU
    monas PALSU
    kudeta PALSU
    pasukan AK47 PALSU
    anon PALSU
    user PALSU
    ingat !! kejujuran hanya milik si tukang gigi PALSU
    habis kalo gitu gak lucu kaataaanyaaaa...
    Negri ku semakin ngeri ku KENAPA PADA SENANG MELIHAT ORANG SUSAH DAN SUSAH KALO MELIHAT ORANG SENANG. Ada apa denganmu kata aril Noah

    BalasHapus
  28. Terjadi Kudeta di Afrika Tengah http://m.news.viva.co.id/news/read/399951-terjadi-kudeta-di-afrika-tengah

    mana yg bener tentang penyebaran piagam nata dan iota??
    Indo atau afrik ??
    Yg ada dikabar indonesia sedang gawat gawatnya. Calon presiden sudah ada tp belum ada rakyat yg ingin kembali mencalonkan diri sbg rakyat dithn 2014

    BalasHapus
  29. Biasanya yang dibelakang gerakan ini adalah orang orang yg tidak berhasil jdi legislatif tahun 2009 jadinya mencari cari kesalahan orang lain lagu lama yang dipake, gtu aja blangnya atas nama rakyat, rakyat yang mana????????

    BalasHapus