Selasa, September 20, 2011
0
ANKARA-(IDB) : Turki telah mengembangkan sistem baru untuk jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat, yang memungkinkan mereka untuk pertama kalinya menargetkan sasaran Israel, laporan mengatakan.
 
Sistem Identification Friend of Foe (IFF), suatu sistem identifikasi yang dirancang untuk komando dan kontrol, telah dikembangkan oleh Industri Elektronik Militer Turki (ASELSAN). Sistem baru ini akan menggantikan versi Amerika, yang selama ini digunakan jet tempur F-16 Turki, surat kabar Turki, Star Gazete melaporkan pada hari Selasa (13/9).

Sistem buatan Amerika yang ada di pesawat F-16 mengidentifikasi semua sasaran Israel sebagai "teman", sehingga mencegah jet tempur Turki menembaki sasaran Israel secara otomatis, bahkan meskipun pilot Turki diberi komando untuk menembaki mereka, kata laporan itu.

Sistem baru, bagaimanapun, akan memungkinkan Turki untuk menentukan musuh-musuhnya sendiri, kata laporan tersebut.

IFF Turki akan dipasang pada semua jet tempur Turki, kapal militer dan kapal selam dalam waktu dekat.

Laporan ini mencatat bahwa sistem IFF baru telah dikembangkan sewaktu meningkatnya ketegangan antara Ankara dan Tel Aviv.

IFF buatan Amerika, mengkategorikan semua target Israel, bersama target NATO, sebagai "teman", meskipun secara fakta bahwa Israel bukan negara anggota NATO. 

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar