Jumat, Mei 18, 2012
0
LJ-(IDB) : Berbagai jenis Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang berada di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melaksanakan Manuvra Lapangan (Manlap) di Laut Jawa dalam rangka Latihan Pra Tugas Pengamanan (Latpratugas Pam) Verry Verry Importand Person (VVIP).
 
Manuvra Lapangan yang melibatkan KRI jenis Parchim, Landing Ship Tank (LST) type Frocsh dan Fast Patrol Boat (FPB) tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Tugas Latpratugas Pam VVIP Kolonel Laut (P) Alex Syahril yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmabar.

Pengamanan Satuan Tugas Laut (Satgasla) Pam VVIP dimulai pada saat para pejabat VVIP yang dikawal oleh Satuan Komando Pasukan Katak Koarmabar (Satkopaskaarmabar) diturunkan dari pesawat Helly  BO 105 di pondok dayung, kemudian dibawa menggunakan combat boat menuju KRI Barakuda (BKD-633) yang disimulasikan sebagai kapal pejabat VVIP.

Setelah para pejabat VVIP telah berada di KRI Barakuda (BKD-633), unsur KRI yang terlibat dalam Satgasla melaksanakan kegiatan pengamanan VVIP dengan melakukan formasi sejak dari Perairan Jakarta.

  armabar-sub

Adapun kegiatan Pam VVIP yang dilaksanakan Satgasla diantaranya, melewati medan ranjau, melakukan peran-peran seperti peran tempur bahaya permukaan, peran tempur bahaya anti serangan udara. Selain melakukan berbagai peran Satgasla juga melakukan beberapa latihan koordinasi meliputi isyarat bendera, isyarat lampu serta manuvra taktis antara KRI yang terlibat Pam VVIP.

Manuvra Lapangan Pam VVIP tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 15 sampai 16 Mei 2012 di Perarian Laut Jawa dengan melibatkan beberapa unsur KRI  diantaranya KRI Cut Nyak Dien (CND-375), KRI Teluk Peleng (TPL-535) dan KRI Barakuda (BKD-633) serta satu pesawat Helly BO 105.


Sumber : Poskota

0 komentar:

Posting Komentar