Rabu, September 21, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI JFP Sitompul, menerima kunjungan delegasi Sekolah Staf dan Komando Australia (Australian Command and Staff College-ACSC), di Jakarta, Selasa (20/9/2011).

Delegasi Australia mempelajari paparan umum tentang tugas dan tanggungjawab Kohanudnas, yang mengawasi pertahanan ruang udara Republik Indonesia yang juga berbatasan dengan Australia di sekitar selatan Pulau Jawa, Pulau Sumba, Pulau Timor, dan Pulau Papua.

"Kohanudnas merupakan Komando Utama Operasional TNI yang bersifat komando gabungan khusus dengan kekuatan inti TNI Angkatan Udara, didukung komponen Angkatan lainnya yang mempunyai kemampuan pertahanan udara," kata Pangkohanudnas.

JFP Sitompul menjelaskan lebih lanjut, Kohanudnas menyelenggarakan operasi pertahanan udara secara terus-menerus, untuk mempertahankan penguasaan wilayah udara nasional.

Kohanudnas dituntut untuk selalu waspada dalam melaksanakan operasi pertahanan udara, dalam suatu tatanan secara sistematis dan senantiasa harus selalu siap siaga dalam menghadapi kemungkinan datangnya ancaman. Kohanudnas pun memiliki kemampuan pengawasan udara dengan menggunakan sistem senjata radar sebagai deteksi dini, kemampuan penindakan dengan menggunakan pesawat tempur sergap, rudal dan meriam. 

Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar