Senin, Februari 04, 2013
7
KAIRO-(IDB) : Amerika Serikat mulai melakukan penyerahan awal empat dari total 20 pesawat tempur jenis F-16 kepada Mesir.

Duta Besar AS untuk Mesir Anne Patterson seperti dikutip media massa setempat mengatakan pemenuhan pesanan Mesir atas pesawat tempur tersebut akan berlangsung dalam tahun ini.

"Penyerahan pesawat tempur itu menandakan hubungan bilateral AS-Mesir berjalan baik yang dijalin dalam 34 tahun terakhir," kata Dubes Anne.

Disebutkan, pembelian Mesir atas pesawat tempur buatan AS itu merupakan kerangka kerja sama di bidang pertahanan yang saling menguntungkan.

Dana pembelian pesawat tersebut diambil dari program bantuan tetap AS kepada Mesir senilai 1,3 miliar dolar AS setiap tahun.

Selain bantuan militer, dana tersebut juga diperuntukkan untuk mendukung program keamanan dan Mesir dan pemberantasan terorisme, kata Dubes Anne.




Sumber : Antara

7 komentar:

  1. Konsekwensi politik yg harus dibayar mahal oleh AS setlh persetujuan damai Mesir dan Israel di Cam David. Pada saat ini dg dikuasainya Mesir oleh Partai Ihkwanul Muslimin yg secara politik lebih condong untuk membela Hamas di Gaza.
    Oleh karenanya, AS pasti bermain rapi dimana alutsista yg diserahkan ke Mesir pasti dibawah alutsista yg diberikan ke Israel kualitas maupun kemampuan operasionilnya.
    Ya demikianlah sandiwara yg dilakoni oleh AS.

    BalasHapus
  2. Betul mas boleros,emang amrik tu panjang akal bulusnya,senasib jg dg f16 hibah ke indonesia...

    BalasHapus
  3. He he.. pas ketemu jet tempur israel gak bisa nembak karena disetting "friendly" bukan foe.

    BalasHapus
  4. Hebatnya mesir bisa memainkan perannya dengan baik dan memperoleh manfaat yang besar buat negaranya .... 1.3 miliar dollar bantuan tetap per tahun.
    Right or wrong it's my country ... Itulah negara yang berdaulat, berani berbuat yang terbaik bagi negaranya, gak tunduk dengan tekanan mau pun permintaan apa pun alasannya. Meski permintaan negara sahabat if it's not best for the country ... No way.
    Kapaaaaan negara kita bisa berdaulat ya ????

    BalasHapus
  5. apa bedanya dg indo???kita dapat beli alutsista usa...asal jadi antek amerika,itupun alutsista kedaluarsa...wakakakakaka

    BalasHapus
  6. gak sempet mikir pertahanan n kedaulatan mas bro,presiden kita saja pusing untuk mempertahankan kekuasaannya,ibarat main catur nih satu2 prajuritnya mulai d lumpuhkan....

    BalasHapus
  7. Ente emang mau senjata ente makan tuan? hal logic banget yg ga perlu pake logika....

    BalasHapus