LEBANON-(IDB) : Kepala Dinas Penerangan (CPIO/Chief Of Public Information Officer) Sektor Timur UNIFIL, Maj Jesus Diez Alcalde, dari Spanyol bersama dengan Deputi PIO, Capt Pusphendra Tyagi (Indian Army), dan dua stafnya meliput berita di area operasi "Indonesia Battalion" (INDOBATT).

Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Minggu, melaporkan peliputan di area operasi Indobatt (10/9) itu dilakukan bersama dirinya selalu Papen (MPIO/Military Public Information Officer) Satgas Yonmek Konga XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (INDOBATT).

"Kegiatan bertajuk Joint PIO Activity tersebut merupakan salah satu program CPIO Sektor Timur UNIFIL dalam rangka mempublikasikan setiap kegiatan kontingen di jajaran Sektor Timur UNIFIL," katanya.

Selain itu, juga sebagai sarana untuk menjalin hubungan serta komunikasi yang baik antara PIO Sektor Timur UNIFIL dengan PIO Batalyon jajarannya agar tercipta suasana kerja yang lebih kondusif dalam bidang penerangan.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, Papen INDOBATT didampingi oleh Mayor Sus Harianto, Lettu Kes dr Bayu Rizallinor, Bapen Indobatt Sertu Mar Kuwadi, dan Pratu Sony Supiantono.

"Pelaksanaan peliputan berita mengambil tempat di Area Of Responsibility yang menjadi wilayah tanggung jawab Kompi Alpha yang dikomandani oleh Kapten Inf Sigit Purwoko," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan difokuskan meliput kegiatan prajurit INDOBATT yang sedang bertugas melaksanakan penjagaan dan observasi di sepanjang sensitive area blue line (wilayah perbatasan Israel-Lebanon) dimulai dari Panorama Point, Flag Point, Padang Point, TP-37(Temporery Post) dan berakhir di TP-35.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Kompi Alpha memberikan penjelasan secara singkat tentang wilayah operasi dan penempatan pasukannya serta kondisi terkini di sepanjang wilayah perbatasan Israel-Lebanon yang dijaga oleh prajuritnya.

Setelah meliput seluruh kegiatan prajurit INDOBATT yang berada di lima pos observasi tersebut, CPIO Sektor Timur beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi compound Kompi Alpha yang berkedudukan di El Addaisse, UN Position 9-63.

Di sana mereka disambut hangat oleh para Komandan Pleton dan Komandan Tim Patroli Kompi Alpha yang kebetulan sedang tidak berpatroli.

Rombongan PIO dari Sektor Timur UNIFIL sangat terkesan dengan kegiatan tersebut dan mereka juga merasa sangat senang karena pada kesempatan tersebut mendapatkan kenang-kenangan salah satu alat musik traditional berupa angklung dari Komandan Kompi Alpha, baju batik khas Indonesia serta wayang yang diserahkan secara simbolis oleh Papen INDOBATT.

Bahkan, mereka sempat terpukau saat menyaksikan Kapten Inf Sigit Purwoko memerankan dalang dan membawakan cerita singkat tokoh wayang Arjuna.

Menurut Komandan INDOBATT, Letkol Inf Hendy Antariksa, kegiatan tersebut sangat positif dalam rangka menunjang tugas pokok INDOBATT umumnya dan khususnya di bidang penerangan.

"Kita berharap kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan sebagai sarana publikasi dan pengenalan INDOBATT secara lebih dekat," katanya, didampingi Papen INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo.