Selasa, Januari 22, 2013
14
MOSCOW-(IDB) : Sementara Amerika Serikat terus membangun sistem pertahanan rudal globalnya, Rusia sedang mempersiapkan pembaharuan radikal rudal strategis nuklirnya.

Sepertinya militer dan industri militer Rusia telah secara serius mempersiapkan rudal strategis untuk mengatasi sistem pertahanan rudal Amerika. Dua rudal strategis dari kelas berbeda saat ini sedang dikerjakan Rusia dalam waktu yang bersamaan.

Menurut Sergei Karakaev, komandan Pasukan Rudal Strategis (SMF) Rusia, rudal ini berbobot 100 ton, merupakan rudal balistik antar benua (ICBM) berbahan bakar cair yang akan mengungguli rudal terkuat di dunia saat ini R-36M2 Voevoda (NATO: SS-18 Satan), dan ICBM berbahan bakar padat yang direncanakan untuk menggantikan sistem Yars (RS-24 dan Topol-M) generasi kelima.

"Karena potensi ICBM bahan bakar padat tidak cukup untuk mengatasi sistem pertahanan rudal Amerika, ICBM bahan bakar cair berat diperlukan untuk melakukan tugas ini. Seperti ICBM yang memungkinkan penciptaan non-nuklir, presisi tinggi, senjata strategis dengan jangkauan global praktis, kecuali bila Amerika Serikat menghentikan programnya, "kata Karakaev.

Ini adalah pertama kalinya Rusia mengungkapkan tentang menciptakan rudal berbahan bakar padat baru. Menurut Jenderal Karakaev, peluncuran beberapa prototipe rudal ini telah dilakukan pada tahun 2012 - yang terakhir pada 24 Oktober 2012. Hal ini mengakhiri spekulasi tentang apakah Pasukan Rudal Strategis Rusia membutuhkan rudal berbahan bakar cair kelas berat atau tidak.

Rusia melakukan modernisasi besar-besaran terhadap keluarga Topol pada era 1990-an dan mengadopsi Topol-M Silo (NATO : SS-27) pada tahun 2000, diikuti oleh Topol-M2 mobile tahun lalu. Ini adalah Topol baru dan yang baru diadopsi adalah Yars RS-24 yang akan secara bertahap menggantikan dan menonaktifkan generasi pertama Topol/Yars

Namun rudal berbahan bakar cair masih menjadi tulang punggung satuan penangkal rudal strategis Rusia; UR-100N (NATO: SS-19 Stiletto) dan Р-36M (US Department of Defense dan NATO: SS-18 Satan). Namun, bagaimanapun, rudal ini sudah usang dan harus dipensiunkan selama beberapa tahun ke depan.

Menurut perkiraan oleh Leonid Kalashnikov, wakil ketua Komite Pertahanan Negara, Rusia akan menerima 100-105 ICBM baru pada tahun 2015. Artinya, topol-M hulu ledak tunggal dan Yars -24 tiga hulu ledak akan mampu membawa total 110-115 hulu ledak. Pada saat yang sama, Amerika Serikat juga berencana untuk menggelar 900 pencegat rudal balistik di seluruh dunia pada tahun 2015.

Amerika Serikat menarik diri dari Perjanjian Rudal Anti-Balistik 1972 pada tahun 2001 dan tidak lagi dibatasi oleh pembatasan unutk membangun kuantitas dan kualitas sarana tersebut. Menurut Karakaev, sangat mungkin bagi Amerika untuk menyebarkan sistem pertahanan anti-rudal di ruang angkasa.

Pemimpin militer dan politik Rusia mengandalkan negosiasi yang sukses dengan Amerika Serikat mengenai pertahanan rudal. Namun, negosiasi berakhir dengan kebuntuan, penyebaran yang gigih Washington untuk sistem  pertahanan anti-rudal berbasis pemukaan darat dan laut, ditambah dengan rusaknya hubungan bilateral kedua negara, telah memaksa pemimpin Rusia untuk mempertimbangkan tindakan lebih tegas.

Di sinilah salah satu akibat munculnya gagasan rudal dahsyat jarak jauh ini dari Rusia. Sebenarnya saat ini Rusia sudah memiliki rudal tersebut - yang disebutkan di atas berbahan bakar cair- yaitu UR-100N dan R-36M. Namun, rudal tersebut telah bertugas sejak akhir 1980-an, dan umur mereka sudah mendekati masa pensiun.

Pada tahun 1990-an pengembangan rudal baru Rusia ditunda, ketika Pasukan Rudal Strategis dikonversi sepenuhnya untuk menggunakan kompleks rudal ringan berbahan bakar padat. Namun, rudal ringan belum mampu menjadi pengganti penuh untuk rudal berbahan bakar cair raksasa.

Menurut Yuri Zaitsev, seorang ahli di Academy of Engineering Sciences, "tidak mungkin rudal Topol-M dan Bulava difungsikan sebagai pengganti yang layak bagi rudal yang akan dinonaktifkan."

Meskipun demikian, Rusia tidak berencana untuk meninggalkan teknologi rudal berbahan bakar padat. Rudal berbahan bakar padat adalah yang paling cocok untuk sistem rudal yang mobile salah satunya karena waktu peluncurannya yang cepat. Ini berarti bahwa Rusia akan terus mengembangkan pengganti untuk kedua jenis rudal aktifnya, bahan bakar air dan padat.





Sumber : Artileri

14 komentar:

  1. Sangat bersyukur kalo rusia dan china dpt segera menjadi super power,agar bisa mengurangi arogansi militer amrik.

    BalasHapus
  2. Kalo saya mah syukur2 kagak ada perang dunia ke3..
    Kalo sampe terjadi terpaksa jadi pengungsi.. Ke desa lalu buat bunker seperti vietkong hanya untuk sekedar bertahan hidup dengan anak istri yg masih balita pak.. Makan daun2,anak2 makan 2 hari sekali kalo nangis diikat mulutnya biar kagak ketahuan musuh..
    Kira2 njenengan semua siap G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ dengan kondisi ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah...keren bgt predeksi ente bung...
      ente udh memikirkan sebab akibat jika perang terjadi... :-b

      Hapus
  3. Setuju banget, saya kagak mau dukung siapapun superpowernya....ogah jadi pelanduk yang mati diantara pertarungan 2 gajah.....Naif sekali pendapat anonim atas sendiri..

    BalasHapus
  4. sangat dibutuhkan penyeimbang dalam kehidupan...... Good Job Boy......

    BalasHapus
  5. Ya udah indonesia aja yg jd punya kekuatan rudal di region, setuju!!!

    BalasHapus
  6. makanya jadi bangsa dan negara yg kuat biar tidak ada yg berani mengganggu kita, jadi kita dan anak2 kita tidak perlu lagi sembunyi-sembunyi seperi jaman penjajah, apa mau di jajah lagi',...makanya dukung dan bangun negaramu biar kuat.'JAYALAH INDONESIA'

    BalasHapus
  7. Alamakkk ngeri sekali, apa jadinya jika satu rudal nuklir dijatuhkan ke Indonesia???

    Semoga Para Petinggi bangsa memikirkan hal ini, untuk membuat perisai anti rudal nuklir negara sendiriiii...

    BalasHapus
  8. ketakutan yg berlebihan siapa pun yg hidup didunia pasti mati,jd gak perlu menunggu perang dulu baru mati,
    saya rasa rusia dan china adalah negara penyeimbang atas AS dan sekutunya, kalau tidak ada penyeimbang maka AS dan sekutunya akan leluasa menginvansi negara lain untuk di sedot sumber daya alamnya seperti drakula penghisap darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Russia dan China jg bisa jd dracula kalo punya power seperti USA.....kalo ada yang protes pernyataan saya, saya balik tanya seberapa besar kita percaya dengan Russia dan China? Toh mereka juga negara imperialis yang senantiasa ingin memperluas wilayah dan sumber daya alam di daerah lain....lihat apa yang dilakukan russia di negara2 baltik waktu perang dingin...dan apa yang dilakukan China di Tibet, kep Spartly di laut Cina selatan....kalo USA nggak usah ditanya. Jd intinya USA-China-Russia sama saja...

      Hapus
  9. rusia,china,usa,ahh sama aja mreka kan pmenang perang dunia k dua..pada sekutu kabeh and maen sandiwara hehe

    BalasHapus
  10. Haduuuuuhhhh masss Brooo,...kapan kita bisa seperti ini nyak...selangkah demi selangkah kita berusah mengejar ketertinggalan malah mereka 1000 langkah ninggalin kita,...woooooyyy tunggu dong Pak Cieeek.

    BalasHapus
  11. INDONESIA Harusnya mengimpor semua ALUSISTA dari RUSIA,dan berkerjasama dalam pembuatan RUDAL dan RADAR dengan IRAN.

    BalasHapus
  12. ujuk-ujuk malaysia yang jadi negara super power....
    nah lo...wkwkwkwkwkwkwkwkwk apa yang terjadi

    BalasHapus