Jumat, Maret 30, 2012
0
SURABAYA-(IDB) : Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara melepas keberangkatan prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Marinir Ambalat XIV di lapangan Apel Yonif-5 Marinir, Ujung, Surabaya, Kamis, (29/3).

Dalam amanatnya didepan 130 prajurit, Komandan Pasmar-1 mengatakan sejak tujuh tahun yang lalu, Korps Marinir mendapat kepercayaan dan kehormatan dari TNI dan pemerintah RI untuk melaksanakan penugasan di Ambalat, Kalimantan Timur.


Satgas ambalat merupakan penugasan yang tidak ringan, lanjutnya, karena selain harus mengamankan areal blok Ambalat yang sedang diklaim oleh negara tetangga, juga sebagai Satgas aju TNI AL yang berada di blok Ambalat untuk siap digeser sebagai pasukan pertama yang akan menghadapi konflik dengan negara tetangga, sekaligus sebagai satuan barisan terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Untuk itu tugas ini perlu disiapkan serius, mulai dari personel dan materialnya, selain itu seluruh anggota satgas dituntut untuk memiliki mental, fisik, loyalitas dan pengabdian yang tinggi dengan didukung pengetahuan teknik, taktik, intelijen lawan, geografi dan demografi lokal sehingga setiap anggota satgas dapat mengerti dan memahami tugas pokok yang akan dilaksanakan di daerah penugasan. “Tugas ini penuh dengan tantangan dan resiko yang tinggi, selain harus siap 1x24 jam untuk digeser ke titik rawan, juga yang paling berbahaya adalah melawan kejenuhan dan pengendalian diri sendiri selama penugasan,” tegas orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 itu.


Selain itu, Komandan Pasmar-1 juga mengharapkan agar seluruh anggota Satgasmar Ambalat XIV selalu menjaga stamina, mental kejuangan dan loyalitas agar kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dapat dilaksanakan dengan baik demi mengharumkan Korps Marinir, TNI AL, TNI, bangsa dan negara.


Yang tidak kalah pentingnya yaitu agar Satuan Tugas Ambalat XIV ini dapat bekerja sama dengan jajaran Satuan Tugas yang lain, seperti Polri, TNI dan masyarakat.


Dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar-1 memberikan beberapa hal yang harus dipedomani oleh seluruh anggota Satgasmar Ambalat XIV dalam melaksanakan penugasan antara lain agar menggunakan prosedur tetap (Protap) yang benar pada setiap gerakan dan kegiatan sehingga meminimalkan kerugian personel maupun material serta memahami dan menguasai pengetahuan tentang batas negara, UU imigrasi dan bea cukai dan konvensi Wina 1963.


Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir Amir Faisol, Danmenart-1 Mar Kolonel Marinir Markos, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Sarjito, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Nurri A. Jatmika, para Asisten Kaspasmar-1 dan pejabat teras dijajaran Pasmar-1.

Sumber : Kormar

0 komentar:

Posting Komentar