Rabu, September 12, 2012
0
JAKARTA-(IDB) : Bertempat di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Rabu (12/9), Jabatan Komandan Korps Marinir diserahterimakan dari Letnan Jenderal TNI (Mar) Muhammad Alfan Baharudin kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) Achmad Faridz Washington. Brigadir Jenderal TNI (Mar) A Faridz Washington sebelumnya menjabat sebagai Kas Kormar, sedangkan Letnan Jenderal TNI (Mar) M Alfan Baharudin sejak tanggal 15 September 2012 telah menempati pos baru sebagai Kepala Badan Sar Nasional. Serahterima tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno.

Dalam amanatnya Kasal menyatakan, “Merebaknya aksi terorisme diberbagai wilayah di Indonesia seperti kejadian di Solo perlu kita waspadai bersama. Korps Marinir yang didalam struktur organisasinya terdapat satuan anti teror Detasemen Jalamangkara tidak menutup kemungkinan akan dilibatkan dalam menanggulangi aksi-aksi teror yang terus merusak. Untuk itu diharapkan Korps Marinir senantiasa memelihara kesiapsiagaan satuan melalui sistem pembinaan latihan yang terprogram dan berkesinambungan, agar dapat menjalankan tuga-tugas Negara yang dibebankan kepada Korps Marinir. Selain itu untuk senantiasa memelihara disiplin individu dan kesatuan tingkat paling tinggi agar terhindar dari tindakan-tindakan yang merugikan dan menyakiti rakyat.”


Kasal juga menyatakan, hal-hal yang telah dicapai oleh Korps Marinir merupakan bentuk profesionalisme sekaligus mantapnya pemahaman serta penghayatan tugas yang ditunjang dengan dedikasi, loyalitas dan keikhlasan yang selalu terpatri pada diri setiap prajurit seperti yang sering ditekankan oleh Letjen TNI (Mar) M Alfan Baharudin “Gembira di tengah keluarga gembira di basis, gembira di daerah latihan dan gembira di medan pertempuran”. Hal tersebut tidak terlepas dari kepemimpinan dan pembinaan yang telah dilakukan oleh Letjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin.


Sebelum mengakhiri amanat, Kasal menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian Letnan Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin selama menjabat sebagai Komandan Korps Marinir. Dimana berbagai kemajuan dan prestasi yang sangat membanggakan telah Letjen TNI (Mar) M Alfan Baharudin bagi perkembangan Korps Marinir. “Saya bangga dan puas atas kinerja yang jenderal tunjukkan, dan saya juga mengucapkan selamat atas jabatan baru Letjen TNI (Mar) M Alfan Baharudin sebagai Kabasarnas. Kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington, Kasal mengucapkan selamat atas jabatan yang baru sebagai Komandan Korps Marinir dan berharap dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja jajaran Korps Marinir yang semakin berat dan kompleks. Sementara itu, kepada seluruh personel Korps Marinir, Kasal berharap agar memberikan dukungan sepenuhnya kepada Komandan Korps Marinir yang baru seperti apa yang telah diberikan kepada Komandan Korps sebelumnya.


Dalam acara serahterima tersebut diwarnai dengan defile pasukan dan ranpur serta simponi musik militer. Setelah acara serah terima jabatan (usai ramah tamah), dilanjutkan dengan acara tradisi, “Lepas Sambut “. Acara ini merupakan salah satu tradisi Korps Marinir dalam rangka mengantar atau melepas pejabat lama dan menyambut pejabat baru yang dilakukan dengan suatu upacara tradisi. Pada pelaksanaan upacara tradisi ini, pejabat lama berjalan kaki melewati lorong pasukan yang berjajar rapi di kanan kiri jalan dari tempat ramah tamah hingga pintu gerbang Kesatrian Marinir Hartono. Sebaliknya pejabat baru melewati lorong pasukan dari pintu gerbang hingga ke lapangan apel untuk selanjutnya memberikan Taklimat Awal Komandan Korps Marinir.



Sumber : Kormar

0 komentar:

Posting Komentar