Minggu, Desember 04, 2011
0
BEIJING-(IDB) : Cina sukses meluncurkan sebuah satelit terbarunya ke luar angkasa pada pukul 5:07 waktu Cina, Jumat (2/11). Satelit kesepuluh itu akan digunakan untuk membantu sistem navigasi global dan jaringan positioning yang dikenal sebagai Beidou, atau sistem Kompas.

Laman
Xinhua mewartakan, satelit tersebut diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang (XSLC) di selatan Provinsi Sichuan. Menurut tim peluncur, satelit tersebut dibawa oleh roket carrier Long March-3A ke orbit geosynchronous. Ini merupakan peluncuran ke-153 dari roket carrier Long March.

Struktur dasar dari sistem Beidou saat ini juga sudah dibangun dan para insinyur berencana melakukan pengujian sistem yang komprehensif dan evaluasi. Sistem ini akan menyediakan test-run layanan positioning, navigasi dan waktu untuk Cina serta daerah tetangga sebelum akhir tahun ini.


Beberapa satelit baru akan diluncurkan sebelum akhir 2012 untuk jaringan Beidou, dan area cakupannya juga akan diperluas. Posisi satelit global dan sistem navigasi ini akan selesai pada 2020 dengan 30 satelit yang mengorbit bumi. Dimulai pada 2000 lalu, sistem satelit navigasi Beidou ini dirancang untuk memecahkan ketergantungan Cina terhadap US Global Positioning System (GPS).

 Sumber : SCTV

0 komentar:

Posting Komentar