Selasa, Oktober 11, 2011
1
SRAGEN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyatakan siap diterjunkan mengamankan perbatasan di kawasan Camar Bulan, Kalimantan Barat, yang diklaim pemerintah Malaysia.

Panglima Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Mulham Asrof mengaku, siap dengan kondisi terburuk sekalipun, yakni perang fisik.

“Yang namanya tentara tugasnya perang, yah harus siap dong,” kata Mayjen TNI Mulham Asrof kepada wartawan di Sragen, Jawa Tengah, Senin (10/10/2011).

Pangdam menegaskan, sudah menjadi tugas tentara menegakkan dan mengamankan kedaulatan NKRI dari ancaman asing.

Namun, kata Pangdam, perang bukanlah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan persoalan. Meskipun, diakuinya, Malaysia bukanlah ancaman serius bagi NKRI.

“Meski (Malaysia) bukan ancaman yang serius, saya melihat klaim ini tidak begitu mengkhawatirkan, apalagi kita bertetangga, semua bisa dibicarakan baik-baik,” tuturnya.

Dalam hal ini, TNI tidak bisa berdiri sendiri, masih ada unsur lain diantarannya Kementerian Luar Negeri, untuk menempuh jalur diplomasi.

"Sehingga sudah ada tugas dan kewajibannya masing-masing. Dan saya kira pasti akan selesai dengan damai," jelas Pangdam. 

Sumber : Okezone:

1 komentar: