Kamis, Oktober 13, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Satuan Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus TNI AD akan menyamakan prosedur dengan Polri dalam penanganan teror.

Pusat Penerangan Mabes TNI dalam keterangannya, Rabu (12/10/2011), menyebutkan, Kopassus dan Polri akan menggelar latihan bersama Waspada Nusa III Tahun 2011, dengan obyek berbagai sasaran yang berbeda.

Kesiapan latihan bersama TNI-Polri mendapat perhatian dari Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI J Suryo Prabowo, dan para Komandan Satuan Elite TNI-Polri yang meninjau kesiapan peralatan dan latihan penanggulangan teror di Markas Komando Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

"Melalui latihan bersama ini diharapkan dapat menyempurnakan standard operating procedure (SOP) dalam menghadapi krisis. Belajar dari kejadian teror di negara-negara lain, Pasukan Elite TNI-Polri harus menyadari bahwa tidak ada keberhasilan perorangan, yang ada adalah keberhasilan bersama," ujar Kasum.

Latihan juga akan melibatkan satuan lain di luar TNI-Polri, seperti BNPT, Pemadam Kebakaran, Bea Cukai, Telkom, dan petugas keamanan di tiap instansi yang akan dijadikan sebagai tempat latihan.  

Sebelum meninjau, Kasum TNI mendapat penjelasan seputar Satuan 81 Penanggulangan Teror Kopassus TNI AD dan Rencana Garis Besar Latihan Waspada Nusa III TA 2011.

Pelaksanaan latihan bersama TNI-Polri dalam penanggulangan teror ini diharapkan meningkatkan sinergitas TNI-Polri, serta komponen masyarakat lain yang akan terlibat dalam latihan.

Kasum TNI menambahkan, penanggulangan teror bukan hanya urusan TNI-Polri, melainkan merupakan kepedulian dan kewaspadaan seluruh rakyat Indoenesia yang ingin hidup tenang dan damai di Republik Indonesia. 

Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar