Minggu, April 22, 2012
0
PYONGYANG-(IDB) : Korea Utara (Korut) dikabarkan sudah siap melakukan uji coba nuklir ketiganya. Uji coba tersebut tampaknya akan digelar dua pekan ke depan.

Media asal Korea Selatan (Korsel) Chosun Ilbo melaporkan, informasi persiapan Korut dalam uji coba nuklir muncul dari Pemerintah Korsel sendiri. Korut diprediksi akan melakukan uji coba nuklirnya di Kota Punggye-ri.

Pada 8 April lalu, Pemerintah Korsel melihat adanya terowongan bawah tanah yang dibuat oleh Korut lewat foto satelit. Terowongan itu didekat lokasi uji coba nuklir.

"Sepertinya, Korut mendirikan instalasi nuklirnya di bawah tanah dan menimbunnya," ujar Pemerintah Korsel, seperti dikutip AFP, Sabtu (21/4/2012).

Sejak 2011 lalu, Korsel dan Amerika Serikat (AS) tampak mengawasi lokasi-lokasi bawah tanah Korut. Tempat-tempat itu umumnya ditutupi oleh pasir, tanah, serta bebatuan.

Hingga saat ini, Korut diyakini memiliki plutonium yang cukup untuk membuat enam hingga delapan bom atom. Negeri komunis itu juga sudah melakukan uji coba senjata atomnya pada 2006 dan 2009. Setelah uji coba itu digelar, Korut dan Korsel berdiam diri selama tiga bulan.

Korut pun bersumpah akan meluncurkan kembali satelitnya, karena satelit sebelumnya mengalami kegagalan untuk masuk ke orbit dan jatuh ke laut.

Sumber : Okezone

0 komentar:

Posting Komentar