Minggu, Januari 29, 2012
0
Filipina akan melakukan latihan militer lagi bersama AS, namun mereka tidak akan menghidupkan kembali pangkalan militer AS di Filipina.

MANILA-(IDB) : Menurut keterangan seorang pejabat senior di Filipina, Jumat (27/1), negaranya akan melakukan latihan militer lagi bersama Amerika Serikat, namun mereka tidak akan menghidupkan kembali pangkalan militer AS di Filipina.

Sekretaris Perencanaan Strategi dan Pembangunan Komunikasi Kepresidenan Ramon Carandang mengatakan bahwa Filipina dan AS sedang membahas peningkatan kerjasama pertahanan. Dia mengatakan bahwa pembahasan masih dalam tahap awal dan belum selesai.


"Langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Filipina dan kerjasama kami dengan AS sedang dipertimbangkan. Tak satupun dari inisiatif itu melibatkan jenis pengaturan dasar mirip dengan apa yang telah kami sebelum 1991," jelas Carandang seperti dikutip 
Xinhua.

Dia mengatakan, latihan Balikatan 2012, yang dimaksudkan adalah untuk meningkatkan kesiapan tempur dan kemampuan pasukan Filipina untuk merespon ancaman dan bencana, yang masih sedang direncanakan untuk memastikan keberhasilan mereka.


"Pemerintahan Aquino sejak telah bekerja sangat keras untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kami, terutama kemampuan maritim. Kami melakukan ini bukan hanya kerjasama dengan AS, tetapi juga dengan tetangga Australia dan Asia lainnya. Jadi itu bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kami.”


Tahun ini, Filipina dan Amerika Serikat berencana untuk mengadakan latihan militer bersama di Palawan. Balikatan adalah latihan tahunan Filipina-AS.


Carandang mengatakan kemampuan pertahanan Filipina telah tertinggal di belakang negara-negara tetangganya dalam dekade terakhir sementara AS berusaha untuk memperluas keterlibatan di kawasan Asia Pasifik.


Sementara, senat Filipina pada 1991 telah melakukan penutupan pangkalan militer AS di FIlipina.

Sumber : PelitaOnline

0 komentar:

Posting Komentar