VIRGINIA-(IDB) : Pemerintahan Obama berencana memasok senjata baru dan peralatan radar canggih kepada Taiwan untuk armada jet tempur F-16 yang dimilikinya sebagai bagian dari paket peningkatan kualitas senilai hampir 5,85 miliar dolar AS, kata seorang pejabat seneior Amerika Serikat pada Selasa.

Lockheed Martin Corp membuat pesawat tempur jenis F-16.

"Terus terang saya tidak punya kesan bahwa segala sesuatunya ditahan-tahan," kata pejabat itu yang tak disebutkan namanya merujuk kepada permintaan Taiwan untuk memodernisasi sekitar 145 pesawat jenis F-A/B yang dijual AS pada 1992, lapor Reuters.

Pemerintahan Obama dijadwalkan akan secara resmi memberitahu Kongres pada Rabu ikhwal paket peningkatan kualitas F-16 yang diusulkan itu. Taiwan telah lama menunggu jawaban dari AS atas permintaan 66 jet tempur model terbaru F-16 C/D untuk mengganti armada F-5 yang sudah berusia lebih 30 tahun.

Pejabat itu, yang erat terlibat dalam kebijakan soal Taiwan, berbicara kepada Reuters di luar konferensi industri pertahanan di Virginia yang menitikberatkan pada kebutuhan keamanan Taiwan dan kekuatan militer China yang sedang tumbuh.

Menurut dia, jet model A/B yang ssudah diupgrade pada dasarnya memiliki kemampuan sama dengan versi C/D yang diminta Taiwan dengan harga lebih murah.

"Jadi Anda mendapatkan 145 pesawat yang sudah diupgrade sama dengan model C dan D senilai 5,8 miliar dolar dibandingkan 66 pesawat baru yang harganya 8,3 miliar dolar," kata pejabat itu.