Minggu, Januari 15, 2012
1
Pesawat tempur F-15 (atas) AS dan Mirage 2000 (bawah) Perancis.
RIYADH-(IDB) : Sebuah pesawat tempur Mirage milik Angkatan Udara Perancis bertabrakan di udara dengan jet tempur F-15 Eagle milik AU Arab Saudi dalam latihan gabungan di kawasan Tabuk di bagian utara Arab Saudi, Sabtu (14/1/2012) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena para pilot langsung mengaktifkan kursi pelontar masing-masing begitu tabrakan terjadi. Penyelidikan masih dilakukan untuk memastikan penyebab tabrakan tersebut.

"Saat latihan gabungan pertempuran di udara, sebuah pesawat Mirage dari angkatan bersenjata Perancis bertabrakan dengan F-15 angkatan bersenjata Arab Saudi. Pilot Saudi dan dua pilot Perancis meloncat keluar dengan selamat, dan langsung dibawa ke Komando Sektor Utara. Penyelidikan masih berlangsung untuk menentukan penyebab insiden itu," demikian dinyatakan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, yang mengutip seorang pejabat militer, Sabtu.

Mei lalu, sebuah F-15 Arab Saudi jatuh di bagian timur negara kaya minyak itu, menewaskan pilotnya. Pesawat tersebut juga sedang melakukan misi latihan di Provinsi Timur saat insiden terjadi.

Sumber : Kompas

1 komentar: