Selasa, Oktober 16, 2012
1
JAKARTA-(IDB) : Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Eris Herryanto, Senin (15/10), memimpin The 3rd Indonesia – India Joint Defence Cooperation Committee Meeting di Kantor Kemhan, Jakarta. Delegasi Kementerian Pertahanan India dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan India Shri Shashi Kant Sharma. 

Saat melakukan pembicaraan bilateral ini Sekjen Kemhan didampingi Pejabat Eselon I dan II Kemhan. Dalam sambutan pembukaannya Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto mengatakan, strategik partnership yang dibangun antara Indonesia dan India sejak tahun 2005, pada saat ini lebih mengintensifkan hubungan bilateral kedua negara dalam hal menggali lebih luas lagi kemungkinan kerjasama di bidang pertahanan. 

Dan pertemuan ini, menurut Sekjen Kemhan adalah momen yang tepat untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dengan menggali kemungkinan aktivitas yang dapat dilakukan di masa mendatang untuk memperluas kerjasama pertahanan ini.

Sekjen Kemhan menjelaskan, berdasarkan pertemuan The 2nd JDCC di New Delhi pada tahun 2010, seharusnya pertemuan ketiga ini diadakan pada tahun 2011. Namun sehubungan dengan kedudukan Indonesia sebagai pemimpin ASEAN pada tahun 2011 yang menyebabkan Menhan harus menfasisilasi kegiatan ADMM sepanjang tahun 2011, maka The 3rd Indonesia – India JDCC baru dapat dilaksanakan pada tahun 2012.

Hubungan kerjasama kedua negara sudah terbangun sejak awal berdirinya negara sampai saat ini. Begitu pula dengan hubungan kerjasama di bidang pertahanan yang sudah terjalin. Hubungan kerjasama pertahanan ini terjalin di beberapa bidang yaitu saling kunjung Pejabat Tinggi Angkatan bersenjata kedua negara, saling tukar dalam bidang pendidikan dan pelatihan Perwira, kerjasama antara Matra dan masih banyak lagi.

Dan dalam level regional, India sangat berperan dalam mendorong perdamaian dan kestabilan keamanan kawasan. India juga merupakan pendukung kuat ASEAN dan negara-negara di Kawasan Asia Tenggara sangat mengakui peran penting India dalam pembangunan keamanan kawasan Asia.

Sama seperti dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya, The JDCC ini akan dibagi menjadi dua Joint Working Groups, Working Groups I membicarakan mengenai kebijakan pertahanan dan kerjasama militer, dan Working Group II mengenai fasilitas militer, logistik, industri pertahanan serta penelitian dan pengembangan.

Sementara itu Sekjen Kemhan India Shri Shashi Kant Sharma mengatakan pertemuan ini memberikan kesempatan untuk mengevaluasi sejauh mana kerjasama pertahanan yang telah dilaksanakan dan menggali kembali kemungkinan kerjasama yang dapat meningkatkan hubungan pertahanan kedua negara. The 3rd JDCC ini akan menjadi dasar pembicaraan pertemuan antara Menhan RI dan Menhan India besok, Selasa 16 Oktober 2012.




Sumber : DMC

1 komentar:

  1. Kabar baik dan patut disyukuri bersama krn ternyata pajak dr rakyat, dlm hal ini, digunakan untuk menjalin kerjasama keamanan dan kesejahteraan... patut untuk kita syukuri agar supaya upaya negara melalui kemhan dpt berjalan lancar, sukses, bermanfaat, dan bertambah baik lagi kedepannya... untuk bangsa ini dan dunia... pertimbangan yang matang dalam menentukan kebijakan sangatlah penting untuk memperoleh hasil yang diharapkan sesuai dgn tujuan yg telah telah ditetapkan.
    Jayalah Bangsaku!!!..

    BalasHapus