Minggu, Oktober 23, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Kapal perusak Jamaran milik Angkatan Laut Iran telah menyelamatkan sebuah kapal tanker minyak Iran dari serangan bajak laut di dekat Selat Bab el-Mandeb.
 
Menurut Wakil Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Sayyed Mahmoud Mousavi, kapal tanker minyak Iran, yang menuju Teluk Aden dari Laut Merah, diserang oleh 15 kapal cepat bajak laut, tapi berhasil melintasi zona bahaya dengan bantuan kapal perusak Jamaran.

"Pelaut Iran melalui tindakan tepat waktu telah memaksa para perompak melarikan diri dan berhasil menyelamatkan kapal tanker tersebut," jelasnya seperti dikutup IRNA pada Sabtu (22/10).

Ini adalah operasi anti-pembajakan pertama yang dilakukan oleh kapal perusak Jamaran, yang memulai misi pertamanya di perairan internasional pada 9 Oktober.

Menurut Laksamana Mousavi, Angkatan Laut Iran juga berhasil menyelamatkan sebuah kapal komersial di lepas pantai tenggara India, yang diserang oleh tiga kapal cepat bajak laut.

Sejalan dengan upaya internasional anti-pembajakan, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008 dalam rangka untuk melindungi kapal dagang dan tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran atau negara lain.

Teluk Aden, yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Terusan Suez dan Laut Mediterania, merupakan koridor energi strategis, terutama karena minyak Teluk Persia dikirim ke Barat melalui Terusan Suez.

Sumber : Irib

0 komentar:

Posting Komentar